2 Windu Berapa Tahun

Diposting pada

2 Windu Berapa Tahun – Apa itu windu? Windu merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan waktu dalam selang waktu 8 tahun. Satu windu sendiri berdasarkan penanggalan Jawa telah disempurnakan dan dirombak oleh Sultan Agung (Raja Kesultanan Mataram) menjadi delapan tahun dengan beberapa nama tahun seperti Ehe, Je, Be, Jimakir, Alip, Jimawal, Dal, dan Wawu. Berbeda lagi dengan penanggalan Jepang dan Tiongkok yang menggunakan penanggalan windu dalam siklus 12 tahun sebagai lambang binatang supaya memberikan ciri khas bagi kehidupan di tahun yang bersangkutan

Lantas 2 windu berapa tahun? Windu secara umum mempunyai siklus yang dapat dibagi menjadi empat macam seperti Windu Kunthara, Sancaya, Adi, dan Sengara. Maka dari itu windu memiliki siklus waktu 32 tahun. Windu sebenarnya adalah siklus waktu kalender yang dikaitkan dengan adanya hari, minggu, bulan, tahun, dan sebagainya.

2 Windu Berapa Tahun
Satuan Waktu Windu

Windu termasuk dalam salah satu satuan untuk mengukur waktu. Konversi atau pengukuran waktu sendiri merupakan skala waktu yang digunakan manusia untuk memudahkannya dalam menentukan lama terjadinya sebuah kejadian. Dalam perhitungan waktu tersebut, biasanya kita menggunakan satuan hari, tahun, bulan, detik, dan sebagainya. Bahkan kita juga sering mengenal tentang adanya waktu 24 jam, 60 menit, 3.600 detik, 1 hari, dan sejenisnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang 2 windu berapa tahun. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

2 Windu Berapa Tahun

Sewindu berapa tahun? Pertanyaan ini tentunya sering muncul di beberapa soal. Dalam pengukuran waktu, windu merupakan salah satu satuan yang cukup jarang didengar. Namun tidak menutup kemungkinan jika satuan waktu ini digunakan sebagai bahan soal soal ujian.

Lantas nilai 2 windu berapa tahun? Sebelum mengetahui konversi windu ke tahun tersebut, anda harus mengetahui beberapa konversi satuan waktu lainnya dalam bentuk hari seperti di bawah ini:

Baca Juga  Rangkuman Materi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD
  • 1 minggu = 7 hari
  • 1 bulan = 30,41 hari (rata rata)
  • 1 bulan = 28, 29, 30, 31 hari (tergantung kalendernya)
  • 1 tahun (kabisat) = 366 hari (29 Februari)
  • 1 tahun = 365 hari

Selain konversi satuan waktu di atas, adapula bentuk konversi satuan waktu lainnya yaitu diantaranya:

  • 1 windu = 8 tahun
  • 1 masehi = 1.000 tahun (1 milenium)
  • 1 dekade = 10 tahun (1 dasawarsa)
  • 1 abad = 100 tahun (10 dasawarsa)

Setelah mengetahui nilai satu windu berapa tahun tersebut, coba kerjakan salah satu contoh soal di bawah ini:

2 windu berapa tahun?

Jawaban.
1 windu = 8 tahun
Maka,
2 windu = 2 x 8 tahun = 16 tahun
Jadi nilai 2 windu setara dengan 16 tahun.

Dari penjelasan di atas dapat kita ketahui jawaban 2 windu berapa tahun yaitu 16 tahun. Windu merupakan salah satu jenis satuan waktu yang dapat dikonversikan menjadi jenis satuan waktu lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.