12 Ciri Ciri Gymnospermae, Klasifikasi, dan Contohnya

Diposting pada

12 Ciri Ciri Gymnospermae, Klasifikasi, dan Contohnya – Tidak semua siswa mampu menyebutkan contoh gymnospermae dengan benar. Pada dasarnya gynospermae termasuk dalam tumbuhan berbiji. Secara otomatis ia membawa karakteristik khusus seperti berbunga, dan melewati proses penyerbukan.

Ciri Ciri gymnospermae

Baik ciri ciri gymnospermae ataupun kasifikasinya masuk dalam materi kingdom plantae. Setidaknya pembahasan tersebut akan kalian jumpai saat menginjak bangku kelas 10 SMA. Penjelasan detailnya bahkan tercantum dalam buku pedoman sains, khususnya biologi.

Kingdom plantae sendiri lebih familiar disebut tumbuhan. Nah, apa itu gymnospermae adalah salah satu klasifikasi dari kingdom satu ini. Meski contoh tumbuhan gymnospermae sangat mudah ditemukan tapi faktanya hanya sedikit siswa yang mampu menyebutkannya. Hal itu didasarkan atas ketidaktahuan mereka terhadap pengertian, ciri ciri, serta klasifikasinya.

Apa Itu Gymno Spermae

Gymnospermae adalah jenis tumbuhan yang menghasilkan biji dalam siklus hidupnya. Pengertian itu diambil dari bahasa yunani yang artinya berbiji terbuka. Berdasarkan hasil analisa beberapa jenis tanaman gymnospermae mempunyai kemampuan untuk menggurkan daun demi mencegah kekurangan cairan.

Secara garis besar, klasifikasi gymnospermae jauh lebih dominan daripada saudaranya yakni tanaman berbiji tertutup. Bahkan setidaknya ada seribu lebih contoh tanaman gymnospermae dengan spesies berbeda. inilah yang harus kita hafalkan sebagai siswa.

Selain mempelajari apa saja ciri ciri gymnospermae kita juga dituntut harus mengetahui klasifikasinya. Bahkan dalam beberapa kesempatan guru pun pasti akan meminta menyebutkan contoh gymnospermae pula. Jika kamu masih belum memahami materi itu maka simaklah rangkuman yang akan saya sajikan berikut.

Ciri Ciri Gymnospermae

Ciri ciri gymnospermae sangatlah mudah untuk kita hafalkan karena tercantum dalam buku pedoman. Bahkan secara tak langsung pun sebenarnya kita sudah pernah melihat contoh tumbuhan gymnospermae setiap harinya.

  1. Berbiji terbuka, artinya bakal bijinya sama sekali tidak dilindungi oleh lapisan lain.
  2. Tanaman berbentuk pohon lengkap dengan akar, daun, dan batang.
  3. Biasanya memiliki akar tunggang.
  4. Berdaun sempit, tebal, serta berteksturkaku.
  5. Variasi tulang daun sangat sedikit.
  6. Tidak berbunga sejati.
  7. Mempunyai alat reproduksi terpisah yakni serbuk sari untuk jantan dan sel telur untuk betina.
  8. Bunga akan menghasilkan biji yang mendandung bakal tumbuhan baru.
  9. Jaringan tumbuhan gymnospermae biasanya sangat rumit karena sebagai penghantar zat seperti air, makanan, serta mineral.
  10. Memiliki klorofil untuk berfotosintesis.
  11. Bereproduksi dengan cara yang unik yakni serbuk sari harus melalui semacam tahung untuk bisa menuju ke sel telur betina.
  12. Tumbuhan gymnospermae mempunyai batang tegak lurus dengan banyak cabang. Jarang ada tumbuhan berbiji terbuka yang memiliki daun lebar. Sifatnya pun bisa dikatakan homogen dengan tulang daun yang monoton.

Semua ciri ciri gymnospermae di atas dipengaruhi oleh jaringan xylem dann floem yang ada pada tumbuhan. Kendati demikian, xylem sama sekali tak memiliki pembuluh.

Baca Juga  Pengertian Spora, Jenis Jenis dan Contoh Tumbuhan Spora

Klasifikasi Tumbuhan Gymnospermae

Setelah menghafal ciri ciri gymnospermae pada sesi sebelumnya kini tugas kita adalah mempelajari klasifikasinya.

Tumbuhan gymnospermae pada dasarnya telah ada bahkan sejak ratusan juta tahun lalu. Seiring berjalannya waktu ekosistem yang berubah pun memaksanya berevolusi dan terus mengembangkan karakter khusus.

Bukti perjalanan evolusi itu terbukti dari taksonomi serta klasifikasi yang kini sedang kita pelajari. Sejenak, kita akan tinggalkan ciri ciri gymnospermae dan beralih membahas apa saja klasifikasinya.

Konifer

Klasifikasi gymnospermae pertama adalah kelas konifer yang notabenya memiliki alat reproduksi terpisah. Tumbuhan pada kelas ini biasanya memiliki bentuk daun meruncing. Karena ciri ciri itu akhirnya tumbahan di kelas konifer sering disebut sebagai pohon jarum.

Tanaman konifer dapat tubuh pada iklim tropis serta daerah dataran tinggi yang notabenya bersuhu sejuk. Contoh gymnospermae konifer adalah pinus, cemara, dammar, dan lain sebagainya.

Cycadidae

Ciri ciri gymnospermae kelas cycadidae bisa kita amati pada bentuk batang dan daunnya. Secara keseluruhan tumbuhan tersebut menyerupai pohon palem tapi dengan karakter berbiji terbuka. Kelas tumbuhan satu ini tumbuh subur di benua amerika, australia, sampai jepang.

Menariknya, cycadidae bisa tumbuh dalam bentuk kelompok dengan tingkat perkembangan yang relatif lamban. Ciri ciri lain dari cycadidae terletakpada bentuk daunnya yang terkesan bersisik. Contoh nyata dari tanaman tersebut yakni pakis haji yang notabenya dijadikan sebagai tanamanhias.

Ginkodidae

Ginkodidae merupakan tumbuhan endemik china berupa pohon besar. Bahkan ketinggian pohon tersebut bisa mencai 30 meter. Karakteristiknya yaitu berdaun lebar dan panjang layaknya kipas.

Tubuhan gymnospermae ini memiliki biji berwarna kuning, sebesar kelereng, dengan kulit yang relatif keras. Kendati demikian, akarnya yang tumbuh pada biji sering dipakai untuk obat serta berbagai alternatif kesehatan.

Contoh Gymnospermae

Kalian telah mempelajari ciri ciri gymnospermae beserta dengan pengertian dan klasifikasinya. Adapun untuk contoh tumbuhan gymnospermae sebenarnya bisa kita jumpai di lingkungan sekitar. Apabila kamu sedang mendapat tugas untuk menyebutkannya maka simaklah contoh berikut:

  1. Pakis haji.
  2. Melinjo.
  3. Damar.
  4. Pinus.
  5. Cemara.

Cukup sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan tentang ciri ciri gymnospermae. Apabila kalian masih mengalami kesulitan memahami materi silahkan mengajukan pertanyaan di kolom komentar. Semoga ilmu di atas bisa bermanfaat dan menjadi bekal kalian memperdalam pemahaman tumbuhan berbiji terbuka.