Cara Mengubah Pecahan, Desimal, dan Persen Lengkap

Diposting pada

Cara Mengubah Pecahan, Desimal, dan Persen Lengkap – Mampu mengubah pecahan ke desimal, desimal ke persen, ataupun sebaliknya adalah kemampuan yang harus dicapai siswa. Namun sejumlah siswa masih menganggapnya sulit karena kurang menghafal rumus hitungnya.

Padahal cara merubah pecahan, cara mengubah desimal, dan cara mengubah persen sebenarnya cukup mudah. Ketiga istilah itu sering dipakai untuk menyatakan jumlah nominal uang.

Cara Mengubah Pecahan, Desimal dan Persen Lengkap

Dalam koteks pendidikan kita bisa menjumpainya dengan mudah sewaktu ujian, asesmen akhir, ataupun ulangan harian. Jadi bukan hal mengejutkan apabila kita wajib mempelajari rumus desimal pecahan, dan persen.

Cara Mengubah Pecahan, Desimal, dan Persen Lengkap

Sebuah bilangan Matematika pada dasarnya dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan, desimal maupun persen. Bentuk bilangan tersebut dapat diubah menjadi bentuk yang berbeda dengan cara cara tertentu.

Apa yang dimaksud pecahan? Apa yang dimaksud persen? Apa yang dimaksud desimal? Pertanyan seperti itu sering terlontar di benak siswa. Sebagian siswa pada umumnya masih kurang paham mengenai cara konversi pecahan ke persen, konversi pecahan desimal dan sebaliknya. Maka dari itu saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai materi pecahan, persen dan desimal.

Apabila kita tinjau dari definisi antara ketiganya sudah sangat berbeda. Hal itulah yang menyebabkan cara mengerjakan soal juga berbeda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengubah pecahan, cara mengubah desimal dan cara mengubah persen lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan ialah angka/nilai yang berisi perbandingan dengan bentuk a/b, dimana a adalah pembilang dan b adalah penyebut/pembagi. Misalnya 1/4 (pembilangnya adalah angka 1 dan penyebutnya adalah angka 4). Bentuk bilangan pecahan dapat diubah menjadi betuk desimal maupun bentuk persen. Berikut beberapa cara mengubah pecahannya:

Baca juga : Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan

Cara Mengubah Pecahan Menjadi Desimal

Hal pertama yang akan saya bahas ialah cara mengubah bilangan pecahan menjadi desimal. Bentuk bilangan desimal identik dengan tanda koma diantara angkanya. Maka dari itu untuk memperoleh bentuk desimal maka kita dapat menggunakan pembagian antara pembilang dengan penyebutnya. Contohnya:

  • 4/5 = 4 : 5 = 0,8
  • 7/9 = 7 : 9 = 0,78

Cara Mengubah Pecahan Menjadi Persen

Selanjutnya adapula cara mengubah pecahan bilangan menjadi persen. Mengubah pecahan menjadi bentuk persen cukup mudah dilakukan. Caranya yaitu mengalikan penyebut pecahan dengan 100. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh dibawah ini:

  • 3/10 = 3/10 x 100 = 30%
  • 2/5 = 2/5 x 100 = 40%

Bilangan Desimal

Bilangan desimal ialah bilangan yang menggunakan 10 jenis angka, mulai dari angka 0 sampai 9. Penulisan bilangan desimal menggunakan tanda koma diantara angka angkanya. Misalnya : 0,9. Bilangan ini dapat diubah menjadi bentuk pecahan menggunakan cara tertentu. Berikut cara mengubah desimalnya:

Cara Mengubah Desimal Menjadi Pecahan

Cara merubah desimal menjadi pecahan berkebalikan dengan cara mengubah pecahan diatas. Dalam mengubah bentuk desimal menjadi pecahan perlu kita perhatikan beberapa angka setelah tanda koma.

Apabila setelah tanda koma terdapat 1 angka maka bilangannya persepuluh (dibagi 10). Apabila setelah tanda koma terdapat 2 angka maka bilangannya perseratus (dibagi 100) dan seterusnya. Contohnya:

  • 0,8 = 8/10 = 4/5
  • 0,25 = 25/100  = 1/4
  • 0,125 = 125/1000 = 1/8

Baca juga : Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Bilangan Persen

Bilangan persen ialah bilangan yang berbentuk per seratus. Persen tersebut disimbolkan dengan tanda “%”. Misalnya 10%, 20%, dan sebagainya. Bilangan persen dapat diubah menjadi pecahan menggunakan cara tertentu. Berikut cara mengubah bilangan persennya:

Cara Mengubah Persen Menjadi Pecahan

Cara mengubah bilangan persen menjadi pecahan berkebalikan dengan cara mengubah pecahan diatas. Angka yang dikalikan dengan persen memiliki nilai per seratus (/100). Maka dari itu kita dapat mengubah persen menjadi pecahan dengan cara membaginya dengan angka 100. Contohnya:

  • 25% = 25/100 = 1/4
  • 50% = 50/100 = 1/2

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengubah pecahan, cara mengubah desimal dan cara mengubah persen lengkap. Bilangan Matematika pada umumnya dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan, desimal maupun persen.

Ketiga bentuk bilangan tersebut dapat diubah menjadi bentuk lainnya dengan cara yang sesuai. Semoga apa yang sudah saya tulis dapat membantu kalian menyelesaikan latihan soal yang diberikan oleh guru. Apabila masih mengalami kesulitan mengubah bilangan desimal ke pecahan, desimal, ke persen dan lain-lain silahkan ajukan pertanyaan lewat kolom komentar.

Baca Juga  6 Sifat Persamaan Garis Lurus, Rumus, dan Contoh Soalnya