Perbedaan Persamaan dan Pertidaksamaan Terlengkap

Diposting pada

Perbedaan Persamaan dan Pertidaksamaan Terlengkap – Apa pengertian persamaan itu? Apa pengertian pertidaksamaan? Dalam Matematika tentunya terdapat pembahasan mengenai materi aljabar. Materi ini dapat dipelajari dengan memahami dasarnya terlebih dahulu terkait persamaan dan pertidaksamaan. Maka dari itu dari awal pembelajaran tentang persamaan dan pertidaksamaan memang lebih ditekankan lagi. Materi persamaan dan pertidaksamaan sendiri dapat dibagi menjadi dua macam yaitu kuadrat maupun linear.

Materi persamaan dan pertidaksamaan juga dibagi menjadi beberapa kategori seperti nilai mutlak, rasional maupun irasional. Lalu apakah anda tahu perbedaan persamaan dan pertidaksamaan itu? Persamaan dan pertidaksamaan pada umumnya memiliki perbedaan yang letaknya ada pada bagian tanda yang digunakannya. Tanda yang digunakan oleh persamaan pada umumnya berupa “sama dengan”. Sedangkan tanda yang digunakan oleh pertidaksamaan dapat berupa “simbol ketidaksamaan”.

Perbedaan Persamaan dan Pertidaksamaan Terlengkap
Persamaan dan Pertidaksamaan

Seperti yang telah kita ketahui dalam pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan sendiri terdapat beberapa hal yang dibahas. Pembahasan ini memuat pembelajaran mengenai koefisien, konstanta, variabel dan lain sebagainya. Untuk itu anda harus memahami hal hal tersebut sebelum mempelajari tentang materi persamaan dan pertidaksamaan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan persamaan dan pertidaksamaan terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Persamaan dan Pertidaksamaan Terlengkap

Dalam penjelasan sebelumnya sudah saya katakan bahwa persamaan dan pertidaksamaan memiliki perbedaan yang letaknya ada dibagian tandanya. Persamaan dan pertidaksamaan memuat konstanta, variabel dan koefisien. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Variabel adalah sebuah lambang yang berguna untuk menggantikan bilangan atau nilai.
  • Koefisien ialah sebuah bilangan pada variabel yang melekat disampingnya.
  • Konstanta ialah bilangan yang tidak mempunyai variabel atau bilangan dengan variabel yang berpangkat nol.

Baca juga : Contoh Soal Kerucut Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Agar anda lebih paham mengenai variabel, koefisien dan konstanta tersebut, maka perhatikan bentuk umum di bawah ini:

ax + b

Keterangan:
a = Koefisien
x = Variabel
b = Konstanta

Hubungan ketiga hal ini dapat kita contohkan dalam bentuk persamaan 3x + 4, dimana 3 adalah koefisien, x ialah variabel dan 4 merupakan konstanta. Dari penjelasan di atas apakah anda sudah paham mengenai perbedaan persamaan dan pertidaksamaan itu? Dalam Matematika tentunya terdapat beberapa jenis kalimat di dalamnya. Jenis jenis kalimat Matematika ini dapat berupa kalimat terbuka dan kalimat tertutup.

Apa itu kalimat Matematika tertutup?
Pengertian kalimat tertutup dalam Matematika ialah kalimat yang secara langsung telah diketahui kebenarannya. Misalnya saja penjumlahan antara 2 + 4, dimana hasilnya adalah 6 yang merupakan kebenaran penjumlahan yang secara langsung telah diketahui. Untuk itu nilai kebenaran dari 2 + 4 = 6 adalah BENAR. Lantas bagaimana jika 2 + 3 = 1? Apakah pernyataan ini termasuk kalimat tertutup? Jawabannya adalah iya, karena nilai kebenaran dari 2 + 3 = 1 ialah SALAH.

Apa itu kalimat Matematika Terbuka?
Pengertian kalimat terbuka pada Matematika ialah kalimat Matematika yang kebenarannya belum diketahui. Misalnya 2x + 5 = 9. Dari pernyataan tersebut kita tahu bahwa nilai kebenarannya belum diketahui, bisa saja benar atapun salah. Nilainya akan benar apabila x = 2 dan untuk x selain 2 akan bernilai salah.

Baca juga : Pengertian Sistem Persamaan Kuadrat Kuadrat (SPKK) dan Cara Menyelesaikan

Pengertian Kesamaan dan Ketidaksamaan

Selain perbedaan persamaan dan pertidaksamaan di atas adapula penjelasan mengenai pengertian kesamaan dan pengertian ketidaksamaan. Kesamaan ialah kalimat Matematika tertutup yang mengandung tanda sama dengan (=) sebagai penghubungnya. Misalnya 3 – 7 = -4. Sedangkan ketidaksamaan ialah kalimat Matematika tertutup yang memiliki tanda ketidaksamaan sebagai penghubungnya seperti tanda >, <, ≤, ≥, ≠. Misalnya 6 – 2 > 3. 

Kemudian adapula penjelasan mengenai pengertian persamaan dan pengertian pertidaksamaan. Apa itu persamaan? Apa itu pertidaksamaan? Persamaan ialah kalimat Matematika terbuka yang memiliki tanda sama dengan (=) sebagai penghubungnya. Misalnya 3x + 4 = 10. Sedangkan pertidaksamaan ialah kalimat Matematika terbuka yang mengandung tanda ketidaksamaan sebagai penghubungnya seperti >, <, ≤, ≥, ≠. Misalnya 6x – 2 > 3.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan persamaan dan pertidaksamaan terlengkap. Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa persamaan dan pertidaksamaan memiliki perbedaan yang letaknya ada dibagian penggunaan tanda di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Perpangkatan Aljabar Beserta Contoh Soal