Pembagian Persebaran Fauna di Indonesia

Diposting pada

Pembagian Persebaran Fauna di Indonesia –  Pembagian pada persebaran Fauna di Indonesia merupakan topik pembahasan  yang  akan kita bahas pada artikel kali ini. Pada pembahasan ini kita akan menjelaskan salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran geografi, meliputi daerah-daerah persebaran fauna di Indonesia yang disertai contoh fauna yang terdapat pada daerah-daerah tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa di Indonesia terdapat berbagai jenis fauna. Fauna fauna tersebut tersebar di berbagai wilayah dengan kriterianya masing masing. Untuk itu ciri khas atau karakteristik fauna ini didasarkan pada tempat ia berada. Jenis jenis fauna di Indonesia tersebut juga memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Maka dari itu tidak semua macam fauna dapat tinggal di wilayah yang berbeda.

Persebaran fauna di Indonesia tersebut didasarkan pada kondisi sejarah geologis negara Indonesia. Pembagian persebaran fauna secara geologis di Indonesia di bagi menjadi 3 wilayah oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber yaitu wilayah asiatis ( Indonesia bagian Barat), peralihan, serta Australis ( Indonesia bagian Timur).

Pembagian Persebaran Fauna di Indonesia

Sebelum kita melihat peta persebaran fauna di indonesia saya ingin bertanya. Apakah anda sudah tahu apa arti dari fauna itu sendiri? Ya, fauna adalah istilah ilmiah untuk makhluk hidup hewan. Hewan yang merupakan salah satu spesies makhluk hidup ternyata memiliki peta persebaran dan asal sendiri sendiri.

Jadi dari sini bisa disimpulkan bahwa binatang gajah dan buaya berasal dari dua tempat yang berbeda. Begitu juga dengan platipus dan kanguru hingga seterusnya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang pembagian persebaran fauna di indonesia.

Fauna Asiatis

Wilayah persebaran fauna asiatis tersebar pada dataran sunda atau wilayah Indonesia bagian Barat. Wilayah wilayah tersebut meliputi Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Kategori fauna inilah yang paling banyak ditemukan di negara kita karena Indonesia sendiri terletak di benua asia.

Ciri – Ciri dan Contoh Fauna Asiatis

Fauna pada wilayah asiatis memiliki ciri-ciri yaitu kita dapat menjumpai berbagai mamalia berukuran besar seperti gajah ( Elepahas maximus sumatranus), badak (Rhinoceros sondaicus), harimau (Panthera tigris), beruang (Helarctos malayanus ), dan orang utan (pongo phygmaeus). Pada wilayah fauna asiatis terdapat pula fauna endemik. Fauna endemik adalah fauna yang hanya dapat ditemukan pada satu tempat tertentu dan tidak dapat ditemukan di tempat atau lokasi lain.

Baca juga: Pengertian Skala Peta dan Cara Menghitungnya

Contohnya saja Beo Nias (Gracula religiosa robusta) yang dapat kita temukan di Kabupaten Nias, Bekantan atau bisa disebut kera Belanda ( Nasalis larvatus), Orang utan Kalimantan (Pongo phygmaeus), dan badak berucula satu yang dapat kita temui di Ujung kulon Jawa Barat.

Fauna Peralihan

Jenis pembagian persebaran fauna di Indonesia selanjutnya ialah fauna peralihan. Fauna peralihan di batasi oleh garis Wallace dan Weber. Garis Wallace adalah garis yang membatasi di Dangkalan Sunda antara fauna asiatis dengan fauna peralihan. Garis Weber adalah garis yang membatasi di Dangkalan Sahul antara fauna Peralihan dengan fauna Australis.
Wilayah persebaran fauna peralihan tersebut meliputi kawasan Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Contoh fauna peralihan antara lain babi rusa (Babyrousa babirussa), anoa (Bubalus depressicornis), biawak (Veranus salvator), komodo (Varanus komodosiensis), kuskus (Ailurops ursinus), dan burung maleo (Macrocephalon maleo) .

Pembagian Persebaran Fauna di Indonesia
Peta persebaran fauna di Indonesia

Fauna Australis

Jenis pembagian persebaran fauna di Indonesia selanjutnya ialah fauna australis. Fauna ini tersebar di Dataran Sahul atau wilyah Indonesia bagian Timur seperti Papua. Contoh fauna Australis yaitu hewan-hewan berkantung seperti kanguru (Macropus giganteus), burung kasuari (Casuarius casuarius), kuskus (Ailurops ursinus), burung cendrawasih (Paradisaea rudolphi), kakatua (Cacatua moluccensis), dan amfibi.

Bagaimana dengan penjelasan di atas, mudah bukan? Agar anda lebih paham dan mengerti jenis jenis hewan mana yang termasuk dalam pembagian fauna tersebut, maka anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai ciri ciri dari masing masing jenis fauna itu. Dengan begitu anda akan lebih mengerti mana saja hewan yang termasuk fauna asiatis, peralihan maupun australis.

Sekian postingan saya kali ini mengenai pembagian persebaran Fauna di Indonesia. Di Indonesia memang terdapat jenis persebaran fauna yang dapat dikategorikan menjadi tiga macam. Semoga dengan artikel ini dapat membantu pemahaman kalian tentang persebaran fauna di daerah Indonesia beserta contohnya.

Baca Juga  Pengertian Asteroid, Ciri Ciri, Jenis Jenis dan Contohnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.