Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok Beserta Contoh SoalBangun ruang Matematika memiliki beragam bentuk seperti balok, kubus, tabung, bola, dan sebagainya. Setiap bangun ruang memiliki volume dan luas permukaannya masing masing. Seperti halnya volume balok dan luas permukaan balok. Balok terdiri dari 6 buah sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok tersebut tersusun dari enam buah persegi yang sebangun dan sama. Bangun ruang ini juga memiliki diagonal yang sama panjang. Ketika kita di bangku sekolah, Balok sering digunakan dalam soal soal ujian. 

Balok tentunya berbeda dengan kubus. Balok memiliki sisi sisi yang ukurannya berbeda, namun sisi yang berhadapan mempunyai ukuran sama. Kemudian untuk sisi sisi pada kubus biasanya mempunyai ukuran yang sama. Balok tersebut memiliki unsur bagian di dalamnya yaitu panjang, lebar dan tinggi. Unsur unsur inilah yang biasanya dicantumkan dalam rumus balok yang tersedia.

Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok Beserta Contoh Soal

Balok

Balok merupakan salah satu jenis bangun ruang yang memiliki rumus luas permukaan dan volumenya sendiri. Di dalam rumus balok tersebut terdapat beberapa bagian yang tercakup di dalamnya seperti panjang, lebar dan tinggi. Lalu bagaimana rumus volume dan luas Balok itu? Nah kali ini saya akan membahas tentang rumus volume balok dan rumus luas permukaan balok beserta contoh soal balok. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok Beserta Contoh Soal

Apabila membahas tentang bangun ruang tentunya yang terbesit dipikiran kita ialah adanya panjang, lebar dan tinggi. Unsur unsur inilah yang menjadi karakteristik sebuah bangun dapat dikatakan sebagai bangun ruang. Seperti yang telah kita ketahui bahwa bangun ruang terdiri dari beberapa bentuk. Masing masing bentuk memiliki rumusnya sendiri. Misalnya saja bangun balok yang juga memiliki rumus volume maupun luas permukaannya sendiri.

Sebelum membahas mengenai rumus volume dan luas permukaan balok beserta contoh soalnya. Saya akan membahas terlebih dahulu mengenai bagian bagian dari balok tersebut. Perhatikan jaring jaring balok di bawah ini:

Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok Beserta Contoh Soal
Jaring Jaring Balok

Apabila sebuah balok dibuka maka akan membentuk jaring jaring balok seperti diatas. Berdasarkan gambar tersebut, kita dapat memperoleh bagian balok yakni:

  • p = panjang sisi balok
  • l = lebar sisi balok
  • t = tinggi sisi balok

Baca juga : Rumus, Sifat dan Contoh Soal Deret Geometri

Rumus Balok

Bangun ruang balok memiliki 6 buah bidang diagonal, 4 buah diagonal sisi dan 4 buah diagonal ruang. Untuk menghitung volume dan luas permukaan balok dapat menggunakan rumus yang tersedia. Berikut rumus volume balok yang digunakan:

Volume Balok = panjang x lebar x tinggi
V = p x l x t

Selain itu adapula rumus luas permukaan balok yaitu:

L = 2pl + 2pt + 2lt
L = 2(pl + pt + lt)

Contoh Soal Balok

Setelah membahas tentang rumus balok di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal luas permukaan balok dan contoh soal volume balok terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Sebuah balok memiliki ukuran panjang 20 cm, lebar 15 cm, dan tinggi 15 cm. Hitunglah volume balok beserta luas permukaan balok?

Pembahasan.
Diketahui : p = 20 cm, l = 15 cm, t = 15 cm
Ditanyakan : V dan L = ?
Jawab:
Contoh soal balok ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Volume = p x l x t 
             = 20 x 15 x 15
             = 4500 cm³

Luas = 2 (pl + pt + lt)
         = 2 (20 x 15 + 20 x 15 + 15 x 15)
         = 2 (300 +300 + 225)
         = 2 x 825
         = 1650 cm²

Baca juga : Contoh Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

2. Sebuah balok memiliki volume 108 m³. Apabila panjang balok 9 m dan tinggi balok 4 m. Berapakah lebar balok, luas permukaan balok dan luas permukaan balok tanpa tutup?

Pembahasan.
Diketahui : V = 108 m³, p = 9 m, t = 4 m
Ditanyakan : l, L, L tanpa tutup = ?
Jawab:
Contoh soal ini dapat diselesaikan dengan rumus balok tertentu. Adapun rumus luas permukaan balok dan rumus volume balok yang digunakan yaitu:
Volume = p x l x t
      108 = 9 x l x 4
      108 = 36 x l
          l = 108/36
          l = 3 m

Luas = 2 (pl + pt + lt)
         = 2 (9 x 3 + 9 x 4 + 3 x 4)
         = 2 (27 +36 + 12)
         = 2 x 75
         = 150 m²

Luas tanpa tutup = 2(pl + pt + lt) – (pl)
                      = 150 m² – (9 m x 3 m)
                      = 150 m² – 27 m²
                      = 123 m²

Demikianlah penjelasan mengenai rumus volume balok, rumus luas permukaan balok dan contoh soal balok. Rumus rumus balok di atas dapat anda pahami dan hafalkan dengan benar karena materi balok ini sering muncul dalam kisi kisi ujian Matematika. Bahkan sering pula digabungkan dengan bangun ruang lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Volume Kubus, Luas Permukaan, dan Contoh Soalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.