Isi dari semboyan Gerakan 3A adalah Nippon

Diposting pada

Isi dari semboyan Gerakan 3A adalah Nippon – Pada saat bangsa Jepang datang ke Indonesia, masyarakat pribumi di kala itu menyambut bangsa tersebut dengan hangat. Meskipun rakyat Indonesia setelah itu merasakan penindasan yang dilakukan oleh Jepang. Kedatangan Jepang sendiri memberikan janji kepada bangsa Indonesa untuk menyejahterakan dan memerdekakannya.

Jepang dikala itu mengobarkan Perang Pasifik atau Perang Asia Timur Raya untuk melawan negara Barat sehingga seluruh Asia dapat dibebaskan dari penjajahan Barat. Pada akhirnya Jepang melakukan propaganda dengan memperoleh dukungan dari tokoh dan rakyat Indonesia. Propaganda tersebut dapat berupa organisasi pergerakan yang dinamakan denga gerakan Tiga A (3A). Lalu isi dari semboyan Gerakan 3A adalah Nippon apa?

Isi dari semboyan Gerakan 3A adalah Nippon
Gerakan 3A

Apa itu gerakan 3A? Pengertian gerakan 3A adalah sebuah cara Jepang untuk melakukan propaganda ketika menduduki Indonesia di tengah Perang Dunia II. Tujuan pembentukan gerakan 3A ini telah saya jelaskan selengkapnya pada artikel sebelumnya. Bala tentara Nippon berhasil menduduki Indonesia secara resmi pada tanggal 8 Maret 1942 melalui perjanjian Kalijati kerika Belanda menyerah kepada Jepang. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang isi dari semboyan Gerakan 3A adalah Nippon apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Isi dari semboyan Gerakan 3A adalah Nippon

Jepang dikala itu melakukan gerakan untuk menjadikan Indonesia seperti Jepang atau Japanisasi secara langsung dengan cepat. Setelah itu Jepang mendirikan pemerintahan sipil dan pemerintahan militer di Indonesia. Pemerintah bentukan Jepang ini bertujuan untuk mengerahkan tenaga manusia dan mengeruk sumber daya di Indonesia agar kepentingan Nippon dalam perang Dunia II dapat didukung.

Lalu isi dari semboyan Gerakan 3A adalah Nippon apa? Untuk memperoleh simpati dan bantuan dari rakyat Indonesia, pihak Jepang akhirnya melakukan propaganda tertentu. Pemerintah Jepang melancarkan berbagai strategi propaganda seperti gerakan 3A ini.

Baca Juga  Jenis Jenis Transmigrasi Beserta Tujuan dan Dampaknya Terlengkap

Gerakan 3A yang dilakukan oleh Jepang tersebut memiliki beberapa semboyan yaitu Nippon Pemimpin Asia, Nippon Cahaya Asia, dan Nippon Pelindung Asia. Setelah mengetahui apa itu gerakan 3A, coba kerjakan soal di bawah ini:

Isi dari semboyan Gerakan 3A adalah Nippon . . .
A. Cerminan Asia, Pelindung Asia, dan Pendorong Asia
B. Pemimpin Asia, Pelindung Asia, dan Sinar Asia
C. Pemimpin Asia, Kekuatan Asia, dan Cahaya Asia
D. Cahaya Asia, Pelindung Asia, dan Pemimpin Asia
E. Pelindung Asia, Penjaga Asia, dan Pendorong Asia

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan D. Cahaya Asia, Pelindung Asia, dan Pemimpin Asia.

Berdasarkan jawaban di atas dapat disimpulkan bahwa isi dari semboyan Gerakan 3A adalah Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, dan Nippon Pemimpin Asia. Gerakan 3A merupakan propaganda pada masa Perang Dunia II yang dilakukan oleh Kekaisaran Jepang. Lahirnya gerakan tersebut hanya untuk menarik simpati dan memikat hati bangsa Indonesia supaya mau membantu Jepang.