Tuliskan Pembagian Wilayah Indonesia Pada Masa Pendudukan Jepang

Diposting pada

Tuliskan Pembagian Wilayah Indonesia Pada Masa Pendudukan Jepang – Pada tahun 1942 ketika Jepang sedang menduduki Indonesia terdapat beberapa kebijakan untuk membagi wilayah Indonesia menjadi tiga. Pembagian wilayah Indonesia tersebut dapat berupa Kalimantan dan Indonesia Timur, Sumatera, serta Jawa dan Madura.

Lantas coba tuliskan pembagian wilayah indonesia pada masa pendudukan jepang? Bangsa Indonesia dibagi wilayahnya dengan alasan supaya penduduk Indonesia terlibat dalam kegiatan militer dan Jepang lebih mudah untuk mengawasinya. Bangsa Indonesia mulai dikuasai oleh Jepang pada tahun 1942 untuk menguasai sumber daya alamnya, khususnya minyak bumi yang dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan perang Jepang dalam Perang Pasifik.

tuliskan pembagian wilayah indonesia pada masa pendudukan jepang
Masa Pendudukan Jepang

Bangsa Indonesia pada awal pendudukan Jepang sangat menyambut baik dan menerima kehadiran Jepang. Cara menarik simpati rakyat pribumi tersebut dilakukan mencanangkan propaganda propaganda Jepang. Seperti yang kita tahu bahwa alasan Jepang membagi wilayah Indonesia menjadi tiga wilayah adalah sebagai pendukung dan pertahanan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjawab pertanyaan tentang tuliskan pembagian wilayah indonesia pada masa pendudukan jepang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tuliskan Pembagian Wilayah Indonesia Pada Masa Pendudukan Jepang

Jepang memang memiliki alasan melakukan pembagian wilayah yaitu sebagai pertahanan dan pendukung. Pertahanan yang di maksud adalah dapat melindungi Jepang dari serangan tiba tiba, khususnya pihak sekutu yang bersiteru dengan Jepang dalam Perang Pasifik. Sedangkan sebagai pendukung maksudnya memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia di Indonesia, khususnya minyak bumi. Selain itu tujuan Jepang juga untuk mengontrol sikap para tokoh Nasionalis seperti Sutan Sjahrir karena tidak kooperatif dengan Jepang.

Lalu tuliskan pembagian wilayah indonesia pada masa pendudukan jepang tersebut? Jepang membentuk pemerintahan militer di Indonesia yang bertempat di bekas wilayah Hindia Belanda. Markas Besar Tentara Jepang melibatkan penduduk di daerah pendudukan dalam kegiatan militer, semi militer, dan pertahanan pada pertengahan tahun 1942.

Pemerintah Jepang memang membagi wilayah Indonesia untuk keperluan milter. Lantas coba tuliskan pembagian wilayah indonesia pada masa pendudukan jepang? Adapun pembagian pemerintahan militer Jepang di Indonesia adalah sebagai berikut?:

Baca Juga  Penggagas Organisasi Budi Utomo Adalah
  1. Wilayah I (Angkatan Darat : Gunseibu) yang mencakup wilayah Madura dan Jawa dengan berpusat di Batavia. Wilayah tersebut menjadi wewenang tentara ke 16 dengan pemimpin Hitoshi Imamura.
  2. Wilayah II (Angkatan Darat : Rikugun) yang mencakup wilayah di Pulau Sumatera dengan berpusat di Bukittinggi. Wilayah tersebut diwewenangi oleh tentara ke 25 dengan pimpinan Jendral Tanabe.
  3. Wilayah III (Angkatan Laut : Kaigun) yang mencakup Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Irian dengan pusat di Makassar. Wewenang wilayah tersebut diberikan kepada armada selatan ke 2 dengan pimpinan Laksamana Maeda.

Setelah mengetahui alasan Jepang membagi wilayah Indonesia di atas, coba kerjakan soal di bawah ini:

Tuliskan pembagian wilayah Indonesia pada masa pendudukan Jepang!

Jawaban.
Kebijakan politik yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah membagi daerah pemerintahan militer. Pemerintahan militer Jepang tersebut dilakukan pada bekas daerah Hindia seperti di bawah ini:

  1. Pulau Sumatera yang berada di bawah angkatan darat dengan pusat kantor di Bukittinggi.
  2. Pulau Madura dan Jawa yang berada di bawah angkatan darat dengan pusat kantor di Jakarta.
  3. Pulau Maluku, Kalimantan, dan Sulawesi yang berada di bawah angkatan laut dengan pusat di Makassar.

Dari jawaban di atas dapat kita peroleh kesimpulan dari pertanyaan tuliskan pembagian wilayah indonesia pada masa pendudukan jepang adalah di Pulau Maluku – Kalimantan – Sulawesi, di Pulau Sumatera, dan di Pulau Madura – Jawa. Jepang merupakan negara yang pernah menguasai Indonesia pada tahun 1941 – 1945. Pada awal pendudukan Jepang di Indonesia tersebut menggunakan taktik doktrin persaudaraan, meskipun dalam prakteknya sama seperti para penjajah dari barat dan bahkan lebih kejam.