5 Jenis Adverb Dalam Bahasa Inggris, Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

5 Jenis Adverb Dalam Bahasa Inggris, Pengertian, Fungsi, dan Contohnya – Adverb adalah kelompok kata yang menurut saya lumayan sulit dipelajari. Luasnya cakupan serta jenis adverb membuatnya jadi part of speech paling tricky. Tapi tanpa kita sadari sebenarnya contoh kalimat adverb sering kali terlontar pada saat terlibat percakapan.

macam macam adverb bahasa inggris dan fungsinya
macam macam adverb bahasa inggris dan fungsinya

Ada banyak fungsi adverb dalam kalimat yang tidak deketahui oleh siswa karena kurangnya tingkat pemahaman. Misalnya, adverb of time dipakai untuk memberi informasi spesifik soal waktu. Adverb of manner kalian pakai untuk menyatakan kondisi, dan begitu juga adverb of place dan adverb of degree. Fungsi itu tentunya dikelompokkan berdasarkan jenis jenis adverb bahasa inggris.

Dalam konteks berbahasa, adverb memegang peranan penting untuk menciptakan suatu kalimat yang jelas. Maka dari itu siswa dituntut harus mengetahui cara menggunakan berbagai jenis adverb dengan benar. Padahal, rumus adverb sendiri menurut saya lumayan abstrak tak seperti part of speech lainnya.

5 Jenis Adverb Dalam Bahasa Inggris, Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Bahasa Inggris memang terkenal menjadi mapel yang menyulitkan oleh siswa hampir semua jenjang. Berbagai materi kompleks pun harus dikuasai mulai dari yang kompleks sampai aspek terkecil seperti unsur kebahasaan sekalipun.

Ketika masuk ke jenjang SMP kalian akan mulai diperkenalkan dengan apa itu adverb lengkap dengan fungsinya. Menginjak bangku SMA siswa dituntut harus menguasai penggunaan setiap jenis adverb bahasa inggris.

Meski contoh kata adverb lumayan mudah untuk dihafalkan tapi beberapa siswa masih kesulitan memakainya pada kalimat. Untuk memahami penggunaan serta memaksimalkan fungsi adverb maka kita juga harus menguasai tenses. Apabila belum terlalu menguasai maka simaklah rumus tenses bahasa inggris yang sudah pernah saya sampaikan.

Dalam artikel singkat kali ini kita akan mempelajari fungsi adverb dalam kalimat. Selain itu, saya juga akan jabarkan macam macam adverb bahasa inggris lengkap dengan contohnya. Maka dari itu, simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Apa Itu Adverb

Meski contoh kalimat adverb sudah sering kita temukan baik di buku pedoman ataupun dari sumber lain. Tapi ternyata masih banyak yang tak mengetahui apa pengertian adverb itu sendiri.

Berdasarkan Cambridge Dictionary, Adverb adalah kelompok kata bantu yang memberi detail informasi lebih lanjut tentang penggunaan verb, adjective, serta adverb lain dalam sebuah kalimat.

Singkatnya, pengertian adverb adalah sebuah kata yang mampu mendeskripsikan kapan, dimana, bagaimana, dan informasi lain. Dalam beberapa kasus, saya juga menemukan contoh adverb dipakai untuk menyatakan sudut pandang pribadi tentang suatu kejadian.

Fungsi Adverb Untuk Apa

Fungsi adverb yang paling utama adalah sebagai kata bantu untuk memberikan informasi tambahan tentang cara, tempat, waktu, frekuensi, atau tingkat intensitas suatu peristiwa dan tindakan pada sebuah kalimat. Penggunaan kata adverb mampu memodifikasi kata kerja, sifat, atau kata lainnya. Sehingga dapat memberikan informasi yang lebih kaya akan makna secara keseluruhan.

Penggunaan jenis adverb yang tepat dapat membantu menambah variasi kalimat. Selain itu, kalian juga bisa menciptakan kalimat lebih jelas dan mudah dipahami sembari memberi penekanan terhadap poin-poin yang ingin disampaikan. Oleh karenanya, kita perlu belajar dan menghafal contoh adverb bahasa inggris untuk meningkatkan kejelasan serta akurasi makna pada saat berkomunikasi baik lisan atau tertulis.

Ciri Ciri Adverb

Apakah kalian tau macam macam adverb dalam kalimat bahasa inggris? meski sudah mengetahui fungsi serta pengertiannya. Tapi ternyata masih banyak yang belum bisa mengidentifikasi contoh kata adverb dengan benar. Maka dari itu, pada sesi ini mari kita pertajam ilmu dengan mempelajari ciri ciri adverb.

Berfungsi sebagai kata keterangan tambahan

Ciri ciri adverb yang paling mencolok adalah hanya berfungsi sebagai kata keterangan saja. Sehingga contoh adverb bahasa inggris tidak terhubung langsung dengan kalimat utama. Jadi, tanpa adverb sekalipun sebenarnya kalimat utama sudah bisa berdiri sendiri.

Kendati demikian, penggunaan jenis jenis adverb mampu memperjelas informasi yang termuat di kalimat tersebut. Contoh kalimat adverb: Risa loudly speak to the teacher. Jenis adverb yang dipakai pada contoh di atas adalah adverb of manner yang notabenya memberi penjelasan bahwa risa berbicara keras dan lantang kepada guru.

Apabila kita hilangkan kata loudly maka kalimat utama pada contoh adverb di atas tak akan berubah. Hanya saja penekanan terhadap intensitas suara risa jadi menghilang.

Tidak Bisa Memodifikasi Noun

Baik pada pengertian adverb di sesi sebelumnya saya sudah jelaskan fungsi adverb salah satunya adalah sebagai modifier. Tapi kita tidak bisa memodifikasi noun (kata benda) melainkan hanya bisa dipakai untuk verb dan adjective saja. Sehingga tak ada jenis jenis adverb yang bisa kita pakai untuk kalimat noun clause.

Apabila kalian menjumpai contoh kata adverb berada di awal kata benda maka jangan langsung menyimpulkan. Pasalnya adverb tidak bisa menjadi modifier untuk noun karena hanya adjective saja yang bisa jadi modifier untuk noun.

Dapat Ditempatkan Secara Fleksibel

Salah satu ciri ciri adverb yang wajib kita ketahui adalah sifatnya yang fleksibel. Maksudnya kata adverb bisa ditempatkan baik di awal, tengah, maupun akhir kalimat. Inilah yang sering kali mengecoh pada siswa sehingga mereka sering salah saat mengidentifikasi contoh kalimat adverb.

Baca Juga  8 Contoh Surat Pribadi (Informal) Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Dalam berbagai kesempatan adverb juga sering ditulis secara terpisah dengan kata yang dijelaskan. Hal ini tentun mengacu kembali pada fungsi adverb sebagai penekanan serta tambahan informasi.

Biasanya Berbentuk Adjective Berimbuhan ly

Meski jenis jenis adverb mengarah pada kumpulan kata yang luas tapi entah mengapa saya mendapat satu insight menarik. Contoh kata adverb biasanya berasal dari rumpun adjective yang mendapat imbuhan “ly”. Misalnya: loudly, quickly, clearly, slowly, dan lain sebagainya.

Tapi, ada pula jenis adverb yang tidak memerlukan imbuhan “ly” di akhir katanya. Contohnya: quite, just, often, dan lain-lain. Nah, kalian bisa memanfaatkan insight ini untuk mengidentifikasi kalimat adverb pada saat ujian berlangsung.

Derajatnya Dapat Dimodifikasi

Ciri ciri adverb dalam bahasa inggris selanjutnya yang ingin saya terangkan adalah sifatnya yang dapat dimodifikasi. Tapi untuk melakukan hal ini bukanlah perkara mudah sebab harus sesuai dengan kaidah kebahsaan yang berlaku.

Kita bisa memodifikasi sebuah kata adverb menggunakan jenis adverb lain. Kasus ini biasanya dipakai pada contoh adverb of degree yang notabenya menyatakan intensitas.

Itulah karakteristik yang bisa kalian pakai untuk mengidentifikasi contoh adverb dalam kalimat bahasa inggris. Apabila kalian memiliki clue lain yang bisa dijadikan acuan, maka jangan sungkan mengungkapkannya lewat kolom komentar.

Jenis Adverb Bahasa Inggris

Tanpa sadar kita sebenarnya sudah sering melihat contoh kalimat adverb. Kendati demikian, masih banyak siswa kurang paham karena tak mampu membedakan macam macam adverb. Padahal guru sendiri pasti sudah memberi penjelasan mendalam tentang materi tersebut.

Mengacu pada buku pedoman, ada beberapa jenis adverb yang harus dihafalkan oleh siswa. Masing-masing tentu memiliki fungsi serta karakteristik berbeda. Singkatnya, kita sudah tiba pada materi inti dimana akan saya jelaskan jenis jenis adverb dalam bahasa inggris.

Adverb of Time

Jenis adverb pertama yang ingin saya bahas adalah kata keterangan waktu. Fungsi adverb of time yakni untuk memberi tahu kapan, berapa lama, dan frekuensi suatu kejadian. Contoh adverb of time sendiri harusnya sudah sering kita jumpai dalam sebuah kalimat bahasa inggris. Sifatnya yang tetap dan general membuatnya dipakai hampir dalam segala genre teks.

Contoh kata adverb of time adalah: yesterday, tomorrrow, later, now, last month, last week, today, dan lain sebagainya. Dengan memberi imbuhan kata tersebut pada kalimat maka akan menciptakan informasi lebih detail kepada pembaca.

Adverb of Place

Hampir sama seperti sebelumnya, jenis adverb satu ini juga sering dipakai sebagai imbuhan di akhir kalimat. Fungsi adverb of place untuk menyatakan informasi spesifik tentang tempat terjadinya persitiwa atau hal. Kita bisa membaca materinya lebih lanjut di buku pedoman siswa.

Macam adverb ini biasanya terletak setelah main verb ataupun modifier clause. Ada banyak sekali contoh kata adverb of place yang dapat kita pakai untuk memberi penekanan pada kalimat. Diantaranya: everywhere, nearby, inside, dan lain sebagainya.

Adverb of Degree

Jenis adverb selanjutnya yang sering dipakai untuk memberi penegasan pada kalimat yakni adverb of degree. Kata keterangan ini biasanya terletak sebelum adjective, atau verb sebagai penekanan.

Fungsi adverb of degree untuk memberikan informasi tentang seberapa kuat atau lemah suatu kejadian atau tindakan. Contoh kata adverb of degree yakni: very (sangat), quite (cukup), completely (sepenuhnya), slightly (sedikit).

Adverb of Manner

Adverb of manner adalah macam kata keterangan yang menyatakan proses terjadinya sesuatu. Singkatnya, jenis adverb tersebut berhubungan erat dengan kata “bagaimana”. Dalam konstruksi kalimat kita bisa meletakan adverb of manner setelah main verb maupun objek.

Apabila menyatakan cara, maka kita tidak bisa meletakkanya di antara verb dan objek secara langsung. Untuk menciptakan kalimat adverb yang sesuai maka letakkan kata keterangan ini di akhir kalimat.

Ada banyak sekali contoh kata adverb of manner yang bisa kita pakai. Misalnya: quickly, hardly, loudly, happily, well, fastly, dan lain sebagainya.

Contoh Adverb Dalam Kalimat

Di sesi terkahir saya akan memberikan contoh kalimat adverb hampir di semua aspek serta fungsi. Baik untuk penguat, perbandingan, maupun sebagai modifier. Simaklah kalimat adverb berikut:

  1. Angga runs quickly (Angga berlari dengan cepat).
  2. Reva sings beautifully (Reva menyanyi dengan indah).
  3. That group often go to the beach (Grup itu sering pergi ke pantai).
  4. Irkham speaks English fluently (Irkham berbicara bahasa Inggris dengan lancar).
  5. Reski writes neatly (Reski menulis rapi)
  6. Regina is very beautiful (Regina sangat cantik).
  7. Ika works extremely hard (Ika bekerja sangat keras).
  8. The food tastes absolutely delicious (Makanannya rasanya benar-benar enak).

Saya rasa cukup sekian penjelasan tentang jenis jenis adverb dalam kalimat bahasa inggris. Pada dasarnya, pengertian adverb sendiri adalah kata keterangan yang sangat luas dan multifungsi. Selain utnuk memberi penekanan, fungsi adverb juga dapat menjadi perbandingan maupun modifier.