Struktur Daun Lengkap Beserta Anatomi, Jenis, dan Fungsinya

Diposting pada

Struktur Daun Lengkap Beserta Anatomi, Jenis, dan Fungsinya –  Ada banyak bagian tumbuhan yang perlu kita hafalkan, salah satunya adalah daun. Meski tau artinya, tapi hanya sejumlah siswa saja yang bisa jelaskan struktur anatomi daun. Daun sendiri merupakan bagian tumbuhan yang terdapat pada ranting. Warna hijau pada daun diperoleh dari zat yang bernama klorofil. Fungsi utamanya yakni sebagai tempat berfotosintesis. Sehingga fungsi daun sangatlah penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan.

Tumbuhan termasuk dalam organisme autotrof obligat yang merupakan jenis pemasok energi yang dibutuhkan dirinya sendiri. Struktur daun yang kompleks membuatnya mampu mengonversi cahaya matahari menjadi energi kimia. Bersamaan dengan CO2 (karbon diaksida) dan air maka ia pun bisa memproduksi makanan sendiri. Semua itu tidak dapat dilepaskan dari adanya peran struktur anatomi daun baik apapun jenis daunnya.

Struktur Daun
Struktur Anatomi Daun

Selain sebagai tempat fotosistesis, ternayta fungsi daun lainnya sebagai alat respirasi karena di dalamnya ada stomata. Stomata bertugas sebagai alat pernafasan khusus tumbuhan. Bahkan daun juga berfungsi untuk alat reproduksi vegetatif, misalnya saja tanaman cocor bebek yang dapat menghasilkan tunas pada daunnya. Daun pada cocor bebek berguna untuk membuat tanaman tersebut menjadi lebih banyak. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang struktur daun lengkap dengan jenis jenis daunnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Struktur Daun Lengkap Beserta Anatomi, Jenis, dan Fungsinya

Mepelajari anatomi tumbuhan termasuk materi yang menyenangkan untuk diikuti. Mengamati gambar struktur daun dan mempelajarinya secara nyata saat praktek mejadi daya tarik khusus. Di lain sisi, materi itu pun juga sering muncul sebagai bahan ujian. Maka dari itu kita wajib mendalami materi dan belajar apa saja struktur daun dan fungsinya.

Kita tahu bahwa daun merupakan salah satu organ tumbuhan dengan berbagai macam bentuknya. Secara garis besar struktur anatomi daun kebanyakan tumbuhan hampir sama. Selain fotosintesis dan respirasi kita tak boleh mengabaikan fungsinya sebagai alat transpirasi. Transpirasi merujuk pada proses penguapan air dalam daun yang berlangsung di permukaan daun melalui kutikula dan stomata atau mulut daunnya.

Baca juga : Sistem Pernapasan Hewan Vertebrata dan Invertebrata Lengkap

Daun juga berfungsi untuk proses gutasi. Apa yang dimaksud gutasi itu? Gutasi ialah proses pengeluaran air atau cairan yang berbentuk tetesan air. Daun sendiri memiliki struktur bagian di dalamnya yang terdiri dari dua macam. Adapun macam macam struktur daun yaitu strukur bagian dalam daun dan struktur bagian luar daun. Apapun jenis daunnya pasti memiliki kedua struktur tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya:

Struktur Anatomi Daun Bagian Luar

Struktur daun yang pertama akan saya jelaskan pertama yang akan jelaskan adalah bagian luarnya terlebih dulu. Struktur luar daun terdiri dari beberapa bagian krusial yang wajib kalian hafal. Berikut struktur daun luar meliputi:

  • Pelepah daun berguna untuk membuat daun dapat didudukkan pada batang.
  • Tangkai daun (Petiolus) berguna untuk membuat helai daun dengan batang (pelepah) menjadi terhubung.
  • Helai daun (Lamina) berguna untuk organ fotosintesis karena cara kerjanya paling dominan. Helai daun tersebut memiliki bentuk yang cukup beraneka macam, baik tebal maupun tipis.
Struktur Bagian Luar Daun
Struktur Bagian Luar Daun
 

Struktur Anatomi Daun Bagian Dalam

Struktur daun selanjutnya yang akan saya jelaskan ialah struktur di bagian dalamnya. Struktur anatomi daun terdiri dari beberapa bagian di dalamnya. Berikut struktur bagian dalam daun yaitu meliputi:

Struktur Bagian Dalam Daun
Struktur Bagian Dalam Daun

Epidermis

Struktur anatomi daun yang pertama ialah epidermis. Epidermis ialah lapisan daun paling luar yang berupa sel hidup. Jaringan epidermis dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu epidermis bawah dan epidermis atas. Jaringan epidermis pada daun berfungsi untuk menjaga jaringan yang berada di bawahnya.

Baca juga : Sistem Ekskresi Hewan Vertebrata dan Invertebrata (Avertebrata) Lengkap

Jaringan Mesofil

Struktur daun bagian dalam selanjutnya ialah jaringan mesofil. Jaringan ini dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu jaringan spons dan jaringan palisade. Jaringan spons atau jaringan bunga karang ialah jaringan yang berguna untuk menyimpan cadangan makanan. Jaringan tersebut lebih berongga daripada jaringan palisade.

Kemudian pengertian jaringan palisade atau jaringan tiang ialah jenis jaringan yang memiliki kloroplas di dalamnya cukup banyak. Kloroplas ini memiliki peran penting dalam proses pembuatan makanan pada daun. Jaringan palisade memiliki ciri yaitu susunan selnya rapat dan bentuk selnya silinder.

Berkas Pembuluh Angkut

Kita beralih pada struktur daun dari mesofil ke pembuluh angkut. Struktur anatomi daun ini dapat dibagi jadi dua jenis yaitu pembuluh tapis (Floem) dan pembuluh kayu (Xylem). Pembuluh kayu (Xylem) berguna untuk membawa mineral dan air ke daun.

Selain itu, xylem juga terdapat pada batang yang gunanya untuk mendukung tumbuhan agar berdiri tegak. Sedangkan pembuluh tapis (floem) berguna untuk menyebarkan hasil dari fotosintesis pada daun menuju semua bagian pada tumbuhan.

Stomata

Struktur anatomi daun bagian dalam yang tak kalah penting yakni stomata. Fungsi stomata ialah organ respirasi. Karbon Dioksida (CO2) di udara diambil oleh stomata sebagai bahan fotosintesis. Fotosintesis tersebut menghasilkan gas yang berupa Oksigen (O2). Letak stomata sendiri berada di epidermis bawah. Pada tumbuhan tingkat tinggi tidak hanya stomata saja yang digunakan untuk bernapas, namun juga menggunakan lentisel yang berada di batang.

Jenis Jenis Daun

Setelah membahas tentang struktur daun di atas, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang jenis jenis daun. Adapun beberapa macam daun yaitu sebagai berikut:

Daun Skala

Macam daun selanjutnya ialah daun skala. Penemuan daun skala (Cataphylls) ini banyak berada di rimpang dengan bentuk kecil dan kasar. Daun ini berguna untuk melindungi tunas.

Daun Penyimpanan

Jenis daun selanjutnya ialah daun penyimpanan. Penemuan daun ini banyak berada di tanaman succulents dan berumbi. Daun penyimpanan tersebut juga mempunyai struktur daun lengkap seperti di atas. Fungsi daun penyimpanan ialah alat untuk menyimpan makanan.

Sulur dan Duri

Macam daun selanjutnya ialah sulur dan duri. Penemuan sulur dan duri biasanya terdapat di tanaman kacang dan barberry. Struktur anatomi daun sulur berduri menurut saya cukup unik. Mengapa begitu? karena daun tersebut dimodifikasi sedemikian rupa sebagai pelindung tanaman pada bagian batang.

Menyirip

Jenis daun selanjutnya memiliki bentuk menyirip. Daun ini dinamakan dengan retikular atau daun jaring berurat yang mempunyai pembuluh darah cabang di bagian pelepah utamanya.

Sekian penjelasan mengenai struktur daun lengkap dengan fungsi dan jenisnya. Secar agaris besar struktur anatomi daun terdiri dari dua jenis yakni bagian dalam dan luar. Masing masing memiliki fungsi serta tugas berbeda tapi saling sinkron. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Gabungan Antara Komponen Biotik dan Komponen Abiotik Dinamakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.