Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)

Diposting pada

Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)Dalam materi Fisika kita sering mendengar istilah suhu. Suhu tersebut memiliki satuan Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin. Skala suhu tersebut memiliki besar yang berbeda beda. Selain itu skala suhu ini sering dijadikan sebagai soal soal ujian sekolah. Maka dari itu setiap siswa diharapkan agar dapat memahami rumus pada konversi suhu dan menerapkannya dalam contoh soal konversi suhu. Namun pada kenyataanya sering kali para siswa dihadapkan pada soal konversi skala suhu celcius menjadi fahrenheit, dan lain sebagainya.

Bagaimana rumus konversi suhu itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal konversi suhu? Secara umum, suhu dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut satuan yang digunakannya. Satuan satuan inilah yang nantinya dapat dikonversi menjadi bentuk satu sama lain.

Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)
Perbandingan Skala pada Suhu

Suhu ialah ukuran atau tingkatan panas dan dingin sebuah benda. Untuk mengukur besarnya suhu biasanya menggunakan alat bernama Thermometer. Alat ukur tersebut dapat digunakan untuk mengukur suhu badan seseorang maupun suhu benda tertentu. Kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus konversi suhu dan contoh soal konversi suhu. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)

Apabila berbicara tentang panas dan dingin, maka dipikiran kita akan tersebit adanya sebuah suhu. Untuk menyatakan nilai dari suhu tersebut, biasanya kita membutuhkan satuan di dalamnya. Karena hal ini, suhu memiliki beberapa jenis satuan, seperti celcius, reamur, fahrenheit dan kelvin.

Bagaimana cara konversi pada satuan suhu itu? Konversi merupakan pengubahan satuan tertentu menjadi bentuk lainnya. Lantas bagaimana cara mengkonversi satuan suhu itu? Satuan suhu yang dimaksud disini dapat berbentuk celcius, reamur, fahrenheit dan kelvin. Materi suhu tersebut sebenarnya telah dipelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini tercantum dalam pembelajaran Kimia.

Baca juga : Rumus Usaha Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya

Kita tidak bisa menampik fakta bahwa tak semua orang tau cara mengubah celcius ke fahrenheit, reamur, ataupun kelvin. Faktanya, rumus konversi suhu menjadi salah satu materi yang dianggap sulit oleh para siswa. Maka dari itu, dalam artikel singkat kali ini saya akan coba membahas sekaligus mengemasnya kembali dalam cara yang berbeda. Semoga, setelah membaca artikel di bawah kamu tak memiliki kesulitan untuk mengerjakan soal suhu.

Satuan Skala Suhu

Sebelum membahas tentang rumus konversi suhu dan contoh soal konversi suhu kalian wajib menghafal skala ukurnya terlebih dulu. Setidaknya, pengetahuan dasar semacam ini dapat membantu saat berhadapan dengan latihan soal secara langsung. Berikut beberapa macam skala suhu beserta penjelasannya:

Skala Celcius

Skala suhu yang pertama ialah Celcius. Skala ini pertama kali ditemukan oleh Sarjana Swedia yang bernama Andreas Celcius. Skala suhu tersebut memiliki titik beku air sebesar 0ᵒC serta titik didih air sebesar 100ᵒC.

Skala Reamur

Skala suhu selanjutnya ialah Reamur. Skala suhu ini pertama kali ditemukan oleh Rene Antoine Ferchault de Reaumur. Skala suhu Reamur memiliki titik beku air sebesar 0ᵒR serta titik didih air sebesar 80ᵒR. Satuan ukur satu ini memang tak selalu muncul dalam contoh soal konversi suhu tapi setidaknya kita wajib mengetahuinya.

Skala Kelvin

Skala suhu selanjutnya ialah Kelvin. Skala suhu ini pertama kali ditemukan oleh Lord Kelvin. Berdasarkan pendapatnya jika suhu memiliki besar 0ᵒ maka dianggap mutlak. Suhu nol mutlak tersebut dapat diperoleh jika partikel tidak bergerak dan tidak memperoleh panas apapun. Hal ini dikarenakan kalor sebanding dengan kebutuhan energi kinetik pada partikel tersebut. Besar 0ᵒK sama dengan -273,15ᵒC. Skala suhu Kelvin memiliki titik beku air 273ᵒK dan titik didih air 373ᵒK.

Skala Fahrenheit

Skala suhu yang terakhir ialah Fahrenheit. Skala suhu ini ditemukan oleh Gabriel Fahrenheit selaku ilmuan dari Jerman. Penggunaan skala suhu Fahrenheit paling banyak dinegara Amerika Serikat. Fahrenheit menerapkan campuran Es dan Garam untuk memperoleh titik beku air sebesar 32ᵒF serta titik didih air sebesar 212ᵒF.

Rumus Konversi Suhu

Rumus konversi suhu ini digunakan untuk menyatakan suhu dalam skala tertentu ke skala lainnya. Dengan kata lain skala suhu Celcius dapat diubah atau dikonversi menjadi skala suhu Reamur, Kelvin dan Fahrenheit ataupun sebaliknya. Berikut tabel rumus konversi suhu lengkap:

SkalaCelciusFahrenheitKelvinReamur
CelciusF = (9/5) C + 32K = C + 273R = (4/5) C
FahrenheitC = 5/9 (F-32)K = 5/9 (F-32) + 273R = 4/9 (F-32)
KelvinC = K – 273F = 9/5 (K-273) = 32R = 4/5 (K-273)
ReamurC = (5/4) RF = (9/4) R + 32K = C + 273 = (5/4) R + 273
Tabel rumus konversi suhu

Banyak yang bertanya rumus celcius ke fahrenheit, kelvin ke reamur, celcius ke kelvin, atau sebaliknya. Kurangnya pemahaman sering kali membuat siswa kewalahan mengubah satuan skala suhu tersebut.

Terlepas dari asumsi apapun sebenarnya rumus konversi suhu celcius, fahrenheit, kelvin, dan reamur sangat mudah untuk dihafalkan. Panduannya juga tertulis rapi di buku pedoman fisika sehingga kita bisa melihatnya kapan saja. Di lain sisi, saya yakin guru juga akan menyampaikan sekaligus mengajarkan cara mengubah suhu memakai rumus konversi suhu yang sesuai.

Contoh Soal Konversi Suhu

Setelah memahami rumus konversi suhu diatas, selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh soal  konversi suhu. Untuk contohnya saya mengambil skala Celcius yang dapat diubah atau dikonversi menjadi skala Reamur, Fahrenheit dan Kelvin.

Baca juga : Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan dan Contoh Soalnya

Konversi Skala Celcius Menjadi Reamur

Untuk contoh soal konversi suhu yang pertama ialah mengubah skala Celcius menjadi skala Reamur. Cara mengubahnya dapat menggunakan rumus konversi suhu dibawah ini:

R = (4/5) C

Contoh Soalnya
Sebuah benda memiliki suhu sebesar 150ᵒC. Hitunglah besar suhu benda tersebut dalam skala Reamur!

Jawab.
R =  (4/5) C
    = 4/5 x 150
    = 120
Jadi suhu benda sebesar 150ᵒC sama dengan 120ᵒR.

Konversi Skala Celcius Menjadi Fahrenheit

Untuk contoh soal konversi suhu selanjutnya ialah mengubah skala Celcius menjadi skala Fahrenheit. Cara mengubahnya dapat menggunakan rumus konversi suhu dibawah ini:

F = (9/5) C + 32

Contoh Soalnya
Sebuah benda memiliki suhu sebesar 150ᵒC. Hitunglah besar suhu benda tersebut dalam skala Fahrenheit!

Jawab.
F = (9/5) C + 32
   = (9/5 x 150) + 32
   = 270 + 32
   = 302
Jadi suhu benda sebesar 150ᵒC sama dengan 302ᵒF.

Konversi Skala Celcius Menjadi Kelvin

Untuk contoh soal konversi suhu selanjutnya ialah mengubah skala Celcius menjadi skala Kelvin. Cara mengubahnya dapat menggunakan rumus konversi suhu dibawah ini:

K = C + 273

Contoh Soalnya
Sebuah benda memiliki suhu sebesar 150ᵒC. Hitunglah besar suhu benda tersebut dalam skala Kelvin!

Jawab.
K = C + 273
= 150 + 273
= 423
Jadi suhu benda sebesar 150ᵒC sama dengan 423ᵒK.

Kesimpulan

Cara mengubah celcius ke fahrenheit ataupun sebaliknya memang tidaklah semudah membalik telapak tangan. Hal itu pun juga berlaku untuk skala suhu lain seperti reamur ke kelvin, fahrenheit ke kelvin, dan lain-lain. Tapi sudah menjadi kewajiban kita sebagai siswa untuk menghafal rumus konversi suhu agar tidak kewalahan mengerjakan soal ujian.

Jika kalian memang kesulitan mengerjakan soal maka tak ada salahnya memakai rumus hitung yang telah tersedia. Membekali diri dengan berlatih contoh soal konversi suhu juga menjadi salah satu poin penting agar lebih siap ujian.

Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)
Gambar Rumus Konversi Suhu

Sekian penjelasan mengenai rumus konversi suhu dan contoh soal konversi suhu. Mengubah atau mengkonversi skala suhu yang satu dengan yang lainnya dapat dilakukan menggunakan rumus yang sesuai. Namun yang perlu kita ketahui bahwa setiap skala suhu memiliki besar titik beku dan titik didih air yang berbeda beda. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Katrol Tetap, Bergerak, dan Majemuk Beserta Pengertian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.