Pengertian Angka dan Bilangan Beserta Jenis Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Angka dan Bilangan Beserta Jenis Jenisnya – Dalam ilmu Matematika pasti kita sering mendengar istilah angka dan bilangan. Apa definisi angka itu? Apa pengertian bilangan itu? Apa saja jenis jenis bilangan? Angka pada dasarnya merupakan simbol sebuah nilai. Sedangkan bilangan merupakan sekumpulan angka yang dari sebelah kanan terdapat urutan bernilai satuan, puluhan, ratusan dan sebagainya.

Angka dan bilangan ini sebenarnya saling berhubungan dan berkaitan satu sama lain sehingga dalam sebuah bilangan tentunya terdapat angka di dalamnya. Dalam ilmu Matematika, bilangan berguna dalam konsep pengukuran dan pencacahan.

Pengertian Angka dan Bilangan Beserta Jenis Jenisnya
Angka dan Bilangan

Angka dapat dinamakan dengan lambang bilangan karena kegunaannya sebagai lambang atau simbol dari sebuah bilangan itu sendiri. Selama bertahun tahun lamanya terdapat konsep bilangan dalam Matematika yang semakin luas mengikuti bilangan negatif, bilangan irasional, bilangan nol, bilangan kompleks dan bilangan rasional.

Namun apakah anda tahu apa pengertian angka dan bilangan itu? Seperti yang telah kita ketahui bahwa angka angka yang terkumpul ini dapat dinamakan dengan bilangan. Dalam ilmu Matematika terdapat jenis jenis bilangan yang perlu diketahui. Macam macam bilangan ini memiliki contoh yang berbeda beda.

Pengertian Angka dan Bilangan Beserta Jenis Jenisnya

Pengertian bilangan secara umum merupakan sekumpulan bilangan yang dari kanan memiliki urutan bernilai satuan, puluhan, ratusan dan sebagainya. Urutan bilangan ini menunjukkan jumlah angka didalamnya. Untuk itulah jumlah angka dalam setiap bilangan pada dasarnya berbeda beda. Dalam ilmu Matematika pada umumnya terdapat penggunaan bilangan untuk menyatakan sebuah pengukuran atau pencacahan. Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian angka dan bilangan beserta jenis jenis bilangan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kita tahu bahwa bilangan dapat diartikan sebagai angka yang terkumpul dan memiliki urutan kedudukan dari kanan sehingga dapat bernilai satuan, puluhan, ratuan, dan lain lain. Materi angka dan bilangan ini mungkin hanya dianggap remeh oleh sebagian orang. Namun apakah anda tahu bahwa kedua materi Matematika ini sangat berperan penting dalam pembelajaran Matematika lainnya.

Baca juga : Materi Penjumlahan Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh

Lambang bilangan atau angka merupakan sebuah simbol dan lambang dari suatu bilangan itu sendiri. Kita tahu bahwa dalam Matematika terdapat perluasan konsep bilangan yang berupa bilangan negatif, bilangan irasional, bilangan rasional, bilangan kompleks, dan bilangan nol. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian angka dan bilangan beserta jenis jenis bilangan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Angka atau Digit

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah definisi angka, Angka dapat diartikan sebagai sebuah simbol yang berguna sebagai lambang dari nilai sebuah bilangan. Adapun contoh contoh angka yaitu meliputi:

  • Angka Romawi seperti I, II, III, IV, dan sebagainya.
  • Angka Arab Barat seperti 0, 1, 2, 3, 4, dan sebagainya.

Dari contoh angka di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa nilai sebuah bilangan dapat diinterpresentasikan dengan simbol pada masing masing angka. Contohnya:

  • Bilangan bulat dengan nilai dua dapat disimbolkan oleh angka 2.
  • Bilangan bulat dengan nilai tiga dapat disimbolkan oleh angka 3.

Bilangan atau Number

Setelah menjelaskan tentang pengertian angka, selanjutnya saya akan membahas tentang pengertian bilangan. Bilangan dapat diartikan sebagai ekspresi dalam Matematika yang berguna untuk menghitung penentuan definisi tertentu. Pada dasarnya angka angka dapat disusun menjadi bilangan karena dijadikan sebagai lambang nilai yang termuat didalamnya. Adapun contoh bilangan yaitu meliputi:
1, 2, 3, 4, 5, . . .
1 dijadikan sebagai batas bawah, sedangkan tak hingga (∞) merupakan batas atasnya. Dalam hal ini menandakan adanya interval satu (1).

Jenis Jenis Bilangan

Setelah membahas tentang pengertian angka dan bilangan di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang macam macam bilangan. Adapun beberapa macam bilangan yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Perkalian Pecahan Biasa dan Campuran Beserta Contoh Soal

Bilangan Asli (N)

Jenis jenis bilangan yang pertama ialah bilangan asli. Pengertian bilangan menurut kesepakatan Matematikawan tradisional ialah himpunan bagian yang asalnya dari bilangan bulat. Bilangan bulat yang termuat ini merupakan bilangan bulat positif seperti 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Ciri khas dari bilanan asli ialah dimulai dari angka 1.

Bilangan asli menurut ahli matematika dapat dilambangkan dengan huruf N. Namun apakah anda tahu bahwa definisi bilangan asli menurut ilmuan komputer ialah bilangan bulat yang berupa bilangan bulat positif dan memuat angka nol sehingga bentuknya menjadi 0, 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Dalam bilangan ini pada umumnya akan ditemukan bilangan komposit dan bilangan prima.

Bilangan Bulat (Z)

Macam bilangan selanjutnya ialah bilangan bulat. Selain pengertian angka dan bilangan secara umum di atas, adapula definisi bilangan bulat. Bilangan bulat dapat diartikan sebagai sistem bilangan yang memuat semua bentuk bilangan himpunan bukan pecahan seperti bilangan bulat positif (1, 2, 3, 4, …), bilangan bulat negatif (…, -4, -3, -2, -1), dan bilangan nol (0). Bilangan bulat memiliki lambang menurut ahli Matematika yang berupa huruf Z. Seperti yang telah kita ketahui bahwa bilangan bulat memiliki bagian berupa bilangan asli.

Bilangan Rasional (Q)

Jenis jenis bilangan selanjutnya ialah bilangan rasional. Pengertian bilangan rasional ialah sistem bilangan yang berbentuk pecahan a/b, dimana b ≠ 0 serta a dan b merupakan bilangan bulat. Adapun contoh bilangan rasional seperti 3/4 = 0,75; 0,5 = 0,5; dan sebagainya. Bilangan rasional dapat disimbolkan dengan huruf Q.

Bilangan Real (R)

Selanjutnya saja akan membagikan macam bilangan yang berupa bilangan real. Bilangan real atau riil dapat diartikan sebagai bilangan yang bentuk penulisannya berupa desimal. Bilangan real memiliki beberapa bilangan didalamnya seperti bilangan irasional dan bilangan rasional. Berikut penjelasan selengkapnya:

Bilangan Rasional
Selain pengertian angka dan bilangan secara umum di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang definisi bilangan rasional yaitu sistem bilangan yang berbentuk bilangan pecahan a/b, dimana b ≠ 0 serta a dan b merupakan bilangan bulat.

Bilangan Irasional
Pengertian bilangan irasional ialah sistem bilangan yang bentuknya bukan pecahan a/b, tetapi bentuk penulisannya berupa desimal. Adapun contoh bilangan irasional seperti euler (e) = 2,7182818…. dan phi (π) = 3,14159….

Bilangan Kompleks (C)

Jenis jenis bilangan selanjutnya ialah bilangan kompleks. Bilangan kompleks pada umumnya memiliki bagian yang berasal dari semua bilangan Matematika. Bilangan kompleks dapat diartikan sebagai sistem bilangan Matematika yang bentuknya a + bi. Dimana i adalah bilangan imajiner serta a dan b adalah bilangan real. Bilangan imajiner (i) ialah sebuah bilangan yang nilainya dapat dinotasikan menjadi i² = -1. Secara umum, kita dapat memahami tentang bilangan kompleks dengan cara menekuni ilmu Matematika di jenjang perguruan tinggi secara murni.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian angka dan bilangan beserta jenis jenis bilangan. Bilangan dalam ilmu Matematika dapat dibagi menjadi beberapa macam dengan bentuk nilai yang berbeda beda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi angka dan bilangan di atas. 

Baca Juga  Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 1 SD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.