Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

September 30, 2016

Cara Mengembalikan Data yang Terkena Ransomware

Bermacam-macam cara akan dilakukan ketika mengetahui suatu data atau file yang kita miliki hilang. Terlebih jika file tersebut sangatlah penting dan menyangkut masa depan, sebagai contoh file arsip-arsip pekerjaan yang sangat dibutuhkan. Dan yang sering terjadi adalah, file-file yang hilang dikarenakan terinveksi virus. Baru-baru ini, yang sedang banyak menyerang pada pengguna komputer dan laptop adalah Ransomware.

Sudah banyak cara yang dilakukan oleh pelilik komputer dan laptop yang terkena ransomware demi mengembalikan data file yang penting. Dan alternatif untuk mengembalikan atau mengamankan file tersebut adalah dengan cara membayar. Namun apakah dengan membayar bisa menjamin data Anda akan kembali?

Haruskan Membayar ketika Terkena Ransomware?
Menjawab pertanyaan ini sangatlah gampang, namun juga sulit. Dalam kasus ini, yang terkena ransomware sudah pasti kebingungan ketika dihadapkan dengan satu pilihan ini. Mempertimbangkan apakah harus membayar demi kembalinya file itu memang harus dipikir matang-matang. Karena bisa saja, pihak pembuat virus ransomware ini hanya melakukan tipuan saja kepada kita. Setelah membayar, mereka tidak menyerahkan/memberikan descryptornya. (Maaf saya suudzon kepada pembuat Ransomware).

Namun bisa juga, mereka tetap memberikan file kepada kita. Akan tetapi masih tetap meninggalkan virus di komputer kita dan suatu saat akan kembali mengenkripsi file-file yang ada di hard disk lagi.
cara mengembalikan data yang terkena ransomware

Cara Menghapus Virus Ransomware
Banyak yang mengatakan, bahwasannya ransomware memang belum ada obat penawarnya. Karena virus ini memang masih tergolong baru. Namun walaupun baru, tetap saja sangat berbahaya. Bahkan mengancam file/data akan hilang kan ketika tidak mau membayar.

Sudah sangat banyak korban yang terkena ransomware, dan sangat ingin sekali mengetahui cara menghapus ransomware ini. Namun sampai sekarang memang belum ada antivirus yang bisa membasmi ransomware.

Jika Anda terkena ransomware, lakukan cara apa saja yang kira-kira bisa mengembalikan data Anda. Tidak peduli apakah caranya masuk akal atau tidak, yang pasti jangan takut mencoba. Lakukan berbagai percobaan dan gunakan tool gratisan untuk melakukannya. Karena jika Anda sudah mencoba itu sudah lebih baik.

Cara Mengembalikan Data yang Terkena Ransomware
Cara ini bukanlah cara yang pasti bisa Anda gunakan untuk mengembalikan data-data Anda. Namun tidak ada salahnya sama sekali jika Anda coba. Karena jika Anda sudah berani mencoba, itu sangat luar biasa walaupun hasilnya nanti masih tanda tanya.

1. Gunakan Recuva
Recuva adalah tool gratis yang biasa digunakan untuk mengembalikan file yang hilang. Aplikasi ini tergolong aplikasi yang sangat ampuh untuk mengembalikan data atau file yang hilang. Anda juga bisa mencobanya untuk mengembalikan file yang terkena ransomware.

  1. Download terlebih dahulu Recuva. (Gratis)
  2. Lalu, install aplikasi tersebut.
  3. Kalau sudah diinstall masuk ke aplikasi Reciva, dan klik next.
  4. Pilih format file yang akan Anda cari, misalkan saja video, gambar, atau file arsip.
  5. Kemudian pada pemilihan tempat pencarian, Anda letakkan pada drive tempat Anda menyimpan file yang hilang. Kalau tidak tahu ya pilih yang I'm not sure. Lalu next.
  6. Setelah itu, centang pada Enable Deep Scan (agar pencarian lebih mendalam), lalu klik start.
Semoga dengan cara pertama ini file yang terhapus dan dienkripsi ransomware bisa kembali. Berdo'a saja.

2. Menggunakan Kaspersky Ransomware Descryptor
Software yang satu ini sebenarnya digunakan untuk mengatasi Ransomware Crypto, namun bagi Anda yang terkena Ransomware cerber3 dan yang lainnya, tidak ada salahnya juga menggunakan cara dan tool ini. Karena mencoba lebih baik daripada tidak sama sekali.
  1. Download aplikasi ini terlebih dahulu. (link di Google)
  2. Lalu install dan buka aplikasi tersebut.
  3. Pilih tempat penyimpanan Anda yang terkena Ransomware.
  4. Kemudian, jangan centang Hapus file Crypted setelah deskripsi
  5. Setelah itu, klik Start Scan, tunggu sampai proses selesai.
Disini, Kaspersky Ransomware Descryptor berjalan mencari file data yang telah terenkripsi virus ransomware dan mencoba mengembalikan file tersebut. Semoga cara ini bisa digunakan untuk mengembalikan file/data Anda.

Semoga dengan menggunakan salah satu cara diatas, file Anda bisa kembali seperti semula. Sebenarnya masih banyak lagi tool-tool yang bisa digunakan/dicoba untuk dijadikan descryptor untuk mengambil kembali file Anda yang telah dienkripsi ransomware. Jadi, jika cara diatas tidak bisa maka Anda bisa cari cara lain. Ingat, didunia ini tidak hanya ada satu jalan untuk menuju kesuksesan, ada banyak sekali jalan untuk menuju kesuksesan. Begitupun dengan cara menghapus ransomware ini, jadi tetap semangat.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Mengembalikan Data yang Terkena Ransomware"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top