March 26, 2017

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Komputer Pemula

Tags
Pengguna komputer semakin hari semakin bertambah banyak jumlahnya. Memang tidak bisa dipungkiri, karena perkembangan komputer serta produksinya juga cepat. Jadi tidak heran lagi kalau user komputer akan semakin banyak.

Dalam hal ini, seringkali kita melihat orang-orang yang masih awam dalam hal komputer yang sangat ingin memahami dan belajar komputer. Ini bagus, karena zaman sekarang ini apa-apa sudah hampir semua menggunakan komputer. Jadi memang pembelajaran komputer ini sangat perlu ditingkatkan guna mengembangkan minat dan bakat.

Namun diluar semangat pengguna komputer pemula yang sangat tinggi, ada juga faktor kesalahan yang sering dilakukan. Memang ini sangat wajar sekali, karena yang namanya awam memang belum tahu spesifik mengenai komputer, jadi tidak masalah jika masih sering mengalami kesalahan entah itu dalam hal pengoperasian maupun dalam hal lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kesalahan yang masih banyak dilakukan oleh pengguna komputer pemula. Hal ini saya lakukan guna mengurangi kesalahan yang mungkin nantinya akan terulang kembali.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Komputer Pemula

Pada dasarnya, semua orang pernah mengalami masa dimana kita masih meminta ilmu dan bertanya-tanya, yaitu masa pemula. Saya mengenal komputer baru kelas 5 SD, dan pada saat itu status saya juga masih pemula karena belum mengerti apa-apa, menggerakkan mouse saja masih bingung.

Dan alhamdulillah, status saya yang sekarang juga masih sama yaitu pemula. Walaupun sedikit banyak telah saya ketahui mengenai ilmu komputer, namun semua itu tidaklah cukup dalam diri saya. Pokoknya, yang saya rasakan pengetahuan saya mengenai komputer masih sangat kurang.

Lalu apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna komputer yang baru belajar? Ini dia:

1. Lupa Waktu
Ya, mengoperasikan komputer ini memang sangat mengasyikkan. Terlebih bagi yang baru menggunakan komputer, pasti sangat mengasyikkan. Ini dikarenakan, sebagian besar orang yang baru mengenal komputer yang dioperasikan atau dimainkan pertama kali adalah game. Dan Anda tahu sendiri kan bagaimana kalau sudah main game, waktu yang sebenarnya lama akan terasa sangat singkat. Jadi memang sering sekali kalau menunda pekerjaan dan ditinggalkan main game maka pekerjaan tersebut tidak akan selesai.

Mungkin bukan hanya pengguna komputer pemula saja yang sering lupa waktu. Namun seorang master komputer juga masih sering lupa waktu. Untuk saya sendiri memang terkadang masih sering lupa waktu ketika sedang asyik memainkan atau mengerjakan project video atau gambar.

Jujur saja, memainkan komputer memang membuat pikiran jadi tenang setelah setengah hari belajar di sekolah. Karena saya sendiri tidak pernah membawa laptop ketika ke sekolah. Maka dari itu, waktu sepulang sekolah sering saya gunakan untuk bermain laptop, ya walau sekedar membuat artikel blog atau sekedar menonton youtube. Tapi ini setiap hari saya lakukan, dan bisa dibilang sudah menjadi rutinitas.

Jadi, saran saya walaupun Anda sangat senang bermain komputer jangan sampai lupa waktu-waktu yang lebih penting, sholat 5 waktu misalnya. Dan untuk yang masih sekolah, jangan sampai melupakan waktu belajar hanya gara-gara komputer, karena nanti bisa menjadi tidak pintar seperti saya, hehe.

2. Menjadi Pemalas (Malas-malasan)
Ini nyata loh, mungkin Anda sendiri pernah mengalaminya. Kalau saya sih pernah seperti itu, kalau sudah didepan laptop sudah malas untuk pergi keluar, kecuali ke kamar kecil atau sekedar untuk makan saja. Selebihnya, saya menjadi pemalas, entah karena apa saya tidak tahu pastinya.

Namun ini memang sering terjadi pada pengguna komputer pemula kok, kalau Anda mau mengamati orang yang baru saja punya laptop atau komputer, pasti rajinnya akan berkurang, entah hanya beberapa persen tapi yang pasti akan tetap berkurang.

Komputer atau laptop yang baru bagi pengguna pemula memang seperti menjadi magnet yang seolah-olah menarik tubuh agar tetap berada didekat komputer atau laptop itu.

Namun ini tidak berlaku untuk semua orang loh, karena pasti tetap ada orang yang masih rajin dan tidak menjadi pemalas ketika mempunyai laptop, komputer baru ataupun baru bisa mengoperasikan komputer. Karena setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda.

Ingat, malas itu sifat setan loh. Jadi, walaupun sudah nyaman duduk di depan komputer, jangan sampai malas melakukan kegiatan yang lain dan lebih penting tentunnya.

3. Susah Tidur (Begadang)
Tidur itu merupakan kebutuhan manusia pada umumnya. Tidur akan membuat tubuh kita menjadi bugar dan stamina kembali menjadi fit. Namun hal ini sering dilupakan para pengguna komputer baru. Karena kebanyakan dari mereka akan lebih cenderung kurang tidur, bahkan ada juga yang tidak tidur malam sama sekali.

Yang seperti ini biasanya adalah pelajar, dan efeknya adalah ketika sedang pembelajaran di sekolah malah ketiduran karena rasa ngantuk akibat tidak tidur malam. Saya sendiri juga pernah mengalami hal itu. Pada saat itu, saya penasaran dengan modifikasi game PES, dan saya melakukan modifikasi game tersebut sampai pagi hari (subuh) dan sama sekali tidak tidur, dan benar saja saat disekolah saya malah tidur.

Dan sampai sekarang, saya masih sering melakukan hal ini. Namun itu saya lakukan jika memang benar-benar mengerjakan hal yang penting saja. Kalau tidak ya saya tidak begadang mantengin layar laptop.

Jadi saran saya, jangan lupa istirahatkan sejenak mata dan tubuh Anda. Jangan terus-terusan mantengin monitor, karena ini akan bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata. Jadi, silahkan tidur yang cukup untuk memulihkan stamina dan kondisi mata agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Jarang Interaksi (Keluar rumah)
Istilahnya sih mengurung diri. Jika kita terlalu senang dengan komputer, maka hal ini bisa saja terjadi. Dan ini sangatlah tidak baik, karena sudah jelas akan mengurangi komunikasi kita dengan tetangga. Kalau yang ini saya belum pernah mengalami, walaupun sangat senang bermain laptop, saya tetap keluar rumah walaupun hanya di depan rumah saja.

Tapi setidaknya tetap ada interaksi dengan tetangga, jadi kita tidak dicap sebagai orang yang tidak suka berinteraksi. Karena jika kita sudah dicap itu, maka kemungkinan besar dan paling parah bisa minder sendiri untuk bergabung dengan orang-orang sekitar rumah.

Jadi saran saya, tetap jaga hubungan baik antar tetangga. Sukur-sukur tetangganya malah diajak bermain bareng, ini akan menambah harmonisasi antar tetangga. Jangan hanya gara-gara komputer, kita menjadi orang yang pendiam dan tidak pernah berbicara dengan orang-orang terdekat kita.

Memang banyak sih, orang terdekat saja jarang diajak bicara, namun orang yang jauh malah sering diajak bicara. Ini sangat banyak ditemui. Jangan sampai kita menjadi orang yang seperti itu.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel mengenai kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna komputer pemula. Semoga dengan artikel ini bisa memberi pelajaran kepada kita semua.

Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon