Pengertian dan Fungsi Gateway Jaringan Komputer

Halo teman-teman TKJ Indonesia, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dan fungsi dari Gateway pada jaringan komputer. Pada pembelajaran di sekolah, materi TKJ mengenai Gateway ini dibahas ketika kelas XI. Dan saya disini hanya akan mengulangnya saja sekaligus melakukan backup materi yang kemarin diajarkan yang saya maksudkan agar ketika saya lupa mengenai materi Gateway ini bisa membukanya pada blog saya. Oke, bagi teman-teman yang sekiranya ingin tahu lebih jauh mengenai pengertian dan fungsi Gateway bisa simak artikel ini sampai selesai.

Gateway adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan dengan satu atau lebih jaringan yang menggunakan protokol komunikasi berbeda sehingga informasi dari suatu jaringan komputer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang memiliki protokol berbeda.

Gateway juga sering disebut dengan Gerbang Jaringan yang merupakan sebuah perangkat untuk memudahkan pengguna komputer dan internet. Salah satu penggunaan Gateway adalah pada email, dengan Gateway pertukaran email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.

Pada internet, sebuah alamat bisa ditempuh melalui Gateway yang memberikan jalan atau rute ke arah mana yang harus dilalui agar paket data bisa sampai ke tujuan. Sebagian besar Gateway menjalankan routing daemon atau program yang melakukan update table routing secara dinamis. Karena itulah Gateway bisa berfungsi sebagai router. 
Pengertian dan Fungsi Gateway Jaringan Komputer

Fungsi Gateway

Setelah mengetahui pengertian dari Gateway, tidak afdol rasanya jika tidak membahas mengenai fungsi gateway sekalian. Namun dari pengertian di atas sebenarnya sudah bisa diambil salah satu fungsi dari Gateway yaitu menghubungkan satu jaringan dengan satu atau lebih jaringan yang memiliki protokol berbeda. Untuk melengkapinya, di bawah ini adalah beberapa fungsi Gateway dan penjelasannya.

1. Sebagai Control Converting
Karena Gateway dapat menghubungkan dua buah jaringan yang memiliki protokol berbeda, maka dari itu Gateway juga memiliki kemampuan untuk melakukan konversi protokol sehingga dua buah jaringan dengan protokol yang berbeda tersebut dapat dihubungkan.

2. Untuk Mempermudah Akses Informasi
Tanpa adanya Gateway, sebuah jaringan komputer dengan protokol yang berbeda tidak akan bisa dihubungkan antara satu dengan yang lain. ketika jaringan komputer sudah tersambung dengan Gateway, maka akses informasi akan otomatis berjalan dengan lebih mudah.

3. Sharing Device
Gateway juga bisa digunakan untuk penghubung sharing device. Contoh mudahnya adalah penggunaan Printer di kantor, satu buah Printer dapat digunakan oleh semua client yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian dan fungsi Gateway pada jaringan komputer. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda semua khususnya untuk Anak TKJ Indonesia. Semoga bermanfaat,
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon