Cara Mematikan Update Windows 10, 8, dan 7 Secara Permanen

Cara Mematikan Update Windows 7, 8, dan 10 Secara Permanen - Auto update windows merupakan fitur yang dikenal untuk melakukan update otomatis windows pada komputer kita. Fitur auto update windows ini tentunya terpasang hampir di seluruh versi sistem operasi windows mulai dari windows vista, windows 7, windows 8 hingga windows 10 seluruhnya menggunakan fitur auto update ini. Hal ini dimaksudkan agar setiap kegagalan sistem pada sistem operasi dapat diatasi dan diperbarui sehingga semakin memudahkan penggunanya. Selain itu fitur windows update otomatis ini juga bertujuan untuk mencekal berbagai tindakan ilegal yang merugikan perusahaan microsoft nantinya.
Cara mematikan windows update otomatis di windows 10, windows 8 dan windows 7
Cara mematikan windows update otomatis di windows 10, windows 8 dan windows 7
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan sistem operasi windows sangat mendominasi pasar teknologi khususnya komputer dan laptop jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Hal ini disebabkan karena fitur dan interface (antarmuka) yang ditawarkan sangat sederhana, elegan dan mudah untuk dioperasikan. Namun sering kali kita juga dibuat jengkel oleh beberapa fitur yang membatasi penggunaan windows tersebut. Salah satunya adalah fitur windows update otomatis (auto update windows) di sistem operasi windows 10, windows 7, dan windows 8 yang saat ini masih populer digunakan banyak orang.

Akhirnya banyak orang yang mencari cara mematikan windows update otomatis yang sering dianggap menggangu. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan karena notifikasi windows update ini sangat menggangu dan mampu mendeteksi berbagai aktivitas ilegal terkait instalasi windows yang kita lakukan.
Baca juga: Cara Install Net Framework 3.5 Offline di Windows 10
Untuk mematikan windows update pada dasarnya sangat mudah untuk dilakukan, namun sebelum kita melakukannya perlu diketahui bahwa jika kita mematikan update windows otomatis ini maka segala bentuk kerusakan sistem tidak akan dapat dilaporkan pada perusahaan microsoft, terlebih lagi untuk pengguna windows 10 yang notabennya selalu melakukan update windows secara berkala setiap beberapa minggu bahkan beberapa bulan sekali.

Cara Mematikan Update Windows 10, 8, dan 7 Secara Permanen

Terdapat berbagai cara mematikan update windows otomatis secara paksa, dan pada umumnya prosedur untuk mematikan windows update di windows 10 ataupun windows 8 dan 7 adalah sama karena ketiga sistem operasi windows ini memiliki file sistem yang sama hanya sedikit terdapat perbedaan di bagian tampilan dan beberapa fiturnya saja.

Mematikan windows update dengan metered connection

Cara mematikan update windows 10, 8, dan 7 yang pertama menggunakan metered connection yang merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mematikan fitur update otomatis ini. Singkatnya komputer maupun laptop dengan sistem operasi windows 10 maupun versi dibawahnya tidak akan melakukan windows update otomatis kecuali komputer maupun laptop kita dalam jangkauan jaringan non metered.

  1. Buka settings pada menu atau dengan memencet icon windows + I pada keyboard.
  2. Pilih menu Network and Internet.
  3. Akan muncul kotak dialog baru, lalu plih advanced option pada menu Wi-Fi.
  4. Lalu set metered connection menjadi on.
Cara mematikan windows update otomatis ini hanya akan bekerja untuk menonaktifkan update windows otomatis pada jaringan yang kita pilih saja. Namun untuk jaringan Ethernet belum bisa melakukan metered connection ini.

Cara mematikan windows update otomatis melalui menu service

Cara mematikan update windows yang selanjutnya adalah melalui menu service yang merupakan cara paling ampuh untuk menonaktifkan windows updater. Prinsip kerja dari cara ini adalah dengan mendisable atau menonaktifkan layanan auto update windows pada menu service sehingga kita tidak perlu repot lagi dengan notifikasi windows updater yang sering kali menggangu menyebabkan komputer atau laptop kita menjadi lemot dan sebagainya.
Cara mematikan windows update otomatis di windows 10, windows 8 dan windows 7
Windows update otomatis pada menu service (desktop apps)
  1. Untuk membuka menu service kita dapat mengetik "service" di menu pencarian. Maka akan muncul icon roda gigi bertuliskan service (desktop apps).
  2. Maka akan muncul berbagai layanan aktif yang dijalankan sistem operasi windows 10, 8 atau 7 milik kita, tugas kita adalah mencari "windows update" pada service list.
  3. Setelah kita menemukannya, pilih layanan windows update, maka akan muncul jendela dialog baru.
  4. Pada jendela windows update perhatikan pada "startup type" ubahlah menjadi "disabled".
  5. Selanjutnya klik "stop" untuk menghentikan layanan windows update otomatis yang sedang berjalan.
  6. Kemudian pilih apply atau OK.
Jika anda berubah pikiran dan ingin menghidupkan fitur windows update otomatis maka caranya sama seperti diatas hanya saja pada pilihan disable diganti menjadi automatic dan stop menjadi run.


Pada dasarnya mematikan update windows 10 windows 8 maupun windows 7 sangat tidak direkomedasikan. Terlebih lagi karena windows 10 sekarang merupakan sistem operasi gratis yang mengharuskan melakukan update otomatis secara berkala. Namun bagi sebagian orang, fitur update windows otomatis ini sangat mengganggu dan dapat menghabiskan quota internet maupun bandwith wifi yang dipakai maka dari itu layak untuk dimatikan.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon