4 Cara Mematikan Timer AC Panasonic Dengan Mudah

Tags
8 Cara Mematikan Timer AC Panasonic Dengan Mudah - Anda mungkin baru saja membeli AC Panasonic namun belum mengetahui cara mematikan timer AC Panasonic menggunakan remot. Remot memang tidak dapat dipisahkan dengan AC karena merupakan bagian yang penting. Hal ini dikarenakan dengan remot kita dapat menyalakan AC, mengatur timer AC, mengatur suhu dan sebagainya. Untuk AC yang bermerk Panasonic memang diberikan kemudahan dalam hal pengaturannya. Namun meski begitu, dalam penggunaan AC pasti pernah mengalami keadaan dimana AC hidup dan tiba tiba mati, bagian luar AC menyala terus menerus ataupun AC tidak dapat dimatikan.
Solusi untuk mengatasi ac panasonic yang lampunya kedip kedip
cara mematikan timer ac panasonic yang kedip kedip
Jika anda mengalami keganjilan atau masalah masalah dalam penggunaan AC, maka akan lebih baik jika dilakukan pengecekan yang lebih intensif. Banyak pengguna AC Panasonic yang mengalami keganjlan dalam timer AC ataupun pengaktifan tombol timer secara sengaja ataupun tidak sengaja. Fitur timer yang aktif tersebut ditandai dengan berkedipnya lampu timer didalam ruangan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mematikan timer AC Panasonic dengan mudah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

8 Cara Mematikan Timer AC Panasonic Dengan Mudah

Banyak warga Indonesia yang menggunakan AC, terlebih lagi iklim negara ini adalah tropis. Bahkan AC telah dijadikan sebagai kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Tidak heran jika banya merk AC yang mengeluarkan fitur fitur keunggulannya. Seperti halnya merk AC Panasonic. Didalam penggunaan AC terdapat beberapa fitur yang sering diabaikan oleh penggunanya seperti self timer (fitur untuk mengatur hidup dan mati AC) tanpa menekan tombol off pada Remote Control. Fitur ini sebenarnya memberikan keuntungan untuk pengguna AC seperti membuat AC tidak mudah rusak ataupun membuat listrik lebih irit karena sering lupa mematikan AC. Tetapi banyak orang yang belum tahu cara mematikan timer AC Panasonicnya.
Baca juga: 12 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
Meski begitu pengaturan self timer ini harus dicek agar tidak dapat menyebabkan AC tiba tiba mati atau hidup sendiri. Jika self timer aktif maka lampu pada timer AC akan berkedip kedip. Namun akan menjadi masalah jika lampu timer AC mati. Dibawah ini terdapat beberapa cara mematikan timer AC Panasonic dengan mudah.

Cara mematikan timer AC Panasonic dengan mudah yaitu sebagai berikut:
  • Pertama cabut colokan atau stop kontak AC terlebih dahulu.
  • Setelah itu tunggu sampai seluruh komponan AC mati sekitar 2 – 5 menit.
  • Pastikan jika semua komponen mati, setelah itu stop kontak AC kembali dicolokan lagi.
  • Lepas dan pasang batere remote AC anda.
  • Setelah itu nyalakan AC anda kembali.
Cara mematikan timer AC Panasonic diatas menggunakan remote AC yang asli. Namun bagaimana jika remot AC rusak? Anda tidak perlu khawatir karena dapat menggunakan remot AC yang universal. Adapun cara mengatur timer AC Panasonic menggunakan remote universal yaitu:
  • Langkah pertama nyalakan AC Panasonicnya.
  • Setelah itu tekan tombol selama 5 detik.
  • Lalu tekan tompol temp.
  • Masukkan kode AC panasonic milik anda.
  • Setelah itu anda dapat mengatur timer sesuai keinginan. Tetapi jika langkah tersebut belum berhasil, maka lakukan cara cara diatas berulang kali agar dapat berhasil mengatur timernya.
Pada dasarnya remote AC Panasonic dapat digunakan untuk beberapa hal, seperti cara mematikan timer AC Panasonic ataupun untuk mengetahui beberapa kerusakan dalam AC tersebut. Adapun cara mengetahui kerusakan AC yaitu dengan menekan tombol selama 5 detik. Setelah itu tahan dan tunggu sampai AC mengeluarkan suara bip. Setelah muncul, catatkan kode kesalahannya. Apabila anda sudah mencatat semua kodenya, maka dapat menekan tombol lagi selama 5 detik. Kode kesalahan tadi kemudian dilaporkan kepada dealer resmi pada AC Panasonic untuk mengetahui letak masalahnya.

Selain cara mematikan timer AC Panasonic diatas, adapula beberapa kerusakan lain pada AC yang sering terjadi seperti:
  1. Sensor suhu termis yang digunakan untu mengatur kinerja AC agar tetap dalam suhu ruangan. Kerusakan pada sensor suhu termis tersebut dapat ditandai dengan berkedipnya lampu timer. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan mengganti termistornya.
  2. Berkurangnya tekanan Freon. Apabila tekanan Freon berkurang maka akan mengakibatkan AC  menjadi kurang dingin. Hal ini dikarenakan terjadi kebocoran pada sambungan pipanya.
Sedikit informasi, timer ac panasonic sering juga diartikan sebagai jam di remote maupun jam di ac oleh orang awam. Sekian penjelasan mengenai beberapa cara mematikan timer AC Panasonic dengan mudah. Jika timer AC aktif maka dapat ditandai dengan berkedipnya lampu timer pada AC tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon