Pengertian Perubahan Sosial, Ciri dan Faktor Penyebabnya (Terlengkap)

Diposting pada

Pengertian Perubahan Sosial, Ciri dan Faktor Penyebabnya (Terlengkap) – Kehidupan masyarakat dibelahan dunia akan selalu mengalami adanya perubahan. Perubahan tersebut dapat terletak pada kehidupan sosial, sikap, pola pikir yang inovatif dan sebagainya sehingga dapat memperoleh kehidupan yang lebih bermartabat. Perbandingan dalam perubahan masyarakat akan dapat diketahui jika adanya penelusuran lebih lanjut mengenai keadaan masyarakat dimasa lampau dengan masa lainnya. Perubahan ini dinamakan dengan perubahan sosial. Didalamnya terdapat beberapa penjelasan terkait pengertian perubahan sosial, ciri ciri perubahan sosial, dan faktor penyebab perubahan sosial.

Pengertian Perubahan Sosial, Ciri dan Faktor Penyebabnya (Terlengkap)
Faktor Penyebab perubahan sosial beserta ciri ciri dan pengertianya

Perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat akan melalui proses yang terus menurus namun setiap orang memiliki jenis perubahan yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan adanya masyarakat yang mengalami perubahan dalam kurun waktu lebih cepat daripada masyarakat lainnya. Meski begitu letak perubahan yang terjadi biasanya tidak terlalu terlihat atau tidak begitu menonjol. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian perubahan sosial, ciri ciri perubahan sosial dan faktor penyebab perubahan sosial terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Perubahan Sosial, Ciri dan Faktor Penyebabnya (Terlengkap)

Peristiwa perubahan sosial antar masyarakat pada dasarnya memang berbeda beda, ada yang berlangsung dengan cepat, lambat, memiliki pengaruh yang terbatas ataupun memiliki pengaruh yang luas. Dibawah ini terdapat beberapa penjelasan mengenai pengertian perubahan sosial, ciri ciri perubahan sosial dan faktor penyebab perubahan sosial. Berikut ulasan selengkapnya:

Baca juga : Stratifikasi Sosial (Pengertian, Ciri, Macam, dan Proses Pembentukan)

Pengertian Perubahan Sosial

Pengertian perubahan sosial ialah berbagai perubahan yang sifatnya kompleks dalam lingkup masyarakat. Berdasarkan pendapat Alvin L. Bertrand, perubahan sosial menggunakan faktor tunggal yang terkandung didalamnya. Namun menurut Robin Williams, perubahan sosial tidak hanya mengandung satu faktor saja karena ilmu sosiologi semakin modern dan telah meninggalkan faham determinisme monofaktor sehingga interpretasi sepihak tidak akan digunakan. Jadi perubahan sosial dalam masyarakat terjadi karena beberapa faktor pengaruh dalam hal yang kompleks. 

Selain pengertian diatas, adapula pengertian perubahan sosial menurut para ahli. Berikut penjelasan selengkapnya:

William F.Ogburn
Pengertian perubahan sosial menurut William F.Ogburn ialah perubahan yang terjadi dalam ruang lingkup tertentu dan mengandung beberapa unsur kebudayaan, baik material ataupun immaterial.

Kingsley Davis
Pengertian perubahan sosial menurut Kingsley Davis ialah perubahan yang kejadiannya terdapat dalam fungsi dan struktur pada masyarakat.

MacIver
Pengertian perubahan sosial menurut MacIver ialah perubahan yang menyangkut keseimbangan hubungan sosial atau social relationships.

JP.Gillin
Pengertian perubahan sosial menurut JP.Gillin ialah cara dan variasi dalam hidup yang sudah diterima, penemuan atau difusi baru dalam masyarakat, kebudayaan material, ideologi, perubahan kondisi geografis ataupun komposisi penduduk dalam masyarakat.

Samuel Koenig
Pengertian perubahan sosial menurut Samuel Koenig ialah perubahan yang berkembang dalam pola kehidupan manusia.

Baca juga : Pengertian, Faktor dan Bentuk Mobilitas Sosial

Selo Soemardjan
Pengertian perubahan sosial menurut Selo Soemardjan ialah seluruh perubahan dalam lembaga kemasyarakatan yang berpengaruh terhadap sikap, sistem sosial, pola perilaku dan nilai nilai dalam kelompok masyarakat.

Ciri Ciri Perubahan Sosial

Perubahan sosial tidak semuanya disebabkan oleh gejala gejala sosial yang terjadi. Tetapi gejala gejala sosial dapat terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa ciri khusus. Adapun ciri ciri perubahan sosial yaitu meliputi:

  • Selalu mengalami perubahan cepat atau lambat karena perkembangan pada setiap masyarakat tidak akan pernah berhenti.
  • Perubahan dalam lembaga kemasyarakatan akan terjadi terus menerus disertai dengan perubahan lembaga sosial lainnya.
  • Perubahan sosial dalam proses penyesuaian diri akan menimbulkan disorganisasi yang bersifat sementara.
  • Perubahan sosial tidak dibatasi oleh bidang spiritual maupun bidang kebendaan. Hal ini disebabkan oleh adanya interaksi yang cukup kuat.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial

Perubahan sosial dipengaruhi oleh dua faktor secara umum yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut penjelasan mengenai masing masing faktor penyebab perubahan sosial:

Faktor Internal
Faktor penyebab perubahan sosial yang pertama adalah faktor internal. Faktor internal ialah faktor yang bersumber dari lingkungan masyarakat bagian dalam. Faktor internal perubahan sosial tersebut meliputi:

  • Penemuan baru.
  • Sistem ideologi.
  • Pertumbuhan penduduk.
  • Invensi.

Faktor Eksternal
Faktor penyebab perubahan sosial selanjutnya ialah faktor eksternal. Faktor eksternal ialah faktor yang bersumber dari lingkungan masyarakat bagian luar. Faktor eksternal perubahan sosial tersebut meliputi:

  • Peperangan.
  • Lingkungan fisik seperti bencana alam.
  • Pengaruh dari budaya lain.

Selain pengertian perubahan sosial, ciri ciri perubahan sosial dan faktor penyebab perubahan sosial diatas. Adapula beberapa dampak perubahan sosial, baik dampat positif maupun dampak negatif.

Baca juga : Faktor Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Nasional

Dampak Positif Perubahan Sosial
Perubahan sosial mengakibatkan beberapa dampak positif seperti:

  • Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Menciptakan tenaga kerja yang profesional.
  • Membentuk norma dan nilai yang baru.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.

Dampak Negatif Perubahan Sosial
Selain dampak positif, perubahan sosial juga mengakibatkan beberapa dampak negatif seperti:

  • Menimbulkan disintegrasi sosial.
  • Menimbulkan pergolakan daerah.
  • Menimbulkan kenakalan remaja.
  • Merusak lingkungan.
  • Berkurangnya eksistensi adat istiadat.
  • Tidak berfungsinya lembaga sosial secara optimal.
  • Menciptakan paham duniawi.

Sekian penjelasan mengenai pengertian perubahan sosial, ciri ciri perubahan sosial, dan faktor penyebab perubahan sosial terlengkap. Perubahan sosial ialah perubahan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat secara kompleks karena dipengaruhi oleh keadaan geografis, struktur masyarakat, faktor lingkungan, perubahan hubungan sosial, perubahan lembaga kemasyarakatan, ataupun perubahan komposisi penduduk masyarakat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *