20+ Contoh Perubahan Sosial Budaya Beserta Penjelasan

Diposting pada

20+ Contoh Perubahan Sosial Budaya Beserta Penjelasan – Dalam masyarakat terdapat perubahan sosial budaya yang ditandai dengan adanya kehidupan sosial yang sifatnya dinamis. Lalu apa saja contoh perubahan sosial budaya dalam masyarakat? Perubahan bagi setiap individu tersebut sejatinya dapat berupa perubahan baik dari segi intelektualisme ataupun fisik. Apalagi jika perubahan itu terjadi dalam lingkup masyarakat yang terdiri dari sekumpulan individu dengan berbagai pola interaksinya. Dalam kehidupan bermasyarakat tersebut pada dasarnya akan mengalami sebuah perkembangan, baik menuju arah lebih baik atau sebaliknya. Hal inilah yang membuat kehidupan masyarakat menjadi dinamis dan menjadi indikator contoh perubahan sosial yang ada.

20+ Contoh Perubahan Sosial Budaya Beserta Penjelasan
Bentuk Contoh Perubahan Sosial Budaya

Sebenarnya apa itu perubahan sosial budaya? Perubahan ini memiliki proses perubahan dan faktor faktor yang terdapat didalamnya. Hal inilah yang menjadi dasar pembentukan contoh dari perubahan sosial budaya yang sering terjadi dalam masyarakat. Perubahan sosial budaya dapat diartikan sebagai perubahan kehidupan masyarakat yang meliputi perubahan budaya dengan berbagai perubahan tata cara kehidupan tradisional menjadi modern dan nilai nilai dalam masyarakat. Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh perubahan sosial budaya beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

20+ Contoh Perubahan Sosial Budaya Beserta Penjelasan

Sebelum membagikan beberapa contoh perubahan sosial budaya, saya akan menjelaskan tentang pengertian perubahan sosial budaya terlebih dahulu, baik secara umum maupun menurut para ahli. Pengertian perubahan sosial budaya secara umum adalah perubahan dalam kehidupan masyarakat yang berhubungan dengan aspek sosial dan kebudayaan. Selain itu adapula pengertian perubahan sosial budaya menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian Subordinasi Dalam Hukum, Jenis Jenis dan Contohnya

Selo Soemardjan
Pengertian perubahan sosial budaya menurut Selo Soemardjan ialah seluruh perubahan dalam lembaga kemasyarakatan yang berpengaruh terhadap sistem sosial didalamnya. Sistem sosial yang dimaksud disini terdiri dari pola perilaku kelompok sosial, nilai nilai dan norma dalam masyarakat.

Gillin dan Gillin
Pengertian perubahan sosial budaya menurut Gillin dan Gillin ialah cara hidup masyarakat yang bervariasi dan telah diterima didalamnya, baik dikarenakan perubahan demografi, keadaan geografis, adanya penemuan baru, kultur, maupun ideologi dalam masyarakat.

Samuel Koenig
Pengertian perubahan sosial budaya menurut Samuel Koenig ialah variasi dalam pola kehidupan sosial yang dikarenakan oleh faktor internal dan eksternalnya. Faktor internal bersumber dari diri manusia itu sendiri, sedangkan faktor eksternal bersumber dari luar diri manusianya.

Berdasarkan penjelasan mengenai pengertian perubahan sosial budaya secara umum maupun menurut para ahli di atas. Kita dapat menyimpulkan bahwa perubahan ini merupakan jenis perubahan unsur sosial budaya dan pola perilaku yang berpengaruh terhadap perubahan struktur dan sistem sosial yang telah ada. Dibawah ini terdapat beberapa contoh perubahan sosial budaya beserta penjelasan lengkap yaitu sebagai berikut:

Cara Berkomunikasi

Contoh perubahan sosial budaya yang pertama dapat dilihat dari cara berkomunikasi di jaman sekarang. Teknologi komunikasi dan informasi telah berkembang dari waktu ke waktu. Hal inilah yang membuat perubahan besar dalam cara berkomunikasi kita sekarang ini. Jaman dahulu komunikasi jarak jauh dilakukan dengan cara surat menyurat. Pengirim surat tersebut akan menunggu balasan dari penerima surat. Bahkan dalam proses pengiriman tersebut terkadang surat tidak sampai ketempat tujuan, melainkan terkirim ketempat orang lain.

Di jaman serba canggih sekarang ini, cara berkomunikasi jarak jauh telah diberikan kemudahan. Kemudahan berkomunikasi tersebut diwujudkan dalam bentuk komputer dan smartphone. Dengan menggunakan alat tersebut, kita dapat mengirim kabar dengan kerabat jauh secara kilat karena didalamnya telah berisi berbagai media aplikasi yang telah disediakan. Tentu saja lebih mudah bukan? Kita tidak perlu menunggu balasan lebih lama dan tentu saja tidak khawatir jika pesan terkirim pada orang yang salah.

Pakaian

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dari pakaian di jaman sekarang. Pengaruh globalisasi dan modernisasi dalam lingkup masyarakat telah menyebabkan perubahan gaya berpakaian mereka. Yang awalnya masyarakat sering menggunakan baju daerah atau baju tradisional masing masing, kemudian berubah menggunakan baju yang sesuai selera masing masing dan sesuai trend yang ada.

Gaya Hidup

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dari gaya hidup di jaman sekarang. Kebanyakan orang telah mengalami perubahan gaya hidup, baik dari segi positif maupun negatif. Untuk perubahan gaya hidup secara positif yaitu merubah gaya hidupnya menjadi seorang vegetarian. Sedangkan untuk perubahan gaya hidup secara negatif yaitu menggunakan narkoba sebagai trend semata. Perubahan negatif inilah yang sering membuat miris semua orang yang melihatnya.

Contoh Perubahan Sosial dari Segi Pertanian

Dalam bidang pertanian juga tidak luput dari perkembangan dan perubahan sosial. Jika kita dilahirkan di era tahun 90an ataupun tahun 2000. tentunya kita masih bisa melihat teknologi pertanian tradisional yang mana masih menggunakan lembu untuk membajak sawah, bibit padi yang masih terbatas dan sebagainya. Namun karena adanya perubahan sosial dan budaya di bidang teknologi pertanian akhirnya sektor pertanian pun menjadi semakin maju. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya traktor, bibit padi unggul, obat pembasmi hama dan sebagainya.

Sejatinya, contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dari pertaniannya. Perubahan sosial budaya pada petani yang cerdas akan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan produktifitas kerjanya, meskipun tidak semua petani. Namun sektor pertanian di Indonesia sering mengalami penurunan yang disebabkan oleh pembelian produk produk luar negeri daripada memanfaatkan produk lokal.

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Konflik Sosial (Terlengkap)

Westernisasi

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal westernisasi. Westernisasi dapat disebut sebagai kebarat baratan. Hal ini sudah tidak asing bahkan bukan hal langka lagi dalam masyarakat. Contohnya masuknya budaya Valentine dan Halloween di negara Indonesia yang cukup kontroversial ini.

Budaya barat ini dapat dengan mudah menyebar di Indonesia karena pengaruh arus perkembangan teknologi yang semakin maju. Misalnya saja Internet, di jaman sekarang siapa yang tidak kenal internet karena internet mampu menyediakan berbagai sumber informasi dan referensi dari seluruh dunia. Melalui perantara inilah akhirnya perubahan sosial yang salah satunya diindikasikan dengan budaya kebarat-baratan dapat terjadi.

Ekonomi

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal ekonominya. Faktor ekonomi yang disebabkan oleh pengaruh perubahan sosial budaya tersebut dapat dilihat dari kesukaan membeli barang barang luar negeri daripada dalam negeri, pemilihan tempat berlibur di luar negeri daripada dalam negeri dan masih banyak lagi.

Religi (Kepercayaan)

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal religi atau kepercayaan. Contoh nyata dari perubahan ini dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Misalnya di Indonesia terdapat orang orang jaman dulu yang berpegang teguh pada ajaran leluhur (nenek moyang) yang sudah tiada. Namun di jaman sekarang orang orang lebih mengedepanan bukti dan logika yang telah ada.

Perubahan Sosial dari Segi Pola Hidup

Pola hidup mempengaruhi perubahan sosial ataukah sebaliknya? sebenarnya kedua pernyataan tersebut adalah benar dan saling berkaitan satu sama lain. Pola hidup yang berubah mengarah menjadi lebih baik akan mendorong manusia untuk melakukan perubahan sosial. Begitu juga sebaliknya.

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dari pola hidupnya. Masyarakat sekarang ini semakin hari akan lebih memilih membeli sesuatu daripada membuat sesuatu, inilah yang akhirnya dinamakan budaya konsumtif. Hal ini dikarenakan faktor perkembangan teknologi yang ada. Sehingga masyarakatnya menjadi terlena dan lebih memilih untuk membeli karena lebih praktis dan mudah dilakukan.

Perilaku

Pernahkah kita mendapati perilaku orang yang berubah? Misalkan saja dari berperilaku baik menjadi buruk, dari peduli menjadi acuh? Ternyata perubahan perilaku juga bisa menjadi indikator bahwa seseorang telah mengalami perubahan sosial dan budaya.

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal perilaku. Perubahan perilaku ini sering di jumlai di sekeliling kita. Hal ini terlihat jelas pada anak anak yang lebih suka membantah nasihat orang tua, murid murid sekolah yang membantah dan melawan guru gurunya, serta masih banyak lagi.

Emansipasi Wanita

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal emansipasi wanita. Di negara Indonesia telah mengalami perkembangan dalam hal emansipasi wanita. Jaman dulu peran wanita hanya sebagai pendukung rumah tangga saja, sehingga kerjaannya hanya dirumah dan mengurus segala keperluan rumah. Namun sekarang peran wanita tidak hanya itu, melainkan dapat bekerja sesuai dengan kemampuannya masing masing.

Masyarakat Semakin Kritis

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dari masyarakatnya yang semakin kritis. Semakin berkembangnya teknologi informasi, maka semakin banyak pula beredar media cetak offline maupun online nya. Informasi yang diberikan oleh media tersebut harus dapat diolah dengan benar sehingga informasi itu dapat dipertanggungjawabkan kenyataannya agar lebih valid.

Model Rambut

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal model rambut. Dalam pergaulan anak jaman sekarang banyak sekali yang mencontoh artis indolanya sehingga menciptakan kesan “Hitz” pada dirinya. Contohnya saja perubahan model rambut yang ada harus sesuai dengan artis idola atau model rambut yang sekarang ini sedang menjadi trend dikalangan masyarakat. Maka dari itu setiap orang tua harus mengawasi anak anaknya agar pergaulan mereka tidak berlebihan dan tidak menimbulkan hal hal negatif lainnya.

Kesenian

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal kesenian. Masuknya berbagai jenis kesenian luar negeri membuat kesenian asli dari Indonesia jarang terlihat bahkan jarang ditemukan. Maka dari itu sebagai penerus bangsa, kita harus melestarikan kesenian yang ada sekarang ini.

Baca juga : Pengertian Perubahan Sosial, Ciri dan Faktor Penyebabnya (Terlengkap)

Perubahan Sosial dari Segi Permainan

Permainan merupakan salah satu elemen yang sangat erat kaitannya dengan anak anak. Pada jaman dahulu banyak sekali bertebaran permainan ataupun mainan tradisional yang diimainkan oleh anak anak. Namun faktanya karena sekarang jaman sudah semakin berkembang permainan tersebut semakin ditinggalkan.

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal permainan. Di negara Indonesia ditemukan hkasus hilangnya permainan asli dari negara tersebut. Misalnya saja permainan sundamanda, permainan coklak dan permainan tradisional lainnya. Jaman sekarang banyak sekali yang memilih game online daripada permainan asli Indonesia tersebut.

Bahasa

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal penggunaan bahasanya. Banyak masyarakat Indonesia yang kurang peduli dengan bahasa daerahnya masing masing. Hal ini terlihat jelas pada minimnya penggunaan bahasa daerah dalam proses komunikasi sekarang ini. Umumnya masyarakat yang mengalami perubahan sosial dan budaya dari segi bahasa lebih terkesan menggunakan bahasa modern tanpa memperhatikan tatakrama penggunaan bahasa di daerahnya.

Misalnya saja, di jawa dikenal dengan tatakrama berbahasa jawa. Maknanya bahasa jawa memiliki beberapa tingkatan mulai dari tinggi ke rendah. Namun orang yang telah mengalami perubahan sosial dan budaya tidak akan memperhatikan strata penggunaan bahasa jawa tersebut dan lebih condong menggunakan bahasa modern.

Industri

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal industri. Perubahan besar yang timbul dalam dunia industri tersebut banyak berdampak pada gerakan sosialis, pengangguran, banyak ketimpangan dan masih banyak lagi. Hal inilah yang pastinya disebabkan oleh revolusi industri sekarang ini.

Pendidikan

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal pendidikan. Sekarang ini pendidikan dapat diperoleh tidak hanya dari sekolah saja, melainkan dapat berasal dari media internet. Kita dapat mencari berbagai macam referensi pelajaran dari media online. Semua referensi tersebut dapat diperoleh dengan menggunakan komputer. Tentunya semua telah diberikan kemudahan, termasuk dalam dunia pendidikan sekarang ini.

Budaya

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal budaya. Perubahan budaya dalam masyarakat dapat di jumpai di sekeliling kita. Misalnya saja kebudayaan merayakan valentine yang telah masuk ke Indonesia, masuknya budaya ulang tahun dan lain lain. Selain itu kita juga sering menjumpai kebudayaan kejepang jepangan pada anak muda jaman sekarang seperti Cosplay.

Sopan Santun

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal sopan santun. Kondisi background keluarga dan lingkungan dapat berpengaruh terhadap tingkat sopan santun pada anak. Jika awalnya anak tersebut memiliki sopan santun yang baik, tetapi karena pengaruh sekelilingnya membuat rasa sopan santun mereka menjadi hilang.

Tempat Tinggal

Semua orang tentunya ingin tempat tinggal yang layak. Untuk mewujudkannya banyak orang bekerja banting tulang, menabung, dan membeli rumah dengan sistem kredit. Hal ini bertujuan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan akan tempat tinggal.

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal tempat tinggal. Sekarang ini kita jarang menemukan tempat tinggal yang berbentuk rumah adat. Banyak masyarakat yang beralih mempunyai gedung apartemen atau tempat tinggal yang modern dibandingkan rumah daerah.

Musyawarah

Contoh perubahan sosial budaya selanjutnya dapat dilihat dalam hal pelaksaaan musyawarah. Penyelesaikan masalah pada masyarakat Indonesia era tahun 1900an lebih sering menggunakan cara musyawarah. Semua masyarakat atau anggota yang datang akan memberikan pertimbangan dan pendapatnya terkait masalah yang ada. Musyawarah tersebut memiliki pemimpin yang bertugas untuk mengambil keputusan sesuai dengan kesepakatan bersama. Tetapi di era tahuan 2000an, penyelesaian masalah seperti ini mulai memudar.

Untuk menyikapi perubahan sosial budaya tersebut, kita sebagai masyarakat modern harus pintar pintar dalam mengolah perubahan yang terjadi sekarang ini. Dengan begitu kita tidak akan terjerumus pada hal yang menyebabkan dampak negatif untuk diri sendiri dan orang lain. Demikianlah contoh perubahan sosial budaya beserta penjelasan yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *