Pengertian Subordinasi Hukum, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Subordinasi Hukum, Jenis, dan Contohnya – Hampir setiap orang pasti pernah mendegar istilah ladies first atau doktrin laki-laki lebih hebat dari perempuan. Pernyataan semacam ini sebenarnya merupakan contoh subordinasi hukum yang harus kita luruskan. Karena kualifikasi tersebut justru bersifat tidak adil dan akan menimbulkan diskriminasi.

Ada banyak sekali bentuk ketidakadilan yang terjadi di sekeliling kita. Salah satunya adalah diskriminasi gender yang notabenya bersifat subordinasi. Misalnya membandingkan kinerja, hak, dan tanggung jawab laki-laki lebih tinggi daripada perempuan dalam berbagai bidang.

Pengertian Subordinasi Dalam Hukum, Jenis Jenis dan Contohnya
Contoh Subordinasi Dalam Hukum

Berdasarkan hakekatnya, setiap individu memiliki hak dan kewajiban yang sama tanpa memandang gender. Sayangnya, anggapan ini tak sepenuhnya diperhatikan oleh sebagian orang. Hal ini terbukti dengan banyaknya kasus penyimpangan subordinasi hukum yang melibatkan strata gender baik di lingkup pekerjaan, bersosial, dan bermasyarakat.

Pengertian Subordinasi Hukum, Jenis, dan Contohnya

Materi subordinasi hukum sebenarnya sangat mudah kita temukan dalam pembelajaran sosiologi khsusunya jika ada masih di jenjang sekolah. Berbagai pengertian subordinasi hukum menurut para ahli, jenis jenis subordinasi hukum dan contoh subordinasi hukum itu sendiri telah tertuang dalam banyak buku pedoman sosiologi.

Kejadian subordinasi ini berlangsung sejak zaman dahulu sampai sekarang. Kini dimata masyarakat perbedaan gender tersebut dianggap tidak setara dalam kehidupan sehari hari, meskipun sudah banyak upaya dilakukan. Subordinasi dalam hukum tersebut pada dasarnya digunakan dalam interaksi sosial untuk menjalin hubungan dalam lingkup masyarakat luas.

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Konflik Sosial (Terlengkap)

Dalam artikel singkat kali ini saya ingin membahas kesenjangan yang terjadi antar gender. Lebih tepatnya, kita akan mempelajari definis, jenis-jenis, dan contoh subordinasi dalam hukum khususnya di Indonesia. Penasaran seperti apa pembahasannya? simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Pengertian Subordinasi Hukum

Apa itu subordinasi dalam hukum? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Meski materi lengkapnya bisa kita baca di buku pedoman sosiologi. Tapi ternyata masih ada juga siswa yang belum mengetahui apa itu subordinasi hukum. Maka dari itu, dalam sesi pertama ini saya ingin menjelaskan terlebih dulu definisi singkatnya.

Pengertian subordinasi dalam humum menurut KBBI ialah hubungan antara klausa bebas dengan klausa terikat dalam suatu kalimat; kedudukan bawahan dalam bidang kemiliteran; gabungan dua unsur gramatikal dengan tujuan mengikat satu sama lain. Sedangkan berdasarkan bahasa sosiologi, subordinasi dalam hukum ialah anggapan atau penilaian satu jenis kelamin bahwa dirinya dalam menjalankan peran lebih baik dibandingkan jenis kelamin lainnya.

Jenis Subordinasi Dalam Hukum

Secara garis besar kita bisa membagi jenis subordinasi dalam hukum menjadi dua. Klasifikasi tersebut dikemukakan oleh Georg Simmel yang notabenya merupakan filsuf dan pionir sosiologi asal jerman. Dalam pernyataanya, dia membagi subordinasi menjadi dua:

  • Suboordinasi dalam hukum melalui penyamarataan yaitu jenis subordinasi yang kedudukan masing masing pihak sama karena tidak memiliki bentuk kesenjangan antar subordinatnya.
  • Suboordinasi dalam hukum melalui gradasi yaitu jenis subordinasi yang terdapat kesenjangan kekuasaan sehingga melakukan pembiaraan atau pemantapan terlebih dahulu. Contohnya mengistimewakan salah satu subordinat daripada subordinat lainnya.

Contoh Subordinasi Dalam Hukum

Contoh subordinasi dalam hukum ini dapat kita ketahui melalui nilai nilai yang berlaku dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan nilai nilai tersebut berguna dalam memilah dan memisahkan peran peran gender, baik untuk perempuan ataupun laki laki. Biasanya peran pihak perempuan berhubungan dengan reproduksi atau domestik. Tidak heran jika peran perempuan dalam lembaga pemerintahan jumlahnya lebih sedikit, baik dalam lembaga yudikatif, eksekutif maupun legislatif. Kemudian pihak perempuan juga menerima upah yang lebih rendah daripada upah laki laki.

Baca juga : Pengertian Perubahan Sosial, Ciri dan Faktor Penyebabnya (Terlengkap)

Contoh subordinasi dalam hukum ini dapat diselesaikan menggunakan cara kompromi perbedaan antar kelompok atau individu. Kompromi ini bertujuan untuk memperoleh kesepakatan antara dua belah pihak yang saling bertentangan. Misalnya ayah dan ibu dalam sebuah rumah saling bertentangan dalam hal menonton siaran televisi. Sang ibu ingin menonton sinetron, sedangkan sang ayah ingin menonton pertandingan sepak bola. Ayah dan Ibu ini sepakat untuk menonton secara bergantian ketika disiarkan iklan pada masing masing siaran TV. Langkah tersebut dilakukan untuk menghindari adanya konflik sosial.

Sekian penjelasan mengenai pengertian subordinasi dalam hukum, jenis jenis subordinasi dalam hukum dan contoh subordinasi dalam hukum. Subordinasi merupakan bentuk ketidakadilan yang manganggap bahwa salah satu gender mempunyai kemampuan yang lebih rendah ataupun tinggi dalam menjalankan tanggungjawabnya dibandingkan dengan gender lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.