Menentukan Tema dan Pesan Syair Beserta Penjelasan

Diposting pada

Menentukan Tema dan Pesan Syair Beserta Penjelasan – Apa pengertian syair itu? Syair sendiri hampir sama dengan puisi. Syair merupakan salah satu jenis karya sastra yang menyerupai puisi lama dengan bait, isi, baris, pilihan kata, dan rima atau sajak yang terdapat didalamnya. Menurut bahasa Arab, kata syair berarti “Sya’uru” yang maknanya “Tembang” dan “Sya’ara” yang maknanya “Menembang”. Lantas bagaimana cara menentukan tema syair? Bagaimana cara menentukan pesan syair? Sebelum menentukan tema daan pesan syair, tentunya anda harus memahami ciri ciri syair beserta hal hal yang terdapat didalamnya. Dengan begitu anda akan lebih mudah mengenali jenis kalimat syair ataupun karya sastra lainnya.

Menentukan Tema dan Pesan Syair Beserta Penjelasan
Cara Menentukan Tema dan Pesan dalam Syair

Syair merupakan salah satu kesenian Tradisional di Nusantara untuk dibaca. Kesenian syair mengalami perkembangan pada abad ke 18 – 19 awal di wilayah Sumatra. Kesenian ini digunakan sebagai alat komunikasi untuk memberikan nasehat dan juga hiburan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menentukan tema syair dan cara menentukan pesan syair. Selain itu saya juga tidak lupa untuk menjelaskan tentang pengertian syair, contoh syair, dan ciri ciri syair. Untuk lebih jelasya dapat anda simak di bawah ini.

Menentukan Tema dan Pesan Syair Beserta Penjelasan

Pengertian syair secara sederhana ialah alat ekspresi pikiran dan perasaan dari penulisnya. Adapula yang mengartikan syair sebagai jenis puisi lama yang tersusun oleh bait bait dengan empat baris didalamnya serta bunyi akhirannya juga sama. Untuk itulah cara menentukan tema syair dan menentukan pesan syair tentunya harus memahami beberapa isi yang terdapat didalamnya. Kegunaan syair tersebut ialah sebagai alat penggambaran suatu hal secara luas seperti agama, cerita, cinta, nasihat, dan sebagainya. Tidak heran jika dalam sebuah syair terdapat banyak sekal baris di setiap baitnya. Maka dari itu sebuah contoh syair harus mencakup beberapa ciri syair sehingga dapat dibedakan dengan jenis karya sastra lainnya.

Baca juga : 12 Contoh Kata Pengantar Makalah, Tugas, Proposal, dan Laporan

Menurut pengertian syair di atas dapat kita simpulkan bahwa syair hampir sama seperti puisi yang terdiri dari sajak, rima, dan sebagainya. Syair memiliki hubungan yang erat dengan jumlah baris disetiap baitnya, jumlah bait di setiap puisi, aturan dalam ritma dan rima, serta jumlah suku kata tiap barisnya jika ditinjau dari struktur fisiknya. Lantas bagaimana cara menentukan tema syair? Bagaimana cara menentukan pesan syair? Sebelum membahas tentang cara menentukan tema dan pesan syair, maka akan lebih baik jika anda memahami ciri ciri syair di bawah ini.

Ciri Ciri Syair

Sebelum menjelaskan tentang cara menentukan tema syair dan menentukan pesan syair. Saya akan menjelaskan ciri ciri syair terlebih dahulu. Berikut beberapa ciri ciri dari syair yaitu sebagai berikut:

  • Terdiri dari bait bait yang masing masing bait memiliki 4 baris.
  • Semua bagian syair merupakan isi.
  • Masing masing baris tersusun 8 sampai 12 suku kata.
  • Memiliki sajak a – a – a – a.
  • Antar bait memiliki hubungan yang logis dan erat.
  • Memiliki isi yang berbentuk lukisan peristiwa, mistik, nasehat, pengajaran, dongeng dan sebagainya.

Selain ciri ciri syair di atas, adapula unsur unsur syair yang berupa unsur ekstrinsik dan instrinsik.  Untuk kategori unsur syair yang bersifat intrinsik terdiri dari struktur bentuk syair dan hakikat syair. Syair tersebut pada dasarnya memiliki hakikat yang berupa pesan maupun tema. Untuk itulah banyak sekali orang yang mencari pembahasan mengenai cara menentukan tema syair dan menentukan pesan syair. Apa itu hakikat syair? Hakikat syair ialah segala hal yang ingin disampaikan penyair dalam bentuk karya sastra syair itu sendiri. Hakikat syair dapat dinamakan dengan isi syair. Berikut penjelasan mengenai masing masing hakikat pada syair yaitu meliputi:

Tema atau Sense
Tema ialah hakikat syair yang berupa gagasan pokok syair yang ingin disampaikan oleh penyair. Anda dapat dengan mudah menentukan tema syair yang biasanya terletak di dalam syair tersebut secara tersurat.

Perasaan atau Feeling
Perasaan merupakan hakikat syair yang harus dimiliki oleh penyair seperti pandangan, watak, sikap ataupun perbuatan khusus.

Baca juga : Pengertian Poster, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Nada atau Tone
Nada adalah hakikat syair yang berupa gambaran sikap penyair kepada pembacanya. Misalnya nada protes, menyuruh atau menghimbau, sinis, menggurui dan lain lain.

Pesan atau Amanat
Pesan adalah hakikat syair yang digunakan untuk menyampaikan kesan kepada pembaca melalui syairnya. Cara menentukan pesan syair berasal dari dalam diri pembaca itu sendiri, karena setiap orang memiliki cara pandang terhadap sebuah karya sastra yang berbeda beda. Untuk itulah amanat dan tema dalam syair saling berhubungan satu sama lain.

Menginterpretasi, membaca ataupun mendengarkan syair dapat menyebabkan perasaan peka yang lebih tajam mengenai keadaan di sekitar lingkungan kita. Cara menentukan tema syair dan menentukan pesan syair memiliki hikmah tersendiri seperti dalam bertingkah laku, santun, budi pekertinya halus, bertutur kata dan menjadi pribadi yang bijaksana.

Menentukan Tema dan Pesan Syair

Cara menentukan tema syair dan cara menentukan pesan syair sendiri dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Langkah pertama menentukan tema dan pesan syair ialah dengan mendengarkan atau membaca keseluruhan bagian dalam syair itu sendiri. Setelah itu pahami isi dari syair tersebut dan tentukan pesan serta tema syair itu. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh syair di bawah ini:

Wahai para generasi muda
Kaulah ujung tombak kemajuan bangsa
Membentuk negara yang berjaya
Untuk masa depan anak cucu kita

Jangan sia siakan masa muda
Dengan hanya berfoya foya
Tuntutlah ilmu sepanjang masa
Ilmu tak akan hilang di makan usia
Untuk bekal di hari tua

Wahai anak muda
Rajin belajar di usia muda
Bersekolahlah tanpa malas
Jangan biarkan dirimu terbawa zaman

Baca juga : Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya

Luruskan niatmu untuk sekolah
Tekatkan hatimu untul ilmu yang berkah
Karena belajar adalah anugerah
Sampai akhir yang perlu di asah

Wahai anak muda bangsa
Milikilah mimpi di hati dan pikiran
Untuk bekal di masa depan.
Karena akan berguna nantinya

Ilmu akan menjagamu
Menjauhkan kesuraman darimu
Membuat cemerlang masa depanmu
Hingga beranjak dewasa kamu

Jaman semakin maju
Namun ilmu tak akan hilang karena waktu
Sebagai benteng dirimu
Agar bahagia dan tak mudah tertipu

Carilah ilmu tanpa ragu
Tak perlu takut akan rugi waktu
Karena akan bermanfaat untukmu
Dan menuntun hidupmu dalam jalan bahagia selalu

Dalam contoh syair di atas, kita dapat menentukan tema syair dan menentukan pesan syair didalamnya. Bacalah atau dengarlah syair secara menyeluruh sebelum menentukan tema dan pesan syairnya. Syair di atas bertemakan Pendidikan karena didalam setiap baitnya terdapat maksud untuk mendidik anak muda jaman sekarang untuk terus menuntut ilmu. Selain itu syair di atas juga memiliki pesan moral yakni sebagai anak muda generasi bangsa harus terus mencari ilmu tanpa rasa jenuh ataupun malas karena akan menuntun jalan hidupnya menjadi lebih cemerlang dan tidak suram. 

Sekian penjelasan mengenai cara menentukan tema syair dan menentukan pesan syair. Selain cara menentukan tema dan pesan syair, saya tidak lupa menjelaskan pula tentang pengertian syair, ciri ciri syair, hakikat syair dan contoh syair itu sendiri. Syair ialah jenis puisi lama yang tersusun oleh bait bait dengan empat baris didalamnya serta bunyi akhirannya juga sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi syair di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *