Makna Konotasi dan Denotasi Beserta Contoh Lengkap

Diposting pada

Makna Konotasi dan Denotasi Beserta Contoh Lengkap – Kalimat dalam Bahasa Indonesia pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Misalnya saja kalimat denotasi dan kalimat konotasi. Apa arti denotasi itu? Apa arti konotasi itu? Bagaimana contoh kalimat denotasi itu? Bagaimana contoh kalimat konotasi itu? Denotasi merupakan kalimat yang mengarah pada makna sesungguhnya. Hal ini dikarenakan dalam kalimat denotasi tidak ada arti atau makna khusus lainnya yang disembunyikan. Dengan begitu dalam kalimat terdapat hal yang disampaikan dengan kata denotasi sesuai dengan tulisan sebenarnya. Selain itu adapula kalimat konotasi yang maknanya berkebalikan dengan denotasi.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa contoh kata denotasi pada dasarnya digunakan dalam teks ilmiah seperti laporan ilmiah, jurnal, laporan penelitian dan sebagainya. Hal ini dikarenakan dalam contoh kalimat denotasi tidak ada tafsir ganda atau keambiguan yang terdapat dalam contoh kalimat konotasi. Apakah anda tahu makna denotasi sebenarnya? Apa makna konotasi itu? Bagaimana bentuk contoh konotasi? Bagaimana bentuk contoh denotasi itu? Pada dasarnya denotasi memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya yaitu makna katanya apa adanya, berdasarkan hasil observasi dan menyatakan makna dasar atau acuan secara langsung.

Makna Denotasi dan Konotasi Beserta Contoh Lengkap
Denotasi dan Konotasi

Kata denotasi dalam kalimat memiliki makna yang berguna di karya ilmiah, sedangkan kata konotasi memiliki makna yang berguna di karya sastra. Kemudian arti denotasi secara singkat ialah makna sebenarnya atau asli dalam suatu leksem. Untuk itulah denotasi memiliki makna yang hampir sama dengan leksikal. Lalu adapula arti konotasi secara singkat yaitu penambahan lain yang terdapat di kalimat denotasi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang makna denotasi dan makna konotasi beserta contoh kalimat denotasi dan contoh kalimat konotasi lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Makna Konotasi dan Denotasi Beserta Contoh Lengkap

Dalam keseharian menuntut ilmu sudah pasti kita sering mendengar penggunaan kalimat konotasi maupun denotasi. Meskipun biasanya sering disanding-sandingkan namun kedua jenis kalimat ini memiliki pengertian yang berbeda. Baik konotasi maupun denotasi sering sekali kita gunakan dalam keseharian. Hanya saja kita tidak menyadari penggunaan fungsinya dalam kalimat.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa arti denotasi ialah makna yang sebenarnya, sedangkan arti konotasi ialah makna yang bukan sesungguhnya dalam kelompok kata atau setiap kata. Maka dari itu arti konotasi secara umum dapat dinamakan dengan makna kias. Pada dasarnya konotasi memang memiliki makna menarik atau jelas sehingga kelompok kata atau beberapa kata dapat dibandingkan. Sedangkan denotasi digunakan untuk menjelaskan kata dalam kamus yang memiliki makna dasar. Bagaimana contoh kata denotasi itu? Bagaimana contoh kata konotasi? Contoh denotasi dan contoh konotasi tersebut pada umumnya berbeda beda karena maknanyapun juga berbeda.

Baca juga : Cara Menentukan Gagasan Pokok Beserta Contohnya Terlengkap

Pengertian Denotasi

Pengertian denotasi pada umumnya ialah makna berdasarkan pengertian kata yang terdapat didalamnya atau makna sesungguhnya. Contoh denotasinya yaitu kata makan yang merupakan memasukkan makanan atau sesuatu hal ke dalam mulut sehingga dapat dikunyah dan akhirnya ditelan. Dari arti makan tersebut dapat kita ketahui bahwa makan termasuk dalam contoh kata denotasi.

Dengan kata lain arti denotasi dapat dinamakan dengan arti secara umum. Kemudian adapula makna konotasi pada umumnya yaitu makna yang terkandung dalam kalimat, tetapi bukan yang sebenarnya. Dengan kata lain arti konotasi ialah kata yang tidak langsung dan mempunyai frasa sehingga lebih merujuk pada kalimat sebenarnya. Adapun contoh konotasinya yaitu ters.

Contoh Kalimat Denotasi

Setelah menjelaskan tentang makna kata denotasi dan makna kata konotasi di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh kata denotasi dalam kalimat. Adapun beberapa contohnya yaitu sebagai berikut:

  • Nadia tidak akan beranjak dari tempat tidur ketika hari libur tiba. Kata beranjak artinya beralih.
  • Ani singgah kerumah neneknya sebelum pergi ke luar kota. Kata singgah artinya mampir.
  • Dalam sehari terdapat jumlah rotasi bumi selama 24 jam. Kata rotasi artinya berputar pada porosnya.
  • Tahun ini Rino meraup keuntungan yang cukup banyak dari usahanya. Kata meraup artinya memperoleh atau mendapatkan.
  • Rajin belajar adalah kunci untuk dapat menggapai cita cita. Kata menggapai artinya meraih.
  • Rina merintis usahanya dari nol. Kata merintis artinya memperjuangkan.
  • Wajahnya memerah tersipu malu. Kata memerah maknanya berubah menjadi merah.
  • Kedua tangan mereka saling bergandengan agar tidak saling tertinggal. Kata bergandengan artinya saling berpegangan.
  • Jika lewat didepan rumah Pak Eko akan terdengar suara anjing yang menggonggong. Kata menggonggong artinya berteriak teriak.
  • Ina termasuk salah satu penyandang leukemia. Kata penyandang artinya penderita.
  • Di Nusa Kambangan banyak sekali proses rehabilitasi yang harus ditempuh oleh pecandu Narkoba. Kata pecandu artinya pengguna.
  • Reni meraih juara pertama perlombaan Matematika tingkat Nasional. Kata meraih artinya mendapat.

Baca juga : Materi Hikayat: Pengertian, Struktur dan Contoh Hikayat Singkat

  • Tahun ini telah diadakan perhelatan akbar Sea Games yang cukup meriah. Kata perhelatan akbar artinya acara yang besar sekali.
  • Mari kita merapat di alun alun Yogya untuk melihat konser Didi Kempot. Kata merapat artinya berkumpul.
  • Penyelenggaraan pawai bulan ini dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan. Kata pawai artinya karnaval.
  • Bulan ini Rina menerbitkan buku novel karya terbarunya. Kata menerbitkan artinya mengeluarkan.
  • Kepala Sekolah mempublikasikan beberapa hal terkait kelas 3. Kata mempublikasikan artinya memberitahukan atau mengumumkan.
  • Banjir bandang telah menerpa rumahku di Cinere. Kata menerpa artinya mengenai.
  • Mereka berdua bertatap muka di sebuah pertemuan. Kata bertatap muka artinya saling berpandangan atau hadap hadapan.

Pengertian Konotasi

Pengertian konotasi adalah kiasan atau makna tidak sebenarnya. Makna kiasan sering sekali kita gunakan untuk mengungkapkan suatu hal yang terkadang tidak bisa diucapkan dengan makna sebenarnya. Pada penerapannya penggunaan ungkapan konotasi sering digunakan untuk meningkatkan unsur puitis pada sebuah puisi maupun karya sastra lainnya.

Lantas bagaimana dengan penggunaan konotasi pada kehidupan kita sehari-hari? sebenarnya konotasi sering kita pakai. Sebagai referensi saya akan memberikan beberapa contoh kalimat ungkapan yang mengandung makna kiasan.

Contoh Kalimat Konotasi

Setelah mengetahui arti denotasi, arti konotasi dan contoh makna denotasi di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh konotasi dalam kalimat. Setiap contoh kata konotasi dalam kalimat ini akan saya jelaskan tentang maknanya sekaligus. Berikut contohnya yaitu meliputi:

  • Ana belajar dengan setengah hati makanya nilainya menurun. Kata setengah hati maknanya tidak bersungguh sungguh.
  • Akhirnya si jago merah berhasil dipadamkan oleh pemadam kebakaran setelah 4 jam lamanya. Kata jago merah maknanya api kebakaran.
  • Dalam masalah itu terdapat Rika yang dijadikan kambing hitam. Kata kambing hitam maknanya orang yang disalahkan.
  • Dari lubang sumur itu keluar emas hitam. Kata emas hitam maknanya minyak mentah.
  • Usaha Reni gulung tikar karena banyaknya pesaing. Kata gulung tikar maknanya bangkrut.
  • Jangan menggunakan jalan pintas untuk mendapatkan sesuatu, apapun itu bentuknya. Kata jalan pintas maknanya cara yang tidak sesuai aturan.
  • Rina akhirnya gelap mata karena terlalu emosi. Kata gelap mata maknanya hilang kesabaran.
  • Di perusahaan XXX sedang ada liputan berita yang dilakukan oleh beberapa kuli tinta. Kata kuli tinta maknanya wartawan.
  • Hari ini ada upacara untuk memperingati hari dimana para pahlawan telah gugur. Kata gugur maknanya meninggal dunia.

Baca juga : 12 Contoh Puisi Tentang Rumah (Rumahku Istanaku)

  • Banyak aral melintang yang perlu kita lalui sebelum mencapai kesuksesan. Kata aral melintang maknanya rintangan atau hambatan.
  • Eka tidak besar kepala walaupun sudah kaya raya. Kata besar kepala maknanya sombong.
  • Heni selalu menggunakan kepala dingin dalam menyelesaikan sebuah masalah. Kata kepala dingin maknanya sabar atau tenang.
  • Dengan lapang dada Reza menerima semua kejadian yang menimpanya. Kata lapang dada maknanya menerima dengan tabah.
  • Ia tetap berbesar hati menerima kekalahan ini. Kata berbesar hati maknanya mengakui kekalahan.
  • Ina harus banting tulang untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Kata banting tulang maknanya bekerja keras.
  • Pak RT ikut turut tangan untuk menyelesaikan permasalahan antara Bu Rani dan Bu Retno. Kata turut tangan maknanya ikut membantu.
  • Edi adalah tangan kanan bosnya. Kata tangan kanan maknanya orang kepercayaan.

Sekian penjelasan mengenai makna denotasi dan makna konotasi beserta contoh kalimat denotasi dan contoh kalimat konotasi lengkap. Arti denotasi secara singkat ialah makna sebenarnya, sedangkan arti konotasi secara singkat ialah makna yang bukan sesungguhnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *