Pengertian Kondisi Sosial Ekonomi Beserta Ciri dan Strukturnya

Diposting pada

Pengertian Kondisi Sosial Ekonomi Beserta Ciri dan Strukturnya – Kegiatan sosial ekonomi pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari hari karena berkaitan dengan masyarakat. Lantas apa pengertian sosial ekonomi itu? Apa saja ciri ciri kondisi sosial ekonomi itu?Apa saja struktur kondisi sosial ekonomi? Kondisi sosial ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai sebuah pengaturan kedudukan secara sosial dan memberikan seseorang pada penempatan di posisi masyarakat yang tertentu. Dalam pemberikan posisi tersebut terdapat permainan pembawa status yang harus dilakukan dengan dasar kewajiban dan seperangkat hak tertentu. 

Selain itu adapula pengertian kondisi sosial ekonomi lainnya yaitu kedudukan atau kondisi seseorang yang terdapat dimasyarakat sekeliling. Dalam ciri ciri kondisi sosial ekonomi tersebut terdapat batasan khusus dalam pengaturan kedudukan secara sosial sehingga posisi tertentu sosial di masyarakat dapat diberikan kepada seseorang. Dalam hal ini juga mencakup beberapa struktur kondisi sosial ekonomi yang terdapat di dalamnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa posisi yang diberikan dilengkapi dengan seperangkat kewajiban dan hak untuk dilaksanakan oleh pembawa status tersebut. Dalam masyarakat tersebut terdapat tanda keadaan sosial ekonomi yang berupa paguyuban, kekeluargaan, antar satu dengan yang lainnya saling kenal dan sifat kegotong royongan.

Pengertian Kondisi Sosial Ekonomi Beserta Ciri dan Strukturnya
Kondisi Sosial Ekonomi

Dalam masyarakat pedesaan terdapat kehidupan sosial yang berupa nilai sosial, tingkat pendidikan dan interaksi sosial. Kemudian untuk kehidupan ekonominya dapat digambarkan dengan luas harapan tanahnya, tanah yang dimiliki, dan kepemilikan atas rumah tempat tinggalnya. Untuk itulah ada yang menjelaskan pengertian sosial ekonomi sebagai hal yang membudidaya dalam kelompok atau individu, baik berhubungan dengan kebiasaan hidup dan status sosial setiap hari. Pembudidayaan kebiasaan hidup ini dinamakan dengan culture activity. Nah pada kesempaan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kondisi sosial ekonomi beserta ciri ciri kondisi sosial ekonomi dan struktur kondisi sosial ekonomi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Kondisi Sosial Ekonomi Beserta Ciri dan Strukturnya

Pengertian sosial ekonomi ialah kedudukan atau posisi seseorang yang penentuannya berdasarkan pendidikan, pendapatan dan jenis aktivitas ekonomi dalam kelompok masyarakat. Lantas apa saja ciri ciri sosial ekonomi itu? Apa saja struktur sosial ekonomi? Pada dasarnya perbedaan objek pembahasan tersebut sering terjadi pada penjelasan tentang sosial dan ekonomi ini. Manusia dalam konsep sosiologi dapat dinamakan dengan makhluk sosial. Dengan kata lain manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain dan tidak dapat hidup wajar sehingga makna hal yang dibahas ini berkaitan dengan masyarakat.

Baca juga : Pengertian APEC dan Anggota APEC Beserta Tujuan dan Perannya

Sebelum menjelaskan tentang ciri ciri kondisi sosial ekonomi dan struktur kondisi sosial ekonomi. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian kondisi sosial ekonomi. Secara umum kondisi sosial ekonomi dapat diartikan sebagai sebuah pengaturan kedudukan secara sosial dan memberikan seseorang pada penempatan di posisi masyarakat yang tertentu. Selain itu adapula definisi kondisi sosial ekonomi menurut para ahli. Di bawah ini terdapat beberapa para ahli yang mengemukakan arti kondisi sosial ekonomi yaitu sebagai berikut:

Sumardi
Kondisi sosial ekonomi menurut Sumardi dapat diartikan sebagai sebuah pengaturan kedudukan dan penempatan seseorang secara sosial dalam masyarakat dengan posisi tertentu. Posisi yang diberikan ini dilengkapi dengan seperangkat kewajiban dan hal untuk pembawa status sehingga dapat dilaksanakan.

W.S Winke
Pengertian sosial ekonomi menurut W.S Winke ialah sebuah kondisi yang menjelaskan perlengkapan material sendiri dan kemampuan finansial keluarga dengan taraf yang cukup, kurang, ataupun baik.

Mubyarto
Pengertian kondisi sosial ekonomi ialah hal dalam kependudukan yang berkaitan dengan aspek sosial budaya, aspek peluang kerja, aspek sosial dan aspek desa yang berhubungan dengan kelembagaan. Aspek peluang kerja dan ekonomi desa tersebut pada dasarnya berhubungan dengan masalah kesejahteraan yang terdapat dalam masyarakat desa.

Dalam masyarakat baru tersebut terdapat keperluan ekonomi dan kecukupan pangan yang dapat dijangkau jika mereka memperoleh pendapatan rumah tangga yang cukup sehingga pengembangan usaha serta keperluan rumah tangga dapat ditutupi.

Baca juga : Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi, Ciri dan Jenisnya Lengkap

Ciri Ciri Kondidi Sosial Ekonomi

Setelah menjelaskan tentang pengertian sosial ekonomi, selanjutnya saya akan membahas tentang ciri ciri sosial ekonomi. Kondisi sosial ekonomi memiliki ciri ciri di dalamnya yaitu meliputi:

  • Lebih berpendidikan.
  • Memiliki status sosial yang dibuktikan dengan adanya tingkat kesehatan, pekerjaan, kehidupan, pengenalan diri dan prestise terhadap lingkungan.
  • Tingkat mobilitas yang dimiliki lebih besar ke atas.
  • Memiliki ladang yang luas.
  • Memiliki orientasi yang lebih terhadap ekonomi produk komersial.
  • Sikap yang dimiliki lebih berhubungan dengan kredit.
  • Lebih spesifik pekerjaannya.

Dalam pengertian kondisi sosial ekonomi tersebut dijelaskan bahwa didalamnya terdapat aspek peluang kerja dan ekonomi desa yang berhubungan dengan kesejahteraan di masyarakat desanya. 

Faktor Penentu Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat

Selain ciri ciri kondisi sosial ekonomi di atas, adapula faktor yang menentukan kondisi sosial ekonomi dalam masyarakat. Kondisi sosial ekonomi seseorang dapat ditentukan tinggi rendahnya dalam masyarakat dengan memperhatikan beberapa faktor seperti di bawah ini.

  1. Jenis pekerjaan.
  2. Kondisi rumah tangga.
  3. Kepemilikan terhadap kekayaan.
  4. Aktivitas ekonomi.
  5. Tingkat pendidikan.
  6. Tingkat pendapatan.
  7. Tempat tinggal
  8. Jabatan di organisasi.

Faktor penting dalam membuat kesejahteraan bangsa lebih meningkat di masa kolonialisme ialah pendidikan. Dalam hal ini telah dijelaskan dalam pengertian kondisi sosial ekonomi tersebut. Biasanya masyarakat Indonesia pada masa kolonial dapat dikenal sebagai penduduk pribumi yang memiliki kesempatan dalam penyekolahan anak anaknya, meskipun dalam masyarakat terdapat perlakuan yang berbeda, dimana perlakuan ini masih terbatas. Di masa kolonial terdapat perbedaan yang terlihat dari segi pendidikan. Pendidikan tersebut akan berdampak pada pemerolehan pekerjaan bagi peluang masyarakat sehingga kesejahteraan pendapatannya dapat saling berpengaruh.

Baca juga : Pengertian, Tugas dan Fungsi Bank Sentral

Struktur Kondisi Sosial Ekonomi di Era Orde Baru

Setelah menjelaskan tentang pengertian sosial ekonomi, ciri ciri kondisi sosial ekonomi dan faktor penentu kondisi sosial ekonomi di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang struktur sosial ekonomi yang terdapat di era orde baru. Keadaan sosial ekonomi di masa tersebut terjadi pada kabinet ampera. Adapun beberapa struktur ekonomi yang terdapat dalam kondisi sosial ekonomi tersebut ialah meliputi:

  • Pelaksanaan program pembangunan dapat melalui rencana pembangunan selama 5 tahun sehingga lebih sistematis.
  • Jumlah anak yang dapat bersekolah dalam bidang pendidikan akan terus meningkat, walaupun para penduduk tidak semuanya memperoleh. Untuk itu tingkat pendidikan akan lebih diratakan di berbagai tingkat ekonomi dan wilayah.
  • Pembangunan dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah di daerah akan cenderung mengarah pada kepemimpinan yang dipegang secara tunggal oleh Gubernur di daerah tersebut.
  • Di pulau Jawa terdapat dominasi kegiatan ekonomi yang lebih sedikit dibandingkan pulau lain. Hal ini dikarenakan pembangunan memang kurang merata.
  • Masih terlihat kesenjangan antar provinsi dari awal kemerdekaan sampai era reformasi sehingga tingkat harapan hidup, pembangunan, pendapatan dan tingkat pendidikan kita dapat dilihat.
  • Tidak meratanya pembangunan sosial ekonomi mengakibatkan tingginya tingkat kemiskinan yang terjadi di Indonesia.

Dalam pengertian sosial ekonomi dan ciri ciri sosial ekonomi tersebut, struktur sosial ekonomi tidak hanya terdapat dalam masa era orde baru saja. Akan tetapi juga terdapat dimasa pemerintahan Hindia Belanda. Adapun beberapa struktur kondisi sosial ekonomi di masa pemerintahan Hindia Belanda yaitu sebagai berikut:

  • Terdapat perlakuan yang berbeda dalam fasilitas pendidikan sepertii pelaksanaan politik etis yang diperbaiki dan perbedaan fasilitas untuk masyarakat dibandingkan kelompok timur asing India, Eropa, Tiongkok serta Arab.
  • Diantara masyarakat non pribumi dan pribumi terdapat kesenjangan ekonomi seperti perbedaan ekologi, dualisme perekonomian, dan hubungan diantara negara maju.

Sekian penjelasan mengenai pengertian kondisi sosial ekonomi beserta ciri ciri kondisi sosial ekonomi dan struktur kondisi sosial ekonomi. Kondisi sosial ekonomi merupakan kedudukan atau kondisi seseorang yang terdapat dimasyarakat sekeliling. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *