Sejarah Terbentuknya Benua Australia Lengkap

Diposting pada

Sejarah Terbentuknya Benua Australia Lengkap – Apakah anda tahu bagaimana sejarah berdirinya benua Australia itu? Sejarah benua Australia pada umumnya berhubungan dengan beberapa hal di dalamnya. Pengertian benua secara umum ialah dataran luas yang kering dibagian tengahnya, karena tidak dipengaruhi oleh angin laut lembab maupun basah. Di sekeliling benua ini pada umumnya terdiri dari beberapa samudera luas. Di dunia ini terdapat beberapa benua di dalamnya seperti benua Afrika, benua Amerika Selatan, benua Australia, benua Asia, benua Eropa, benua Amerika Utara, dan benua Antartika. Benua Asia ialah benua terluas di dunia yang besarnya 44.579.000 km².

Disisi lain adapula benua Australia yang termasuk benua paling kecil dengan wilayah yang luas sekitar 9.008.500 km². Apakah anda tahu bagaimana sejarah terbentuknya benua Australia itu? Kemudian adapula benua Antartika yaitu benua yang paling sedikit penghuninya. Hal ini dikarenakan suhu dan kelembaban yang dimiliki oleh benua ini memang cukup rendah. Untuk itulah benua Antartika ini hampir seluruh bagiannya tertutup es. Pada dasarnya sejarah berdirinya benua Australia memang cukup pajang. Awal sejarah panjang ini berhubungan dengan Suku Aborigin yang datang ke daratan besar ini untuk bermigrasi.

Sejarah Terbentuknya Benua Australia Lengkap
Sejarah pada Benua Australia

Dalam sejarah benua Australia juga terdapat kisah berdarah, seperti mayoritas dari sejarah manusia. Terjadinya sejarah berdarah ini berlangsung saat Australia dibentuk menjadi negara maupun masa kolonialisme. Untuk itulah suku Aborigin berhubungan dengan sejarah berdarah dari benua Australia. Di benua ini hanya terdapat datu negara saja yakni Australia, dimana namanya Commonwealth of Australia. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah terbentuknya benua Australia lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sejarah Terbentuknya Benua Australia Lengkap

Sejarah berdirinya benua Australia yang berdarah memang berhubungan dengan suku Aborigin. Dalam benua ini terdapat negara Australia dengan beberapa wilayah didalamnya seperti pulau Tasmania, benua Australia dan beberapa pulai kecil di sekelilingnya. Benua Australia memiliki wilayah yang berbatasan dengan selatan Indonesia. Sebelum terbentuk menjadi beberapa wilayah tentunya tidak terlepas dari adanya sejarah benua Australia itu.

Baca juga : Latar Belakang Perjanjian Saragosa Beserta Isinya Lengkap

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa sejarah berdirinya benua Autralia tidak terlepas dari beberapa hal terdapat di dalamnya. Lantas bagaimana sejarah terbentuknya benua Australia itu? Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai sejarah benua Australia yaitu sebagai berikut:

Suku Aborigin

Seperti yang telah saya jelaskan bahwa sejarah pada benua Australia berhubungan dengan suku aborigin. Benua Australia pada awalnya bukan daerah yang dapat manusia tempati. Orang pertama yang menempati benua tersebut ialah suku Aborigin ini. Ketika benua Australia ini didatangi oleh suku ini menggunakan perahu, maka inilah yang menjadi awal dari sejarah benua tersebut. Mereka datang dengan rute melewati Asia Tenggara. Mereka datang pada waktu terjadinya zaman es yang terakhir. Waktunya diperkirakan sekitar tahun 50.000 yang lalu.

Mata pencaharian orang Aborigin ialah pemburu dan pengumpul makanan. Orang orang tersebut terdiri dari 300 klan, dimana bahasa yang digunakan sebanyak 250 bahasa. Penggunaan 250 bahasa tersebut memakai 700 dialek. Menurut sejarah terbentuknya benua Australia terdapat masing masing klan suku Aborigin yang berhubungan dengan spiritual dari tanah keramatnya. Meski begitu perjalanan jauh tetap dilakukannya untuk mencari hasil bumi, mencari air, pertemuan totemik, ritual dan berdagang. Suku Aborigin memiliki kepercayaan yang berupa alam magis abadi bernama Dreamtime.

Suku Aborigin dalam sejarah benua Australia melakukan beberapa pengelompokan linguistik. Hal ini dilakukan agar cara berbudaya di masing masing sukunya dapat diperlihatkan, walaupun setiap klan suku Aborigin memiliki budaya yang terkadang sama. Dikala itu 72% orang Aborigin menurut sensus Australia menerapkan ajaran agama kristen. Kemudian 16% diantaranya tidak memiliki agama apapun yang dianut dan sisanya menganut agama Islam. Suku Aborigin yang berupa suku Yolngu Aborigin memiliki hubungan dekat dengan para pelaut Makassar sebagai wakil bangsa Indonesia. 

Baca juga : 11 Tari Daerah Kalimantan Barat Beserta Penjelasannya Lengkap

Pelaut Makassar melakukan perjalanan untuk berdagang sehingga kedekatannya dengan suku Yolngu berawal ketika melakukan perdagangan. Wilayah suku Aborigin didatangi oleh pelaut Makassar karena ingin memperoleh komoditi berupa tripang. Komoditi laut pada saat itu dijadikan sebagai primadona dikalangan pedagang Cina. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam sejarah terbentuknya benua Australia dijelaskan bahwa disekeliling benua tersebut terdapat tripang yang banyak. Tidak heran jika setiap hari suku Aborigin memanennya untuk mencukupi kebutuhan. Para pelaut Makassar membeli tripang tersebut melalui sistem barter seperti dengan baju, kapak, senapan, pisau, beras ataupun tembakau. 

Berlangsungnya hubungan dagang antara suku aborigin dengan pelaut Makassar memang terjadi pada ratusan tahun. Pada akhirnya hubungan tersebut menyebabkan budaya suku Aborigin menjadi bercampur antar rasnya. Terjadinya pencampuran budaya ini dapat berbentuk ritual upacara adat, nyanyian, bahasa, seni, maupun mitologi. Pencampuran budaya diantara keduanya ini sangat terlihat pada penggunaan bahasa sehari hari. Hal ini dikarenakan beberapa kata yang digunakan mengandung serapan dari pelaut Makassar. Misalnya balanda yang artinya orang berkulit putih, balanydja artinya membeli jasa atau barang, rupiya artinya uang, prau artinya perahu dan manik manik artinya kalung.

Kolonialisasi Inggris

Sejarah berdirinya benua Australia selanjutnya berhubungan dengan kolonialisasi Inggris. Di benua Australia terdapat beberapa negara penjajah yang telah tercatat yaitu bangsa Inggris. Australia didatangi oleh mereka ketika benua ini ditemukan oleh James Cook untuk keperluan Inggris. Tetapi sebelum Australia didatangi oleh Cook, benua ini telah dijelajahi oleh orang Eropa. Australia pertama kali ditemukan oleh orang Eropa yang asalnya dari Belanda bernama Willem Janszoon. Willem Janszoon ialah gubernur benteng yang letaknya di pulau Solor. 

Baca juga : Aturan Tanam Paksa Belanda di Indonesia Tahun 1830 Lengkap

Dalam sejarah terbentuknya benua Australia dijelaskan bahwa Australia dilewati oleh Janszoon sebanyak dua kali. Beliau pertama kali datang pada tanggal 18 November 1605 saat ia dan pasukannya melakukan perjalanan ke Papua barat melalui Banten. Jalan yang diambil olehnya menuju Teluk carpentaria melalui Laut Arafura. Namun ia malah sampai di Queensland melalui jalur tersebut. Janszoon tetap mengira bahwa tanah yang dijejakinya ialah wilayah Papua untuk ekspedisi yang akan dilakukan bersama dengan krunya. 

Dalam sejarah benua Australia di jelaskan bahwa mereka bertemu suku Aborigin ditengah ekspedisi, namun sikapnya tidak begitu ramah. Pertemuan tersebut membuat sebagian kru Janszoon menjadi mati. Pada akhirnya Janszoon ingin kembali menuju Banten. Pulau ini diberikan nama dengan istilah Nieu Zeeland, dimana memperoleh inspirasi dari negara Zeeland di Belanda. Tetapi ini tidak digunakan dan disebut sebagai benua Australia. Penamaan ini digunakan ketika daratan New Zeeland ditemukan oleh Abel Tasman. Pada tahun 1618, Janszoon tak sengaja datang lagi ke Australia setelah kedatangannya yang pertama. Ia sampai di Australia bagian pesisir barat. 

Ekspedisi yang dilakukan oleh Janszoon kemudian dilanjutkan oleh bangsa Eropa sampai tahun 1800an. Kemudian Australia didatangi oleh Dirk Hartog sebagai orang kedua pada tahuan 1616 dan sampai di Australia bagian barat di kota Shark Bay Area. Dalam sejarah terbentuknya benua Australia ini terdapat penjelasan bahwa Jacob d’Edel mengikuti Frederick de Houtman yang datang ke benua ini ketika melakukan ekspedisi. Kemudian pada tahun 1619, keduanya datang ke Australia pada tanggal yang berbeda dan menggunakan kapal yang berbeda pula. Tetapi tempat pendaratan mereka hampir sama yaitu didekat Perth.

Benua Australia Menjadi Negara

Sejarah benua Australia selanutnya berhubungan dengan masa ketika benua ini dijadikan sebagai negara. Benua ini dijadikan sebagai negara atas kesepakatan dari enam negara bagian dibawah naungan konstitusi. Setelah itu dilakukan pembuatan perundang undangan yang pertama bernama White Australia Policy. Isi perundang undangan ini ialah hanya orang berkulit putih Eropa saja yang dapat melakukan migrasi. Namun kebijakan ini dihapus setelah terjadinya perang dunia kedua. Pada akhirnya banyak imigran yang ada di Australia sekitar 200 negara didalamnya.

Pada tanggal 1 Januari 1901, benua Australia dijadikan sebagai satu negara. Namun pada abad ke 20 awal terdapat peperangan besar yaitu perang dunia pertama yang juga diikuti oleh negara Australia ini. Negara ini ikut serta dalam peperangan karena termasuk dalam naungan negara Inggris sebagai negara permakmuran. Pada akhirnya dikala itu terjadi krisis laki laki karena perang dunia pertama ini. Saat terjadinya perang dunia pertama pada tahun 1914 hanya terdapat penduduk laki laki yang jumlahnya sekitar 3 juta orang. Namun terdapat beberapa lelaki yang sukarela bertempur sebanyak 400.000 orang dan di medan perang terdapat kurang lebih 60.000 lelaki Australia yang gugur. Inilah yang terjadi dalam sejarah terbentuknya benua Australia ketika dijadikan negara.

Pada tahun 1929, negara ini dihujani oleh depresi besar karena banyak lembaga keuangan yang tumbang di benua ini dan mulai bertambah pula orang miskin disana. Tetapi disisi lain masih ada sarana hiburan di tengah himpitan ekonomi yang berupa olahraga. Di kala itu pelipur lara berhasil dilakukan oleh para atlet olahraga kriket dan kuda pacu. Kemudian saat perang dunia keduapun, tentara Australia juga dikirimkan lagi. Keikutsertaan ini memiliki alasan yang sama dengan pengiriman tentara pada perang dunia pertama. Menurut sejarah dn peristiwa besar ini menyebutkan bahwa kemenangan sekutu memiliki peran yang besar dari Australia.

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah terbentuknya benua Australia lengkap. Sejarah benua Australia pada awalnya berhubungan dengan suku Aborigin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi sejarah berdirinya benua Australia di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *