Rumus Kelajuan dan Kecepatan Beserta Perbedaannya

Diposting pada

Rumus Kelajuan dan Kecepatan Beserta Perbedaannya – Apa pengertian kelajuan itu? Apa pengertin kecepatan itu? Apa perbedaan kelajuan dan kecepatan itu? Bagaimana rumus kecepatan? Dalam ilmu Fisika tentunya kita pernah mendengar istilah mengenai kecepatan dan kelajuan. Kedua istilah ini sering disamakan artinya. Meski bentuk rumusnya hampir sama. Namun keduanya sebenarnya tidak sama, mulai dari pengertian hingga beberapa rumus yang digunakan.

Kelajuan suatu objek dalam ilmu kinematika dapat diartikan sebagai magnitudo atau besarnya kecepatan dari objek itu sendiri. Materi kelajuan dan kecepatan ini tentunya ada beberapa hal yang dibahas seperti pengertian, rumus dan perbedaan. Pembahasan ini dapat berupa pengertian kelajuan, pengertian kecepatan, rumus kelajuan, rumus kecepatan, serta perbedaan kelajuan dan kecepatan. Secara umum kecepatan memang dapat diartikan sebagai besaran vektor yang mempunyai arah dan besar.

Rumus Kelajuan dan Kecepatan Beserta Perbedaannya
Kelajuan dan Kecepatan

Kecepatan dan kelajuan sebenarnya memiliki pengertian yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan kelajuan dan kecepatan sering disama artikan karena rumus keduanya hampir sama. Lalu apa perbedaan kelajuan dengan kecepatan itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus kelajuan dan rumus kecepatan beserta perbedaan kelajuan dan kecepatan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Kelajuan dan Kecepatan Beserta Perbedaannya

Dalam kehidupan sehari hari tentunya kita sering mendengar istilah mengenai kecepatan dan kelajuan. Materi kelajuan dan kecepatan ini sering dibahas dalam ilmu Fisika. Selain itu materi ini juga sering muncul dalam soal soal ujian Fisika, baik ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester. 

Baca juga : Contoh Soal Gelombang Mekanik Beserta Pembahasan

Apa yang dimaksud kelajuan itu? Apa yang dimakud kecepatan itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal kelajuan itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal kecepatan itu? Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai rumus kelajuan, rumus kecepatan serta perbedaan kelajuan dan kecepatan yaitu:

Kelajuan

Hal pertama yang akan saya bahas disini ialah materi kelajuan. Apa yang dimaksud kelajuan itu? Pengertian kelajuan dalam kinematika ialah magnitudo atau besarnya kecepatan pada objek. Maka dari itu kelajuan termasuk dalam besaran skalar. Kemudian dalam materi ini juga terdapat istilah mengenai kelajuan sesaat. Definisi kelajuan sesaat ialah limit di selang waktu dalam kecepatan rata rata yang mendekati nol. Kelajuan tidak mempunyai arah, sedangan kecepatan mempunyai arah. Di bawah ini terdapat pengertian kelajuan rata rata dan kelajuan sesaat secara detail yaitu:

  • Kelajuan rata rata ialah jarak benda secara total yang dapat ditempuh ketika melakukan gerakan dalam waktu tertentu.
  • Kelajuan sesaat ialah kelajuan rata rata yang mendekati nol waktu tempuhnya.

Rumus Kelajuan

Setelah membahas tentang pengertian kelajuan tersebut. Kemudian saya akan menjelaskan tentang rumus materi kelajuan. Kelajuan secara umum dapat dirumuskan seperti di bawah ini:

v = s/t

Keterangan:
v = Kelajuan
s = Total jarak tempuh
t = Total waktu

Baca juga : Pengertian Gaya Normal Beserta Rumus dan Contoh Soalnya

Rumus Kelajuan Rata Rata

v = s/t = s2 + s1 / t2 – t1

Keterangan:

v = Kelajuan
s = Total jarak tempuh
t = Total waktu
s1 = Titik awal
s2 = Titik ahir
t1 = Waktu akhir

Kecepatan

Setelah membahas tentang materi kelajuan di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang materi kecepatan. Apa yang dimaksud kecepatan itu? Pengertian kecepatan ialah perubahan posisi yang berguna untuk fungsi waktu. Kecepatan ini termasuk dalam besaran vektor yang mempunyai arah dan besar. Selain itu adapula definisi kecepatan rata rata dan kecepatan sesaat yaitu sebagai berikut:

  • Kecepatan rata rata ialah total perpindahan sebuah benda yang ditempuh dalam waktu tertentu ketika melakukan gerakan.
  • Kecepatan sesaat ialah kecepatan rata rata yang mendekati nol dalam selang waktunya.

Rumus Kecepatan

Setelah menjelaskan tentang pengertian kecepatan di atas. Selanjutnya saya akan membagikan rumus materi kecepatan. Rumus ini tentunya hampir sama dengan rumus kelajuan, walaupun pengertian keduanya berbeda. Kecepatan secara umum dapat dirumuskan dalam bentuk persamaan seperti di bawah ini:

v = Δr/Δt

Keterangan:
v = Kelajuan
Δr = Perpindahan
Δt = Interval

Baca juga : Pengertian Gelombang Mekanik, Jenis, Rumus dan Contohnya

Kecepatan Tidak Tetap
Ketika terjadi fluktuasi kecepatan, maka akan terdapat unsur kecepatan awal dan kecepatan akhir di dalamnya. Kecepatan ini akan mengalami laju perubahan dari awal sampai akhir yang dinamakan dengan percepatan. Adapun rumus kecepatan tidak tetap yaitu:

v = v0 + at
v² = v0² + 2aS
S = v0t + ½at²

Keterangan:
v0 = Kecepatan awal
v = Kecepatan akhir
t = Waktu
a = Percepatan
S = Jarak perpindahan

Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan

Setelah menjelaskan tentang pengertian kelajuan, rumus kelajuan, pengertian kecepatan dan rumus kecepatan di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang perbedaan kelajuan dengan kecepatan. Kelajuan termasuk besaran skalar yang mengarah pada besar sebuah magnitudo atau tindakan saja. Sedangkan kecepatan termasuk besaran vektor yang merujuk pada arah dan besar tindakan tersebut. 

Perbedaan kelajuan dan kecepatan dapat kita lihat dalam contoh pengucapannya. Misalnya Ani bergerak dengan kelajuan 6 meter per detik (kelajuan) dan Ani bergerak dalam kecepatan 6 meter per detik ke arah selatan (kecepatan). Dalam kelajuan tidak menggunakan arah karena menggunakan rumus Fisika untuk perhitungannya, sedangan kecepatan menggunakan arah yang membuatnya menjadi besaran komprehensif. Kelajuan dan kecepatan ini sebenarnya memiliki perbedaan yang sederhana yaitu kelajuan tidak mempunyai arah dan kecepatan mempunyai arah.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus kelajuan dan rumus kecepatan beserta perbedaan kelajuan dan kecepatan. Kelajuan dan kecepatan tersebut merupakan dua hal yang berbeda, meskipun banyak orang yang menyamakan arti kedua istilah ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.