Contoh Soal Belah Ketupat (Luas dan Keliling) Lengkap

Diposting pada

Contoh Soal Belah Ketupat (Luas dan Keliling) Lengkap – Belahketupat adalah bentuk bangun datar yang hampir sama seperti layang-layang. Perbedaan paling mencolok terletak pada panjang sisi serta diagonalnya. Mengetahui perbedaan ini lantas apakah rumus luas keliling dua bagun tersebut juga berbeda?

Pengertian belah ketupat sendiri adalah bangun datar yang terdiri dari dua pasang sudut bukan siku siku (besar sudut berhadapan tersebut sama) dan empat sisi yang panjangnya sama. Belah ketupat dalam bahasa Inggris berarti “Rhombus”. 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa belah ketupat sering disamakan dengan bangun layang layang. Akan tetapi kedua bangun ini sebenarnya berbeda apabila ditinjau dari segi fisiknya. Materi belah ketupat tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita. Materi ini berisi pembahasan mengenai rumus luas belah ketupat, rumus keliling belah ketupat, contoh soal luas belah ketupat dan contoh soal keliling belah ketupat. Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal belah ketupat itu?

Contoh Soal Belah Ketupat (Luas dan Keliling) Lengkap

Secara umum belah ketupat memiliki beberapa sifat di dalamnya. Sifat sifat belah ketupat tersebut dapat berupa keempat sisinya memiliki panjang sama, memiliki dua diagonal yang saling tegak lurus. sudut yang dibentuk oleh dua diagonal tegak lurus ini besarnya 90° (siku siku), dan besar sudut yang berhadapan sama.

Kalian bisa menjumpai berbagai pembahasan rumus luas maupun kelilingnya pada buku LKS. Berbagai variasi model soal belah ketupat pun biasanya diberikan guru sebagai bentuk latihan. Mengapa demikian? karena tak sedikit siswa yang terjebak karena tak hafal rumus hitungnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal belah ketupat lengkap, baik contoh soal luas belah ketupat maupun contoh soal keliling belah ketupat.

Gambar Belah Ketupat

Sebelum membagikan contoh soal luas belah ketupat dan contoh soal keliling belah ketupat. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai rumus belah ketupat yang digunakan. Adapun rumus luas belah ketupat dan rumus keliling belah ketupat yaitu meliputi:

Keliling Belah Ketupat = s + s + s + s
Luas Belah Ketupat = ½ x d1 x d2

Keterangan:
s = Sisi belah ketupat
d1 = Diagonal 1
d2 = Diagonal 2

Contoh Soal Belah Ketupat (Luas dan Keliling) Lengkap
Gambar Bangun Belah Ketupat

Baca juga : Contoh Soal Pertidaksamaan Eksponen Beserta Cara Menyelesaikannya

Contoh Soal Belah Ketupat

Setelah menjelaskan sedikit tentang rumus luas belah ketupat dan rumus keliling belah ketupat di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal luas belah ketupat dan contoh soal keliling belah ketupat. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Tentukan keliling belah ketupat yang sisinya memiliki panjang 8 cm?

Pembahasan.
Contoh soal belah ketupat ini dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
Keliling = s + s + s + s
               = 8 + 8 + 8 + 8
               = 32 cm

2. Diketahui diagonal belah ketupat panjangnya 9 cm dan 8 cm. Tentukan luas belah ketupat tersebut?

Pembahasan.
Contoh soal luas belah ketupat tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
d1 = 9 cm
d2 = 8 cm

Maka,
Luas = ½ x d1 x d2
          = ½ x 9 x 8
          = 36 cm²

Baca juga : Rumus Pertidaksamaan Logaritma dan Contoh Soalnya

3. Diketahui keliling belah ketupat 24 cm. Tentukan panjang sisi belah ketupat tersebut?

Pembahasan.
Contoh soal belah ketupat ini berisi cara mencari keliling di dalamnya. Adapun cara menyelesaikan contoh soal keliling belah ketupat yaitu:
Keliling = 4 x s
          24 = 4 x s
             s = 24/4
             s = 6 cm
Jadi panjang sisi belah ketupat tersebut ialah 6 cm.

4. Diketahui luas belah ketupat 25 cm². Jika panjang salah satu diagonalnya 5 cm, maka tentukan panjang diagonal lainnya pada belah ketupat tersebut?

Pembahasan.
Contoh soal luas belah ketupat tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
Luas = 25 cm²
d1 = 5 cm

Maka,
Luas = ½ x d1 x d2
     25 = ½ x 5 x d2
     d2 = 10 cm
Jadi panjang diagonal lainnya pada belah ketupat tersebut ialah 10 cm.

Sekian contoh soal belah ketupat lengkap, baik contoh soal luas belah ketupat maupun contoh soal keliling belah ketupat yang dapat saya bagikan. Belah ketupat merupakan bangun datar yang terdiri dari dua pasang sudut bukan siku siku (besar sudut berhadapan tersebut sama) dan empat sisi yang panjangnya sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok