Peta Benua Asia Lengkap Dengan Batas Wilayah dan Negara Negaranya

Diposting pada

Peta Benua Asia Lengkap Dengan Batas Wilayah dan Negara Negaranya – Di dunia terdapat peta benua yang paling besar karena luasnya sampai 44.579.000 km² yaitu peta asia. Menurut perkiraan benua Asia memiliki kepadatan penduduk 87/km² dan jumlah penduduknya sekitar 4 miliar. Maka dari itu benua Asia dijadikan sebagai salah satu benua terbesar dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Lantas bagaimana batas wilayah benua Asia itu? Apa saja nama negara di benua Asia?

Biasanya dalam peta benua Asia terdapat beberapa komponen alam seperti hutan, padang pasir, gunung, iklim, pantai dan lain lain. Menurut sejarah, wilayah Asia adalah tempat berbagai jenis agama yang lahir di dunia seperti Agama Bumi dan Agama Samawi. Dalam agama Bumi terdapat jenis agama Hindu sedangkan agama Samawi mencakup jenis agama Yahudi, Islam dan Nasrani. Maka dari itu di berbagai wilayah Asia banyak sekali tempat tempat suci yang ditemukan.

Gambar Peta Asia
Gambar Peta Asia

Di seluruh wilayah Asia telah menyebar berbagai jenis kebudayaan dan suku yang jumlahnya paling banyak di dunia. Maka dari itu di setiap negara bagian atau negara di dalamnya banyak sekali penemuan suku suku yang berbeda. Selain itu benua Asia juga terkenal dengan keberagaman bahasa yang digunakannya. Hal ini terlihat dari bahasa yang digunakan dalam negara itu sendiri ataupun di setiap negara bagian. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang peta benua Asia lengkap dengan batas wilayah benua Asia dan negara negara di benua Asia. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peta Benua Asia Lengkap Dengan Batas Wilayah dan Negara Negaranya

Benua Asia memiliki sejarah petanya yang berhubungan dengan sejarah pertama kali membuat peta di dunia. Pada tahun 900 – 600 SM, kaum Babilonia pertama kali membuat peta dunia. Peta tersebut menggambarkan di bagian tengah wilayah Babilonia terdapat Assyria (daratan) yang mengelilinginya dan terciptalah tujuh bintang dari tujuh pulau. Kemudian pada tahun 550 – 476 SM setelah berabad abad kemudian, Hecateus Miletus kembali membuat peta. Dalam peta ini terdapat wilayah Eropa dan Asia yang diidentifikasi berupa gambaran kasar.

Gambar Peta Asia Lengkap
Gambar Peta Asia Lengkap

Baca juga : Cara Membuat Peta Wilayah Dengan Menggunakan Kompas Terlengkap

Gambar Peta Benua Asia Hitam Putih
Gambar Peta Benua Asia Hitam Putih

Kemudian Pomponius Mela membuat peta dunia baru pada tahun 43 M yang menjelaskan wilayah Eropa dan Asia. Tetapi peta tersebut belum akurat. Perkembangan peta dunia terus berlanjut sampai pada abad ke 12 – 15 M tercipta peta terakurat yang dibuat oleh seorang ahi geografi dari Arab bernama Muhammad Al Idrisi. Di dalam peta ini terdapat penjabaran wilayah Afrika, Asia, dan Eropa. Kemudian Abraham Ortelius kembali membuat peta dunia pada tahun 1570 yang berisi penjabaran luas tentang wilayah benua Australia dan Amerika.

Pada tahun 1718 M, Henri Chatelain mengembangkan peta dunia yang sangat akurat setelah melakukan penjelajahan sehingga didalamntya tedapat beberapa komponen lengkap dengan nama nama negaranya. Karena perkembangan inilah yang pada akhirnya menciptakan peta dunia dengan bentuk Atlas yakni buku berisi peta peta di seluruh dunia. Seperti halnya peta benua Asia dan sebagainya. Bahkan sekarang telah ada Google Maps sebagai inovasi peta dunia yang lebih moderan dengan akses melalui seluler.

Batas Wilayah Benua Asia

Peta Asia memiliki batas tertentu yang membagi wilayah wilayah di dalamnya. Batas wilayah Asia dengan Eropa tergolong sulit ditentukan karena terdapat beberapa negara yang kadang masuk ke wilayah Benua Eropa ataupun Asia, misalnya saja Turki. Kedua benua ini juga dipisahkan dengan beberapa bentang alam seperti Laut Marmara, Sela Bosporus, Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Yral sampai Novaya Semlya, Selat Dardanella, Laus Kaspia, Sungai Emba atau Sungai Ural dan Laut Hitam.

Batas wilayah Benua Asia berhubungan langsung dengan Benua Eropa. Selain itu Asia juga berbatasan dengan Benua Afrika secara langsung di sekitar Terusan Suez melalui jalur darat. Adapun penjabaran batas wilayah peta Benua Asia yaitu sebagai berikut:

  • Wilayah Timur meliputi Selat Bering dan Samudera Pasifik.
  • Wilayah Barat meliputi Laut Tengah, Laut Kaspia, Pegunungan Ural, Laut Hitam, Sungai Ural, dan Laut Merah.
  • Wilayah Utara meliputi Samudera Arktik.
  • Wilayah Selatan meliputi Samudera Hindia.

Baca juga : Keterkaitan Sarana Transportasi Dengan Aglomerasi Industri Lengkap

Negara Negara di Benua Asia

Setelah membahas tentang peta Benua Asia dan batas wilayah Benua Asia di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang negara negara di Asia. Wilayah Asia memiliki beberapa kawasan yang mencakup negara negara di dalamnya seperti kawasan Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Barat, Asia Tenggara dan Asia Timur. Berikut penjelasan selengkapnya:

Asia Barat

Negara di Benua Asia yang pertama akan saya jelaskan berada di kawasan Asia Barat. Di dalam kawasan ini terkenal sebagai wilayah dengan kebudayaan dan kehidupan Islam yang kuat. Kawasan Asia Barat memiliki sebagian besar daerah yang berupa padang pasir dan gurun. Selain itu di dalamnya juga banyak tempat ibadah umat Islam (masjid) yang banyak ditemukan. Adapun beberapa nama negara di Asia Barat yaitu sebagai berikut:

  1. Arab Saudi
  2. Armenia
  3. Azerbaijan
  4. Bahrain
  5. Irak
  6. Iran
  7. Kuwait
  8. Lebanon
  9. Oman
  10. Palestina
  11. Qatar
  12. Turki
  13. Siprus
  14. Suriah
  15. Uni Emirat Arab
  16. Yaman
  17. Yordania

Asia Tengah

Negara di Benua Asia selanjutnya berada di kawasan Asia Tengah. Di dalam peta Benua Asia di kawasan tengah ini banyak negara yang didominasi dari bekas pecahan Uni Soviet di masa lalu. Sistem pemerintahan yang berkembang di negara ini bersifat berdiri sendiri dengan kultur yang sendiri pula. Adapun beberapa nama negara di Asia Tengah yaitu sebagai berikut:

  1. Kazakstan
  2. Kirgiztan
  3. Rusia
  4. Tajikistan
  5. Turkmenistan
  6. Uzbekistan

Asia Timur

Negara di Benua Asia selanjutnya berada di kawasan Asia Timur. Di dalam peta Benua Asia di kawasan timur ini terkenal dengan negara negara yang maju. Hal ini dikarenakan negara dikawasan Asia Timur dapat mudah memperoleh barang impor dan teknologi yang canggih. Adapun beberapa nama negara di peta Asia Timur yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya

  1. China
  2. Jepang
  3. Korea Selatan
  4. Mongolia
  5. Korea Utara

Asia Selatan

Negara di Asia selanjutnya berada di kawasan Asia Selatan. Di dalam peta Asia di kawasan Selatan ini melintasi Dataran Tinggi Tibet maupun Pegunungan Himalaya. Di wilayah Asia selatan terdapat pegunungan pegunungan yang menghimpit daerah tersebut sehingga pemandangannya sangat indah. Adapun beberapa nama negara di kawasan Asia Selatan yaitu sebagai berikut:

  1. Afghanistan
  2. Bangladesh
  3. Bhutan
  4. India
  5. Maladewa
  6. Nepal
  7. Pakistan
  8. Sri Langka

Asia Tenggara

Negara di Benua Asia selanjutnya berada di kawasan Asia Timur. Di dalam peta Benua Asia di kawasan timur ini banyak negara Kepulauan yang ditemukan seperti negara Indonesia. Di kawasan Asia Tenggara terdapat organisasi ASEAN yang dibentuk dari beberapa negara tersebut. Adapun beberapa nama negara di Asia Tenggara yaitu sebagai berikut:

  1. Brunei Darussalam
  2. Filipina
  3. Indonesia
  4. Kamboja
  5. Laos
  6. Malaysia
  7. Myanmar
  8. Singapura
  9. Thailand
  10. Vietnam

Sekian penjelasan mengenai peta benua Asia lengkap dengan batas wilayah benua Asia dan negara negara di benua Asia. Dalam peta Asia terdapat beberapa kawasan yang memiliki negara negara di dalamnya seperti kawasan Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Barat, Asia Tenggara dan Asia Timur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Sejarah Kerajaan Tarumanegara Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.