Lowongan Kerja Lulusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) SMK

Diposting pada

Lowongan Kerja Lulusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) SMK – SMK memang sangat banyak diminati sebagai bidang study lanjut setelah lulus SMP. Menurut saya pribadi, sekolah kejuruan memang pilihan tepat bagi siswa karena seluruh pembelajarannya berkenaan langsung dengan pekerjaan. Hal ini pun sesuai dengan visi misi SMK yakni untuk mencetak lulusan berkualitas dan siap langsung kerja.

Secara garis besar sekolah kejuruan memang menyediakan berbagai opsi jurusan ketika kita masuk ke dalamnya. Salah satunya adalah teknik komputer dan jaringan yang notabenya cukup populer. Banyak loker lulusan TKJ yang menawarkan berbagai privilege seperti gaji tinggi, kerja ringan, dan lingkungan menyenangkan. Tapi pilihan tersebut kembali lagi pada pribadi masing-masing siswa karena memilih jurusan harus disesuaikan dengan minat dan bakat.

Lowongan Kerja Lulusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) SMK
Lowongan Kerja Lulusan TKJ SMK

Jurusan yang akan saya bahas pada artikel  ini adalah jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan). TKJ merupakan salah satu dari sekian jurusan yang paling digemari oleh siswa. Jurusan ini memang terkenal banyak siswi ketimbang siswanya. Namun sebenarnya itu tidak masalah, karena yang paling penting adalah semangat siswa-siswa untuk mengenal lebih jauh mengenai materi kejuruan TKJ.

Saya sebagai siswa TKJ merasa senang bisa masuk ke jurusan ini. Entah saya tidak tahu apa alasannya, yang pasti saya sangat senang. Sejak saya masih SD memang sudah suka dengan komputer, jadi tidak salah saya masuk jurusan Teknik Komputer Jaringan pada study SMK ini.

Lowongan Kerja Lulusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) SMK

Sebagai siswa TKJ, setelah lulus nanti saya berniat mencari pekerjaan yang sesuai dengan apa yang telah saya pelajari di sekolah. Dan sangat banyak sekali lowongan-lowongan yang bisa dimasuki oleh lulusan TKJ. Karena materi-materi TKJ yang memang bisa dibilang banyak, maka bisa digunakan sebagai bekal dalam mencari pekerjaan nantinya. 

Kalau melihat info lowongan kerja lulusan TKJ di internet memang sangat banyak sekali. Seperti yang saya temukan disuatu website yang mungkin saja memang benar sekali informasinya, karena lulusan TKJ mempunyai prospek bekerja seperti berikut:

  1. Junior Office Operator
  2. Help Desk
  3. Senior Office Operator
  4. Junior Technicial Support
  5. Technicial Support
  6. Junior Network Administrator
  7. Network Administrator
  8. Junior System Administrator
  9. System Administrator
  10. Dan masih banyak lagi.
Baca Juga  7 Layer OSI (Lapisan OSI Layer), Fungsi, Pengertian, dan Penjelasannya

Nah, namun selain prospek kerja diatas. Anda bisa membangun usaha sendiri selepas lulus dari SMK. Mengingat materi yang diberikan dan dibahas di SMK memang sangat banyak. jadi sangat mendukung sekali sebagai bekal membuat usaha sendiri.

Anda bisa melakukannya di rumah saja, namun kalau mau lebih mantap ya membuka toko. Saat saya PKL sedikit mendapat cerita dari Boss tempat PKL yang pada intinya “Bekerja/Membuka usaha sendiri lebih menyenangkan daripada bekerja dengan orang, karena jika bekerja sendiri suasananya lebih santai” kira-kira seperti itu.

Memang benar jika membuka usaha sendiri lebih santai dalam menjalani pekerjaannya. Namun kalian harus memiliki modal berupa materi dan juga mental untuk menjalankan rencana tersebut. Padahal membuka usaha tidaklah semudah membalik telapak tangan dan prosesnya pun sangat panjang.

Jika kalian mencari info lowongan kerja lulusan TKJ dan memilih bekerja pada orang memang sangat banyak sekali aturan dasar yang wajib kita patuhi. Nah, kalau bekerja sendiri kan terserah mau membuat peraturan seperti apa saja ya tidak ada yang melarang.

Jadi, memang setelah lulus tidak bisa langsung membuka usaha sendiri melainkan harus mencari modal dengan cara bekerja terlebih dahulu. Nah, nanti setelah kira-kira sudah terkumpul modalnya baru membuat usaha sendiri. Semoga kita semua sebagai lulusan SMK bisa sukses bersama-sama. Semoga bermanfaat, Terima kasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.