Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Beserta Contoh Soalnya

Diposting pada

Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Beserta Contoh Soalnya – Apa pengertian kelipatan bilangan itu? Apa pengertian faktor bilangan itu? Bagaimana contoh kelipatan bilangan? Bagaimana contoh faktor bilangan? Faktor dan kelipatan bilangan tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita. Materi kelipatan bilangan dan materi faktor bilangan merupakan dua hal yang dipelajari dalam ilmu Matematika. Materi tersebut sebenarnya termasuk dalam materi dasar Matematika sebelum mempelajari ilmu ini dengan tingkat yang lebih tinggi.

Ketika di bangku sekolah dasar tentunya para siswa telah diajarkan mengenai materi kelipatan dan faktor bilangan. Dalam materi tersebut terdapat pembahasan mengenai pengertian kelipatan bilangan, pengertian faktor bilangan, contoh kelipatan bilangan dan contoh faktor bilangan. Selain itu saya juga akan menjelaskan mengenai cara mencari faktor bilangan dan cara mencari kelipatan bilangan.

Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Beserta Contoh
Kelipatan dan Faktor Suatu Bilangan

Bagaimana cara menghitung kelipatan bilangan itu? Bagaimana cara menghitung faktor bilangan itu? Faktor dan kelipatan bilangan adalah materi dasar Matematika yang sering dikaitkan dengan materi FPB (Faktor Persekutuan Besar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Kecil). Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang materi kelipatan dan faktor bilangan beserta pengertian kelipatan bilangan, pengertian faktor bilangan, contoh kelipatan bilangan dan contoh faktor bilangan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Beserta Contoh Soalnya

Pemfaktoran merupakan materi dasar matematika yang sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Seiring berjalannya waktu, tingkat kesulitan pun akan semakin bertambah sehingga kita memerlukan rumus cepat untuk menghitung faktor bilangan.

Dalam pembahasan kali ini tentunya saya akan menjelaskan beberapa hal mendasar tentang faktor serta kelipatan bilangan. Diantaranya adalah definisi, cara menghitung, rumus, dan contoh soal di dalamnya. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa materi faktor dan kelipatan bilangan adalah dasar dari pembelajaran FPB dan KPK.

Baca juga : Apa Itu Relasi dan Fungsi Dalam Matematika Terlengkap

Bagaimana cara menghitung faktor bilangan itu? Bagaimana cara menghitung kelipatan bilangan itu? Di bawah ini terdapat pembahasan pengertian faktor bilangan, pengertian kelipatan bilangan, contoh faktor bilangan dan contoh kelipatan bilangan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Kelipatan Bilangan

Materi kelipatan dan faktor bilangan yang pertama saya jelaskan berkaitan dengan kelipatan suatu bilangan. Kelipatan bilangan dapat diartikan sebagai hasil dari suatu bilangan yang dikalikan dengan bilangan asli. Bilangan asli yang dimaksud dapat berupa 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan sebagainya. Dalam bilangan asli sendiri tidak memuat angka nol di dalamnya. Selain itu bilangan negatif juga tidak termuat di dalamnya. 

Bagaimana cara menghitung kelipatan bilangan? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Setelah memahami pengertian kelipatan bilangan di atas, selanjutnya saya akan membagikan cara mencari kelipatan bilangan. Untuk memahami materi tersebut, perhatikan contoh kelipatan bilangan yang akan saya bagikan ini. Misalnya saja menentukan kelipatan bilangan 4. Kelipatan ini dapat dicari dengan cara seperti berikut:
1 x 4 = 4
2 x 4 = 8
3 x 4 = 12
4 x 4 = 16
5 x 4 = 20
6 x 4 = 24

Dari hasil pengerjaan di atas dapat diketahui kelipatan 4 yang berupa 4, 8, 12, 16, 20, 24 dan seterusnya.

Faktor Bilangan

Materi kelipatan dan faktor bilangan selanjutnya berkaitan dengan faktor bilangan. Selain pengertian kelipatan bilangan dan contoh kelipatan bilangan di atas. Adapula pengertian faktor bilangan yaitu pembagian sebuah bilangan dengan hasil bilangan asli. Contohnya bilangan 9 yang dibagi 3. Maka faktor dari 9 ialah 3. Hal ini dkarenanakan dalam pembagian tersebut terdapat bilangan yang berupa 3. Bilangan yang membagi tersebut termasuk dalam kategori bilangan asli.

Baca juga : Cara Mencari FPB Beserta Contoh Soal dan Pembahasannya

Bagaimana jika bilangannya pecahan atau desimal? Apakah bilangan tersebut merupakan faktor? Jawabannya adalah tidak. Hal ini dikarenakan bilangannya bukan bilangan asli. Bagaimana cara menghitung kelipatan bilangan itu? Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kelipatan bilangan yaitu faktor dari 12. Berikut cara mencarinya:
12 : 1 = 12
12 : 2 = 6
12 : 3 = 4
12 : 4 = 3
12 : 5 = 2, 4 (bukan faktor bilangan)
12 : 6 = 2
12 : 7 = 1,7 (bukan faktor bilangan)
12 : 8 = 1,5 (bukan faktor bilangan)
12 : 9 = 1,3 (bukan faktor bilangan)
12 : 10 = 1,2 (bukan faktor bilangan)
12 : 11 = 1,09 (bukan faktor bilangan)
12 : 12 = 1

Dari pengerjaan di atas dapat kita ketahui faktor dri 12 yaitu 1, 2, 3, 4, 6 dan 12.

Cara Cepat Menghitung Faktor Bilangan

Mampu menghitung faktor bilangan dengan cepat merupakan nilai plus yang dapat membantu kalian ketika ujian. Saat menguasai rumus cepat maka siswa bisa menghemat waktu dan menyelesaikan soal tanpa takut kehabisan waktu. Masalahnya, tak semua tau bagaimana cara menyelesaikan soal faktor bilangan karena berbagai alasan.

Maka dari itu, pada sesi ini saya ingin menjelaskan teknik berhitung cepat untuk mengerjakan pemfaktoran bilangan. Mari kita ambil contoh bilangan 15 saja, tapi kalian juga dapat menggantinya dengan bilangan lain. Untuk menentukan faktor bilangan tersebut dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini:
15 : 1 = 15
15 : 3 = 5
15 : 5 = 3 (Hasilnya lebih rendah dibandingkan pembagi)

Dari penjelasan ini kita dapat menjumpai hasil angka yang sama yaitu
Bilangan hasil : 3, 5, 15
Bilangan pembagi 1, 3, 5
Jadi faktor bilangan dari 15 ialah 1, 3, 5 dan 15.

Contoh Soal Kelipatan dan Faktor Bilangan

Setelah menjelaskan tentang pengertian kelipatan bilangan, pengertian faktor bilangan, cara menghitung kelipatan bilangan dan cara menghitung faktor bilangan di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal materi kelipatan dan faktor bilangan. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Tentukan kelipatan dari bilangan 6 dan 7?

Pembahasan.
Kelipatan 6 = 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42 dan seterusnya
Kelipatan 7 = 7, 14, 21, 28, 35, 42, 49 dan seterusnya

2. Tentukan faktor dari bilangan 18 dan 28?

Pembahasan.
Faktor dari 18 = 1, 2, 3, 6, 9, 18
Faktor dari 28 = 1, 2, 4, 7, 14, 28

Demikianlah penjelasan mengenai materi kelipatan dan faktor bilangan beserta pengertian kelipatan bilangan, pengertian faktor bilangan, contoh kelipatan bilangan dan contoh faktor bilangan. Faktor dan kelipatan bilangan merupakan materi dasar untuk menyelesaikan soal soal terkait FPB dan KPK. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Contoh Soal Pertidaksamaan Eksponen Beserta Cara Menyelesaikannya