Konversi Satuan Luas dan Cara Menghitungnya

Diposting pada

Konversi Satuan Luas dan Cara Menghitungnya – Bagaimana cara mengkonversikan satuan luas itu? Cara menghitung konversi pada satuan luas pada dasarnya dapat dilakukan dengan metode yang hampir sama dengan cara konversi satuan panjang. Secara umum satuan dapat diartikan sebagai sebuah dasar yang berguna untuk membandingkan atau mengukur sebuah besaran. Selain itu adapula definisi konversi satuan yang maknanya pengubahan nilai pada sebuah sistem satuan menjadi nilai satuan yang lainnya. Selain itu nilai sebuah besarannya juga tidak pernah diubah. Perubahan satuan tersebut dapat melakukan sebuah proses menggunakan faktor di dalamnya.

Bagaimana cara menghitung konversi satuan luas itu? Cara mengkonversikan satuan luas pada umumnya dapat dilakukan dengan menggunakan faktor. Dengan kata lain satuan secara umum juga dapat didefinisikan sebagai pengubahan satuan besaran menggunakan faktor menjadi satuan lainnya. Akan tetapi di dalamnya memiliki ketentuan yaitu satuan pengubah dan satuan yang diubah adalah satu jenis satuan yang sama. Untuk itu satuan luas tidak dapat diubah secara langsung menjadi satuan berat atau jenis satuan lainnya. Jika pengubahan dilakukan untuk  yang berbeda jenis satuan biasanya menggukan faktor atau unsur pendukung di dalamnya.

Pengertian satuan luas secara umum ialah kuantitas yang menjelaskan bentuk sebuah daerah/bidang atau besaran objek dua dimensi. Cara mengkonversikan satuan luas ini dalam beberapa situasi memang dapat dilakukan ke satuan unit umum lainnya. Biasanya kita sering menggunakan satuan unit yang bentuknya hektar (ha), kilometer persegi (km²), mil persegi (mil²), are (a), meter persegi (m²) dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang konversi satuan luas dan cara menghitung konversi pada satuan luas. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Konversi Satuan Luas dan Cara Menghitungnya

Apa itu satuan? Satuan adalah pembeda atau pembanding dalam sebuah pengukuran. Satuan tersebut dijadikan dasar yang digunakan dalam pernyataan ukuran sebuah besaran. Misalnya satuan besaran untuk mengukur berat benda yang biasanya dinyatakan dalam bentuk satuan gram (gr). Kemudian adapula pengertian konversi satuan yaitu pengubahan nilai sebuah satuan menjadi nilai satuan lainnya menggunakan besaran yang sama. Konversi satuan ini pada umumnya tidak mengubah nilai sebuah besaran tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa untuk memahami cara mengkonversikan satuan luas tersebut memang dapat dilakukan dengan konsep konversi satuan panjang. Namun sebelum memahami materi tersebut, alangkah lebih baik jika anda mengetahui pengertian hektar, are, kilometer persegi (km²), dan meter persegi (m²).

Bagaimana cara konversi satuan luas itu? Satuan standar luas dalam sistem Satuan Internasional (SI) biasanya dapat berbentuk meter persegi (m²). Satuan luas ini digunakan untuk memaparkan luas sebuah bidang sederhana yang bentuknya persegi panjang, lingkaran, bujur sangkar dan segitiga. Kemudian untuk ciri khas satuan unit persegi tersebut menggunakan pangkat dua setelah satuan unitnya. Misalnya meter persegi (m²).

Baca juga : 1 Hari Berapa Detik? Konversi Menit dan Jam

Hektar (Ha)

Pengertian hektar ialah satuan unit luas yang telah tercantum dalam sistem metrik sebagai satuan Internasional (SI). Nilai satu hektar sendiri setara dengan 10.000 meter persegi atau 100 are (1 ha = 10.000 m² atau 1 ha = 100 a). Jenis satuan ini biasanya berguna pada standar satuan dalam luas wilayah tanah. Selain itu hektar juga dapat digunakan untuk mengganti satuan unit acre. Nilai 1 hektar sendiri memiliki nilai yang setara dengan 2,47 acre. 

Are (a)

Pengertian are (a) ialah satuan unit luas yang berguna untuk mengukur luas wilayah atau tanah. Are dalam sistem metrik hingga satuan internasional modern sebenarnya termasuk dalam kategori satuan unit model lama. Satuan ini dapat digunakan oleh beberapa negara seperti India, Portugis, Indonesia, Serbia, Perancis, Slovakia, Polandia, Chekoslovakia, Belanda dan negara yang memiliki bahasa Jerman lainnya. Nilai satu are sendiri setara dengan 100 meter persegi (1 a = 100 m²). Penjelasan ini dapat digunakan untuk menerapkan cara menghitung konversi satuan luas.

Kilometer Persegi (Km²)

Dalam ejaan Amerika, satuan kilometer persegi berarti square kilometer dan dalam ejaan SI berarti square kilometre. Pengertian kilometer persegi secara sederhana ialah satuan unit untuk menyatakan luas permukaan atau area. Nilai 1 km² setara 1.000.000 m² atau 100 hektar (1 km² = 1.000.000 m² = 100 ha).

Meter Persegi (m²)

Dalam ejaan Amerika, satuan meter persegi berarti square meter dan dalam ejaan SI berarti square metre. Satuan meter persegi secara sederhana dapat diartikan sebagai satuan luas yang berasal dari satuan panjang meter (m) dalam SI untuk menyatakan luas area.

Baca juga : 1 Liter Berapa Kg? Jawaban dan Konversi Lengkap

Cara menghitung konversi satuan luas sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan tangga konversi pada satuan panjang. Akan tetapi untuk tangga konversi pada satuan luas ini memiliki ketentuan yaitu setiap naik satu tangga akan dibagi dengan 100. Sedangkan setiap turun satu tangga akan dikali dengan 100. Untuk lebih jelasnya perhatikan tangga konversi di bawah ini:

Konversi Satuan Luas dan Cara Menghitungnya

Agar anda lebih paham mengenai cara mengkonversikan satuan luas menggunakan tangga konversi di atas. Maka sata akan membagikan beberapa contoh konversi luas seperti di bawah ini:

  • 1 ha (hektar) = 10.000 m²
  • 1 m² = 100 dm² = 10² dm²
  • 1 m² = 10.000 cm² = 10⁴ cm²
  • 1 m² = 1.000.000 mm² = 10⁶ mm²
  • 1 km² = 1.000.000 m² = 10⁶ m²
  • 1 hm² = 10.000 m² = 10⁴ m²
  • 1 dam² = 100 m² = 10² m²
  • 1 dm² = 0,01 m² = 10‾² m²
  • 1 cm² = 0,0001 m² = 10‾⁴ m²
  • 1 mm² = 0,000001 m² = 10‾⁶ m²

Sekian penjelasan mengenai konversi satuan luas dan cara menghitung konversi pada satuan luas. Cara mengkonversikan satuan luas pada dasarnya dapat dilakukan dengan konsep yang hampir sama dengan konversi satuan panjang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Baca Juga  Latihan Soal PAS Matematika Kelas 9 Semester 2 2023