Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal Adalah

Diposting pada

Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal Adalah – Dalam pelajaran Fisika tentunya kita pernah diajarkan mengenai materi hukum pascal. Apa itu hukum pascal? Pada dasarnya pengaplikasian hukum pascal terdapat dalam berbagai alat yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya saja dongkrak hidrolik yang prinsip kerjanya menggunakan konsep hukum pascal. Selain itu masih banyak contoh alat lainnya yang menggunakan konsep tersebut.

Alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal adalah apa saja? Pengertian hukum pascal adalah hukum Fisika yang berisi penjelasan tentang tekanan pada cairan secara rinci dalam ruangan tertutup, kemudian menggunakan tenaga yang sama untuk meneruskannya ke segala arah. Seorang Matematikawan dan Fisikawan sekaligus bernama Blaise Pascal dari Prancis merupakan orang yang pertama kali mencetuskan hukum pascal tersebut.

Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal Adalah
Contoh Alat Dengan Prinsip Hukum Pascal

Materti hukum pascal ini pertama kali dijelaskan dalam pelajaran Fisika tingkat SMP. Kemudian diperdalam lagi di tingkat SMA. Adapula yang mengartikan hukum pascal sebagai hukum yang menjelaskan sifat tekanan dalam zat cair. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal Adalah

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang fluida statis dan fluida dinamis. Artikel ini tentunya memuat materi hukum pascal di dalamnya. Sebenarnya dalam kehidupan kita sehari hari tentunya pernah menerapkan hukum pascal tersebut, baik disadari ataupun tidak. Kita dapat mengetahui adanya penerapan hukum tersebut melalui berbagai alat khusus yang digunakan untuk membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah.

Lantas alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal adalah apa saja? Hukum pascal ini memang banyak ditemukan dalam alat dongkrak hidrolik, pompa hidrolik, dan mesin pneumatik. Bahkan alat ini juga membutuhkan fluida untuk mengoptimalkan sistem kerja di dalamnya. Dari penjelasan ini tentunya kita juga sering menemukan pertanyaan seperti berikut:

Baca Juga  Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya

Alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal adalah . . .
A. Alat pengangkat mobil
B. Galangan kapal
C. Balon udara
D. Kapal selam

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Alat pengangkat mobil.

Biasanya mobil dapat diangkat menggunakan dongkrak hidrolik sehingga jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pilihan A. Selain alat tersebut, adapula jenis alat lainnya yang menggunakan konsep hukum pascal yaitu meliputi:

  • Dongkrak hidrolik
  • Pompa hidrolik
  • Lift hidrolik atau scissor hidrolik
  • Kempa hidrolik
  • Rem cakram hidrolik
  • Dump truck hidrolik
  • Mobil forklift hidrolik
  • Alat pengepress hidrolik

Selain alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal adalah seperti di atas. Adapula rumus hukum pascal yang digunakan untuk menghitung besar nilai pada hukum tersebut. Secara sistematis, hukum pascal dapat dirumuskan dalam bentuk seperti di bawah ini:

P1 = P2
F1/A1 =F2/A2
F1 x A2 =F2 x A1

Keterangan:
F₁ = Gaya di penampang kecil
F₂ = Gaya di penampang besar
A₁ = Luas penampang kecil
A₂ = Luas penampang besar

Sekian penjelasan mengenai alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal adalah apa saja. Hukum pascal merupakan hukum Fisika yang berisi penjelasan tentang tekanan pada cairan secara rinci dalam ruangan tertutup, kemudian menggunakan tenaga yang sama untuk meneruskannya ke segala arah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.