Pendekatan Geografi Spasial, Ekologi, dan Regional Beserta Contohnya

Diposting pada

Pendekatan Geografi Spasial, Ekologi, dan Regional Beserta Contohnya – Pada dasarnya dalam sebuah peristiwa alam pasti memiliki perbedaan cara pandang pada setiap disiplin ilmu. Tak heran bila banyak perbedaan sudut pandang yang ada di suatu persamaan peristiwa atau fenomena tertentu. Misalnya saja peristiwa banjir, tanah longsor, kekeringan, dan bencana alam alin. Dalam hal ini terdapat pendapat mengenai dampak dan penyebab banjir yang berbeda beda dari ahli ekonomi, ahli geografi dan ahli kedokteran.

Ilmu geografi ialah kedisiplinan ilmu yang menjelaskan tentang fenomena geoster dan gejala alam di muka bumi. Dalam hal ini terdapat pengertian geografi menurut para ahli yaitu hal hal yang berhubungan dengan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya beserta kehidupan manusia dan alam sekitarnya.

Pendekatan Geografi (Spasial, Ekologi dan Regional) dan Contoh
Pendekatan Secara Geografi

Pada umumnya ruang lingkup geografi dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti geografi regional, geografi fisik dan geografi sosial. Dalam ilmu geografi tersebut terdapat beberapa metode atau langkah khusus untuk mempelajarinya. Langkah ini dinamakan dengan pendekatan dalam ilmu geografi. Masalahnya, tak semua siswa paham apa itu pendekatan geografi yang notabenya diajarkan di sekolah. Dalam ilmu geografi ini memang menggunakan berbagai jenis pendekatan berdasarkan prinsipnya seperti deskripsi, korologi, dan distribusi. 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ilmu geografi merupakan ilmu mengenai fenomena geoster dan gejala alam di muka bumi. Dalam ilmu tersebut terdapat berbagai hal yang berhubungan dengan interaksi dan kehidupan manusia dengan lingkungan sekitarnya. Dalam geografi tersebut terdapat pengertian pendekatan yang termasuk di dalamnya. Apakah kalian sudah memiliki gambaran? kalau belum maka simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Pendekatan Geografi Spasial, Ekologi, dan Regional Beserta Contohnya

Geografi menjadi mata pelajaran yang menurut saya cukup kompleks karena berisi banyak teori membingungkan. Cakupan materinya pun terbilang lumayan luas karena menyangkut berbagai kejadian serta fenomena alam sekitar. Tak jarang siswa mengeluh sulit menghafalkan materi tersebut hingga terpaksa harus mencari tambahan referensi dari internet.

Ketika duduk di bangku sekolah menengah guru biasanya akan mulai membahas tentang pendekatan geografi. Cabang ilmu pengetahuan ini memegang peran penting yang dapat membantu kita menganalisa berbagai fenomena alam. Inilah alasan mengapa guru selalu menyampaikannya secara intensif.

Ada tiga sudut pandang yang dapat kalian ambil yakni spasial, regional, dan yang terakhir adalah ekologi. Masing-masing tentu memiliki pengertian serta contoh berbeda di sekitar kita. Saat ujian berlangsung ketiganya sudah pasti muncul sebagai butir soal yang sulit untuk dijawab. Tak jarang siswa mengeluh bila diminta menyebutkan contoh pendekatan spasial, atau dua lainnya.

Berkaca dari masalah di atas akhirnya mendorong saya kembali ingin membahas cabang ilmu pengetahuan sosial ini. Sebelum beranjak melihat contoh pendekata ekologi, regional, dan spasial. Alangkah baiknya semua siswa memahami apa itu pendekatan geografi terlebih dulu.

Pengertian Pendekatan Geografi

Pengertian pendekatan dalam geografi ialah sebuah metodologi dan langkah khusus untuk memahami dan menganalisa berbagai fenomena atau gejala geoster. Khususnya hubungan interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Kita tahu bahwa pembagian ruang lingkup geografi dapat berupa geografi regional, geografi ekologi dan geografi sosial. Dalam hal ini pendekaran secara geografis dikenal sebagai ilmu geografi yang mencakup metode pembelajaran dan langkah khusus di dalamnya.

Baca juga : Peta Benua Asia Lengkap Dengan Batas Wilayah dan Negara Negaranya

Kemudian dalam ilmu geografis juga menggunakan berbagai jenis pendekatan yang disesuaikan dengan prinsip geografi seperti prinsip interelasi, prinsip korologi, prinsip distribusi, dan prinsip deskripsi. Pendekatan ilmu geografi ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti pendekatan spasial (pendekatan keruangan), pendekatan ekologi (pendekatan lingkungan), dan pendekatan regional (pendekatan kompleks wilayah). Adapun penjelasan mengenai masing masing pengertian dan contoh pendekatan geografi di bawah.

Pendekatan Geografi Spasial

Pendekatan spasial sangat berhubungan erat dengan bidang ilmu keruangan. Pengertian pendekatan spasial ialah pendekatan dalam geografi yang cukup khas karena dijadikan studi dalam keberagaman ruang muka bumi disetiap aspek keruangannya yang sudah ditelaah.

Peneliti melakukan pendekatan tersebut dengan cara mengkaji perbedaan dan persamaan melalui aspek keruangan di sebuah fenomena geosfer. Selain itu dalam pendekatan tersebut juga terdapat beberapa unsur spasial dan ruang geografi seperti faktor kondisi alam, sosial budaya dan lokasi masyarakatnya.

Kemudian dalam jenis pendekatan geografi ini juga terdapat interelasi, interaksi dan persebaran atau distribusi yang diperhatikan pula oleh penelitinya. Pada akhirnya manusia berharap manfaat yang diperoleh dengan pendekatan ini berhubungan dengan aspek klimatologi, aspek hidrologi dan aspek pedologi yang baik. Jenis pendekatan ini tentunya memiliki contoh di dalamnya.

Apa contoh pendekatan keruangan itu? Contoh pendekatan spasial dapat dilihat pada harga sebidang tanah yang mahal karena letaknya strategis dan tanahnya cukup subur. Berdasarkan penilaian peneliti tersebut menjelaskan bahwa tanah memiliki nilai ruangan berupa letak strategis dan produktivitas pertaniannya yang baik.

Baca juga : Cara Membuat Peta Wilayah Dengan Menggunakan Kompas Terlengkap

Pendekatan Geografi Ekologi

Pendekatan ekologi sebenarnya memiliki istilah lain yang sering dikaitkan dengan lingkungan. Pengertian pendekatan ekologi adalah interelasi pada makhluk hidup dengan lingkungannya yang paling menonjol. Dalam pendekatan ini menggunakan prinsip ilmu biologi. Pendekatan lingkungan dilakukan untuk meneliti fenomena geoster pada interaksi organisme dan lingkungan dengan cara memperhatikannya. Pendekatan ekologi meneliti beberapa aspek didalamnya seperti aspek sosial (non fisik) dan aspek alamiah (interaksi komponen fisikal).

Kemudian jenis pendekatan geografi ini juga mengarah pada perubahan fenomena lingkungan dan perilaku organisme yang terjadi tanpa adanya hubungan sehingga lebih mandiri. Bagaimana bentuk contoh pendekatan lingkungan itu? Contoh pendekatan ekologi dapat terlihat disebuah wilayah atau tempat yang terkena fenomena banjir.

Dengan pendekatan ekologi ini, kita dapat mengidentifikasi fenomena tersebut sehingga analisa yang dihasilkan dapat menjadi solusi masalah yang terkait di dalamnya. Pelaksanaan identifikasi ini dapat berupa identifikasi perilaku dan sikap masyarakat, analisis interaksi serta identifikasi kondisi fisik. Untuk mengidentifikasi fenomena tersebut dapat melakukan identifikasi fisik terlebih dahulu untuk mengetahui keadaan lingkungan secara fisik yang mendorong peristiwa banjir. 

Langkah berikutnya ialah melakukan identifikasi perilaku dan sikap masyarakat sehingga perilaku dan sikap masyarakatnya dapat ditemukan di lokasi banjir. Setelah itu analisa interaksi ekologinya dilakukan untuk menemukan pemecahan masalah alternatif dalam hubungan identifikasi sikap dan fisiknya.

Baca juga : Keterkaitan Sarana Transportasi Dengan Aglomerasi Industri Lengkap

Pendekatan Geografi Regional

Jenis pendekatan geografi yang terakhir adalah regional atau biasa disebut sebagai komplek wilayah. Pengertian pendekatan regional adalah pendekatan yang menggabungkan pendekatan spasial dengan pendekatan ekologi. Pendekatan ini dilaksanakan melalui berbagai kawasan di muka bumi yang dibandingkan secara komprehensi dengan aspek lingkungan dan keruangan.

Analisis yang dilakukan dalam pendekatan ini cenderung mengarah pada perbedaan karakteristik dan diferensiasi areal pada masing masing wilayah bumi. Dengan begitu interaksi di wilayah yang satu dan lainnya dapat terdorong. Hingga pada akhirnya akan terbentuk disiplin ilmu kartografi yang mempelajari tentang pendekatan studi wilayah dengan hasil berupa peta.

Contoh pendekatan regional dapat terlihat dalam bentuk karakteristik wilayah di sebuah bangunan atau rumah yang dibangun. Misalnya saja di dekat pantai atau rawan banjir akan dilakukan pembangunan rumah, maka untuk mengantisipasi adanya pasang air laut atau banjir tersebut dibuatlah pondasi rumah yang tinggi.

Sekian penjelasan mengenai pengertian pendekatan geografi dan contoh, baik pendekatan spasial, pendekatan ekologi maupun pendekatan regional. Pendekatan secara geografi ialah sebuah metodologi dan langkah khusus untuk memahami dan menganalisa berbagai fenomena atau gejala geoster, khususnya hubungan interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Citra Dan Tahapan Dalam Interpretasi Citra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.