Unsur Unsur yang Tidak Terdapat Dalam Teks Cerita Sejarah Adalah

Diposting pada

Unsur Unsur yang Tidak Terdapat Dalam Teks Cerita Sejarah Adalah – Kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa kini dapat menjadi sejarah di masa depan. Apakah anda tahu tentang istilah sejarah itu? Sejarah adalah sebuah ilmu tentang masa lalu yang berkontribusi dengan pemahaman manusia, sosial masyarakat, kejadian, dan moral. Kehidupan manusia tersebut dapat dijalani dengan lebih baik karena sejarah di masa lalu.

Dalam ilmu Bahasa Indonesia, sejarah yang ditulis tersebut dilakukan dengan bentuk teks cerita sejarah. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang contoh teks cerita sejarah. Teks ini memiliki ciri ciri dan strukturnya sendiri. Lantas apa yang dimaksud teks cerita sejarah? Pengertian teks cerita sejarah adaah teks yang digunakan untuk menjelaskan dan menceritakan fakta dan kejadian di masa lalu sebagai bentuk asal mula dari suatu hal yang bernilai sejarah. Lantas unsur unsur yang tidak terdapat dalam teks cerita sejarah adalah apa saja?

Unsur Unsur yang Tidak Terdapat Dalam Teks Cerita Sejarah Adalah
Teks Cerita Sejarah

Pada dasarnya sejarah memang perlu untuk diketahui oleh semua orang, karena sifatnya cukup penting. Walaupun dunia semakin tua, tetapi kita juga tidak boleh melupakan adanya sejarah di masa lalu. Contohnya saja kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Peristiwa bersejarah ini dapat digali lebih dalam lagi mengenai apa apa saja yang terdapat didalamnya. Hal ini juga termasuk unsur unsur yang tidak terdapat dalam teks cerita sejarah adalah apa saja.

Unsur Unsur yang Tidak Terdapat Dalam Teks Cerita Sejarah Adalah

Untuk memahami jenis teks Bahasa Indonesia ini, anda dapat mempelajari contoh teks cerita sejarah yang ada. Akan tetapi anda harus memahami terlebih dahulu mengenai unsur unsur teks cerita sejarah tersebut. Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa identitas suatu negara akan hilang jika sejarahnya dilupakan. Maka dari itu kita sangat perlu untuk mengetahui dan memahami apa apa saja sejarah yang ada. Misalnya saja mempelajari teks cerita sejarah ini.

Pengertian teks cerita sejarah adalah teks yang isinya suatu fakta dan kejadian di masa lalu dengan latar belakang tertentu yang diceritakan berdasarkan nilai sejarahnya. Teks cerita sejarah tersebut pada umumnya memiliki beberapa unsur. Unsur unsur ini sering muncul dalam soal soal ujian. Salah satu bunyi soalnya yaitu “unsur unsur yang tidak terdapat dalam teks cerita sejarah adalah”.

Baca Juga  Pengertian Diksi, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Di bawah ini terdapat beberapa unsur teks cerita sejarah yaitu sebagai berikut:

  • Unsur intrinsik adalah unsur dalam teks cerita sejarah yang utama untuk membangun cerita sejarah tersebut. Unsur teks cerita sejarah ini mengandung tema, bahasa kiasan, penokohan dan karakter, konflik, tema, dan plot yang membangun cerita di dalamnya.
  • Unsur ekstrinsik adalah unsur dari luar teks yang juga membangun cerita tersebut. Unsur ekstrinsik ini mengandung faktor keagamaan, faktor sosial politik, faktor kebudayaan, faktor sosial ekonomi, dan tata nilai yang dianut masyarakat.

Penjelasan unsur unsur teks cerita sejarah di atas dapat digunakan untuk menjawab soal seperti berikut:

Unsur unsur yang tidak terdapat dalam teks cerita sejarah adalah . . .
A. Kalimat persuasi
B. Nama peristiwa
C. Tokoh
D. Waktu terjadinya peristiwa
E. Tempat terjadinya peristiwa

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Kalimat persuasi.

Pada umumnya teks cerita sejarah didasarkan latar belakang yang waktu terjadinya di masa lalu. Minimal hanya terdapat satu tokoh dalam teks cerita sejarah yang mengalami kejadian tersebut di masa lalu. Berdasarkan jawaban unsur unsur yang tidak terdapat dalam teks cerita sejarah adalah pilihan B di atas, kita tahu bahwa kalimat persuasi bukan termasuk unsur di dalamnya.

Unsur unsur teks cerita sejarah ini dapat berupa nama peristiwa, tokoh, waktu dan tempat terjadinya peristiwa. Unsur unsur ini dapat ditambahkan atau dikurangi oleh penulis sesuai dengan kebutuhannya. Penggunaan unsur ini disesuaikan dengan sejarah di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.