4 Contoh Teks Cerita Sejarah Lengkap Dengan Strukturnya

Diposting pada

4 Contoh Teks Cerita Sejarah Lengkap Dengan Strukturnya – Hal hal yang berkaitan dengan sejarah tentunya selalu berhubungan dengan masa lampau. Untuk itu pengertian teks cerita sejarah tersebut ialah peristiwa yang terjadi di masa lalu atau masa lampau. Adapula pengertian menurut para ahli, teks cerita sejarah adalah sebuah teks yang mengandung unsur unsur sejarah dimana berisi gambaran atau penjelasan mengenai fakta yang telah terjadi di masa lampau. Banyak sekali contoh teks cerita sejarah yang cukup menarik untuk dibahas. Dalam contoh cerita sejarah tersebut terdapat peristiwa atau kejadian yang pernah dialami. Jenis teks sejarah ini juga memiliki struktur teks dan kaidah kebahasaan seperti halnya jenis teks Bahasa Indonesia lainnya.

Contoh Teks Cerita Sejarah

Struktur teks cerita sejarah terdiri dari orientasi, reorientasi dan urutan kejadian. Kemudian unsur kebahasaan teks cerita sejarah yaitu menggunakan konjungsi temporal, menggunakan kata ganti, dan penggunaan katanya merujuk pada sebuah peristiwa. Kedua hal inilah yang digunakan sebagai dasar pembuatan contoh cerita sejarah yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari, apalagi selama masih di bangku sekolah. Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks cerita sejarah lengkap dengan strukturnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

4 Contoh Teks Cerita Sejarah Lengkap Dengan Strukturnya

Penyusunan contoh cerita sejarah juga tidak terlepas dari adanya 5W + 1H yaitu What, Where, When, Who, Why dan How. Dengan 5W + 1H ini diharapkan ceritanya dapat berisi informasi yang lengkap. Kita dapat menjumpai cerita sejarah ketika berkunjung ke wisata peninggalan kuno atau museum yang notabennya adalah tempat yang berisi berbagai sejarah yang ada. Pada umumnya contoh teks cerita sejarah di awali dengan adanya penjelasan awal cerita atau deskripsi kejadian awal sampai di akhiri dengan adanya penegasan ulang kejadian dalam sejarah tersebut.

Baca juga : 12 Contoh Teks Rekaman Percobaan Singkat dan Terbaru

Sebelum membagikan contoh teks cerita sejarah, maka saya akan menjelaskan tentang struktur teksnya terlebih dahulu. Struktur ini dijadikan pedoman dalam pembuatan contoh cerita sejarah yang sering kita jumpai tersebut. Adapun struktur teks cerita sejarahnya yaitu meliputi:

  1. Orientasi ialah struktur teks cerita sejarah yang berisi pembuka atau perkenalan ceritanya.
  2. Urutan Peristiwa ialah rekaman peristiwa yang disusun berdasarkan urutan kronologis yang terjadi dalam sejarah.
  3. Reorientasi ialah bagian yang berisi pendapat penulis terkait peristiwa sejarah yang diceritakan dalam teks. Struktur bagian ini dapat disertakan dalam teks ataupun tidak.

Setelah memahami tentang struktur teks cerita sejarah dan kaidah kebahasaan teks cerita sejarah. Tiba saatnya untuk membagikan beberapa contoh teks cerita sejarah. Berikut contoh cerita sejarahnya yaitu meliputi:

Contoh Teks Cerita Sejarah

“Sejarah Internet”

Orientasi
Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk jaringan komputer yang dinamakan dengan Internet. Pembentukan internet tersebut melalui proyek ARPA yang bernama Advanced Research Project Agency Network (ARPANET). Di kala itu mereka memperkenalkan komputer lengkap dengan hardware dan software yang berbasis UNIX. Komputer ini dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET tersebut berisi rancangan tentang bentuk seberapa besar informasi dapat dipindahkan, kehandalan dan bentuk jaringan. Kemudian penentuan semua standar yang dilakukan tersebut menjadi awal mula dalam membangun protocol baru yang disebut Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Proyek ARPANET pada awalnya dibangun dengan tujuan yaitu keperluan militer. Namun Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun sistem jaringan komputer yang telah menyebar di seluruh komputer daerah vital dengan tujuan untuk menghindari adanya informasi terpusat, sehingga jika terjadi perang maka akan mudah dihancurkan serta sebagai langkah dalam mengatasi serangan nuklir.

Urutan Peristiwa
Pada awalnya hanya 4 situs saja yang dapat dihubungkan oleh ARPANET seperti Santa Barbara, Stanford Research Institute, University of Utah, dan University of California. Kemudian pada tahun 1969, mereka telah membentuk satu jaringan yang terpadu. Kemudian pada bulan Oktober tahun 1972, ARPANET diperkenalkan secara umum. 

Proyek ini kemudian terus berkembang pesat tidak lama kemudian, bahkan sampai ke seluruh daerah. Selain itu ARPANET juga memperoleh tawaran dari semua Universitas di negara tersebut agar dapat bergabung, bahkan sampai kesulitan dalam mengaturnya. Maka dari itu ARPANET dibagi menjadi dua bagian yaitu MILNET dan ARPANET kecil. MILNET bertugas untuk mengurus keperluan militer, sedangkan ARPANET kecil bertugas mengurus keperluan non militer seperti Universitas. Kedua jaringan ini digabung menjadi satu dengan nama DARPA Internet yang pada akhirnya sekarang dikenal dengan nama Internet.

Reorientasi
Sekarang ini manusia sangat membutuhkan adanya Internet. Bahkan sudah dianggap sebagai hal yang sangat penting, misalnya saja untuk para siswa sekolah. Dengan melalui internet, mereka dapat memperoleh informasi terkait pelajaran selain yang ada di perpustakaan sekolah. Informasi yang siswa butuhkan dapat diperoleh jika mereka memiliki koneksi internet.

Baca juga : 12 Contoh Teks Cerita Fantasi Singkat Terbaru Menegangkan

Contoh Teks Cerita Sejarah Lengkap

“Sejarah Instagram”

Orientasi
Instagram ialah aplikasi yang digunakan untuk berbagi beberapa foto ke layanan jejaring sosial bahkan milik sendiri dan memungkinkan untuk mengambil foto penggunanya dengan tambahan filter digital. Instagram berasal dari kata “Insta” dan “gram”. Kata Insta berasal dari kata “Instan” yang menyerupai kamera polaroid. Maka dari itu dimasanya sering disebut sebagai foto instan. Sedangkan asal kata gram ialah “Telegram” yakni aplikasi untuk mengirimkan informasi dengan cepat ke orang lain.

Urutan Peristiwa
Pada tahun 2019 didirikan Perusahaan Burbn, Inc. yakni perusahaan teknologi startup yang berguna untuk mengembangkan aplikasi dalam telepon genggam. Perusahaan Burbn, Inc. sendiri pada awalnya cenderung berfokus banyak pada HTML5 peranti bergerak. Tetapi Mike Krieger dan Kevin Systrom selaku kedua CEO memberikan keputusan bahwa perusahaan akan memilih satu fokus saja.

Kemudian mereka mencoba membuat ide bagus setelah seminggu kemudian hingga dapat membuat versi pertama Burbn. Tetapi terdapat beberapa hal yang kurang sempurna di dalamnya. Adapula versi yang sudah final dari Burbn yakni aplikasi pada iPhone yang berisi banyak sekali fitur yang digunakan. 

Mike Krieger dan Kevin Systrom sulit mengurangi adanya fitur yang bermunculan sehingga harus memulainya dari awal lagi. Tetapi mereka pada akhirnya dapat memfokuskan pada bagian kemampuan menyukai sebuah foto, bagian foto dan bagian komentar. Aplikasi inilah yang sekarang disebut sebagai Instagram. Kemudian Facebook mengambil alih Instagram dalam bentuk saham dan tunai senilai hampir $1 miliar dan diumukan pada tanggal 9 April 2012.

Reorientasi
Sekarang ini aplikasi Intagram sudah populer dikalangan anak muda dan orang tua. Mereka tidak lupa untuk memiliki akun Instagramnya sendiri agar dapat berbagi foto dan video serta melihat aktivitas dari temannya melalui foto dan video yang mereka bagikan.

Contoh Teks Cerita Sejarah Bencana

“Tsunami Aceh”

Orientasi
Di bumi serambi Mekkah Aceh mengalami peristiwa yang cukup memilukan. Pada hari Minggu pagi tanggal 26 Desember 2004, Aceh diterjang oleh gempa bumi dan Tsunami hingga melayangkan nyawa sekitar 500.000 korban jiwa dalam sekejab. Korban jiwa di daerah Aceh menyebar di dunia karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Ribuan mayat hilang dan ribuan bangunan hancur lebur. Ribuan korban jiwa akibat Tsunami Aceh tersebut dikuburkan secara massal.

Urutan Peristiwa
Pada pukul 7:58:53 WIB, gempa Aceh terjadi dan berpusat di bujur 3.316° N 95.854° E sedalam 10 kilometer atau kurang lebih 160 km sebelah barat dari Aceh. Gempa Aceh memiliki kekuatan 9,3 skala Ritcher dan termasuk dalam gempa bumi terbesar selama 40 tahun terakhir yang pernah terjadi di Aceh, Pantai Timur India, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Pantai Timur Afrika, Thailand, dan Sri Lanka.

Baca juga : 8 Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris, sugestif, dan Artistik Singkat Beserta Strukturnya

Dalam sejarah gempa bumi yang pernah ada, gempa di Aceh tersebut memiliki durasi yang terlama sekitar 10 menit atau 500 – 600 detik. Beberapa pakar gempa mengatakan bahwa gempa tersebut memiliki kekuatan yang dapat dianalogikan sebagai gempa yang amplitudonya diatas 1 cm hingga dapat menggetarkkan seluruh bola Bumi. Bahkan pusat gempa di tengah Samudera Indonesia ini dapat memicu gempa lain di berbagai tempat di dunia.

Gempa yang menimbulkan Tsunami tersebut menyebabkan 8 negara memiliki jumlah orang tewas sebanyak 230.000 jiwa. Tsunami tersebut memiliki ombak yang tingginya 9 meter. Bahkan sepanjang sejarah yang ada, bencana inilah yang menyebabkan kematian terbesar di negara Indonesia, Thailand, Sri Lanka dan India. Awalnya gempa dilaporkan dengan kekuatan sampai 9.0 magnitude. Kemudan gempa dengan kekuatan 9.3 magnitude dilaporkan pada bulan Februari 2005. Meskipun laporan tersebut telah disetujui oleh Pacific Tsunami Warning Center. Tetapi menurut United States Geological Survey kekuatan magnitude sebesar 9.2 atau 9.3 jika menggunakan satuan seismik momen (Mw).

Diperkirakan kecepatan rupture menuju ke Urata – Barat Laut sebesar 2,5 km/detik dengan panjang mencapai 1200 – 1300 km. Tsunami di 13 negara sampai pada hari Minggu, 2 Januari 2005 menurut Jan Egeland selaku Koordinator Bantuan Darurat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengakibatkan jumlah korban tewas sebanyak 127.672 orang.

Sebagai catatan: Di setiap contoh teks cerita sejarah tersebut disertai dengan struktur teksnya sehingga memudahkan pembaca untuk memahami setiap bagian bagian ceritanya. Namun untuk kategori bagian reorientasi dalam contoh cerita sejarah dapat disertakan ataupun tidak. Hal ini dikarenakan reorientasi hanya berupa pendapat penulis terkait sejarah yang diceritakan. Untuk itu bagian struktur ini dapat dimasukkan dalam teks ataupun tidak.

Tetapi di Asia Tenggara, Afrika Timur dan Asia Selatan sebenarya tidak dapat diketahui jumlah korban yang tewas, bahkan paling sedikit diperkirakan sekitar 150.000 orang. Menurut PBB, di negara Indonesialah yang memiliki korban tewas. Karena banyaknya daerah yang terisolir membuat sebagian besar bantuan dari kemanusiaan menjadi terhambat.

(11/1/2005) Menurut Departemen Sosial RI, di Propinsi Sumatera Utara dan Naggroe Aceh Darussalam memiliki jumlah korban tewas sebanyak 105.262 orang. Sedangkan menurut perkiraan kantor berita Reuters terdapat 168.183 korban Tsunami yang paling banyak diderita oleh negara Indonesia. Kemudian per Minggu 16/1/2005 terdapat jumlah korban sebanyak 115.229 orang. Sementara itu diantaranya terdapat  100.000 rakyat Aceh mengalami luka luka dari jumlah total orang luka luka sebanyak 124.057 orang.

Menurut data dari U.S. Geological Survey terdapat 14.000 orang hilang, 283.100 korban tewas dan 1,126,900 kehilangan tempat tinggal. Selama 10 tahun terakhir ini, Tsunami Samudera Hindia tersebut termasuk gempa tsunami yang paling buruk.

Reorientasi
Peristiwa Tsunami Aceh merupakan peristiwa di Indonesia yang banyak memakan korban dan sangat mengenaskan dikala itu. Semoga dinegeri tercinta ini, kejadian seperti itu tidak akan terjadi lagi.

Sekian beberapa contoh teks cerita sejarah lengkap dengan strukturnya yang dapat saya bagikan. Dalam contoh cerita sejarah ini terdapat peran struktur teks didalamnya seperti bagian Orientasi, Urutan Peristiwa dan Reorientasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Baca Juga  4 Contoh News Item Text Singkat Beserta Strukturnya (Teks News Item)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.