Jaring Jaring Limas Segitiga, Segi Empat, Segi Lima dan Segi Enam

Diposting pada

Jaring Jaring Limas Segitiga, Segi Empat, Segi Lima dan Segi Enam – Limas dapat kita menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk alasnya seperti limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima, dan limas segi enam. Tak heran jika bentuk jaring jaring limas segitiga berbeda dengan jaring jaring limas segiempat. Begitu juga dengan bangun limas yang mempunyai alas pentagon dan hexagon.

Seperti halnya bangun ruang lain, limas memiliki gambar jaringan yang diperoleh dengan membuka dan merebahkan setiap sisinya. Jaring jaring sendiri memiliki pengertian yaitu pembelahan pada suatu bangun yang apabila digabungkan akan menjadi bentuk tertentu. Konsepnya seperti kita membongkar bangun ruang dan membuatnya menjadi datar.

Masalahnya, pernahkah kalian melihat gambar jaring jaring limas segi empat, segitiga, lima, atau enam? Sebenarnya, materi ini sudah mulai diajarkan ketika siswa menginjak bangku sekolah menengah. Meski mempunyai tingkat kesulitan yang lumayan tapi menurut saya membuat gambar jaring jaring limas cukup mudah.

Jaring Jaring Limas Segitiga, Segi Empat, Segi Lima dan Segi Enam

Sudah bukan rahasia lagi bila matematika menjadi mapel yang paling ditakuti oleh siswa. Ketakutan itu muncul bukan tanpa alasan karena banyaknya rumus hitung serta teori yang harus dihafalkan. Di lain sisi, kita pun juga dituntut harus teliti saat mengerjakan soal matematika. Sedikit saja salah memasukan angka atau rumus maka sudah pasti jawabanya akan ikut salah.

Secara garis besar, ada banyak sekali materi yang akan kalian terima saat masuk ke mata pelajaran ini. Mulai dari perkalian bilangan, vektor, integral, sampai yang paling dasar yakni menghafal aspek bangun ruang. Saya sendiri tertarik untuk mengupas tuntas salah satu bangun yang tidak terlalu populer tapi sering muncul dalam soal ujian.

Dari tajuknya pun kalian pasti sudah bisa menerka bahwa kita akan mempelajari jaring jaring limas segitiga, jaring jaring limas segi empat, gambar limas segi lima, dan limas segi enam. Meski punya konsep yang sama, tapi semua bentuk itu memiliki perbedaan yang terletak pada alasnya. Tak heran bila, saat bangun ruang dibongkar akan menghasilkan pola yang berbeda.

Baca juga : Cara Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel dan Contoh Soal

Jaring Jaring Limas Segitiga

Limas dengan alas berbentuk segitiga menjadi bangun yang paling spesial di antara semuanya. Mengapa demikian? sebab kita dapat membuat klasifikasi berdasarkan sifat segitiga itu sendiri. Misal segitiga sama kaki, siku siku, sama sisi, dan sembarang.

Jaring jaring limas segitiga terdiri dari alas serta sisi tegak berbentuk segitiga yang berpotongan pada satu titik. Saya rasa guru pasti membahasnya secara intens karena bangun ruang tersebut sering muncul sebagai butir soal saat ujian. Kalau kebetulan kalian sedang mendapat tugas untuk membuat gambar maka simaklah baik baik penjalasan saya.

Limas Segitiga Sama Sisi

Hampir semua orang pasti sudah familiar ketika mendegar istilah segitiga sama sisi. Sesuai namanya, segitiga ini mempunyai 3 sisi yang sama panjang sehingga membentuk bangun yang simetris dari sudut pandang manapun. Ketika mendapat garis tegak terciptalah limas yang menurut saya cukup sempurna.

Jaring jaring limas segitiga sama sisi berasal dari pembelahan rusuk rusuk limas tersebut lalu direbahkan. Maka dari itu akan membentuk jaring jaring limas seperti di bawah ini:

Jaring Jaring Limas Segitiga, Segiempat, Segilima dan Segienam
Gambar Jaring Jaring Limas Segitiga Sama Sisi

Limas Segitiga Sama Kaki

Jaring jaring limas segitiga sama kaki berasal dari pembelahan rusuk rusuk limas tersebut lalu direbahkan. Maka dari itu akan membentuk jaring jaring limas seperti di bawah ini:

Jaring Jaring Limas Segitiga, Segiempat, Segilima dan Segienam
Gambar Jaring Jaring Limas Segitiga Sama Kaki

Baca juga : Cara Mengubah Pecahan, Desimal dan Persen Lengkap

Limas Segitiga Siku Siku

Jaring jaring limas segitiga siku siku berasal dari pembelahan rusuk rusuk limas tersebut lalu direbahkan. Maka dari itu akan membentuk jaring jaring limas seperti di bawah ini:

Jaring Jaring Limas Segitiga, Segiempat, Segilima dan Segienam
Gambar Jaring Jaring Limas Segitiga Siku Siku

Limas Segitiga Sembarang

Jaring jaring limas segitiga sembarang berasal dari pembelahan rusuk rusuk limas tersebut lalu direbahkan. Maka dari itu akan membentuk jaring jaring limas seperti di bawah ini:

Jaring Jaring Limas Segitiga, Segiempat, Segilima dan Segienam
Gambar Jaring Jaring Limas Segitiga Sembarang

Jaring Jaring Limas Segi Empat

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita lebih mengenal istilah segi empat sebagai bentuk persegi. Tapi apa jadinya jika bangun datar ini mendapat sisi tegak yang berpotongan pada satu titik?

Pada dasarnya materi yang sedikit banyak membahas rumus, luas alas, serta volume limas segi empat sudah tertulis rapi di LKS. Tapi, mayoritas siswa justru mengaku kesulitan ketika diminta menggambar jaring jaring limas segi empat dengan benar. Penyebab utama kendala itu karena porsi pembahasan yang cenderung kurang spesifik sehingga kita perlu mencari referensi tambahan.

Untungya, internet menyediakan berbagai penjelasan yang bisa kalian pakai sebagai bahan rujukan. Jaring jaring limas segi empat berasal dari pengirisan rusuk rusuk atau sisi samping bangun tersebut kemudian merebahkannya. Dengan begitu akan diperoleh bentuk jaring jaring seperti pada gambar di bawah ini:

Jaring Jaring Limas Segitiga, Segiempat, Segilima dan Segienam
Gambar Jaring Jaring Limas Segiempat

Baca juga : Rumus Luas Belah Ketupat dan Keliling Belah Ketupat

Limas Segi Lima

Hampir setiap orang pasti sudah cukup familiar dengan bangun pentagon. Bangun datar yang terdiri dari 5 sudut ini juga bisa menjelma menjadi limas bila mendapat sisi tegak yang berpotongan. Ketika kita coba mengurai jaring jaring limas segi lima maka akan terlihat seperti bentuk bintang sempurna.

Jadi, saat kalian sedang mendapat tugas untuk membuat gambar jaring limas bersegi 5 maka tak perlu panik. Cukup rebahkan saja setiap sisi tegaknya, dengan begitu akan diperoleh bentuk jaring jaring seperti di bawah ini:

Jaring Jaring Limas Segitiga, Segiempat, Segilima dan Segienam
Gambar Jaring Jaring Limas Segilima

Limas Segi Enam

Kita tidak bisa menampik fakta bahwa limas segi enam termasuk jenis bangun ruang yang sulit dijumpai. Banyak siswa yang merasa kurang familiar ketika mendapat soalan yang berhubungan dengan bangun tersebut. Namun dalam beberapa kasus, limas segi enam sering kali menjadi soal ujian yang menyulitkan untuk dikerjakan.

Jaring jaring limas segi enam punya struktur yang terdiri dari irisan rusuk rusuk atau sisi samping bangun tersebut. Bila kalian merebahkannya menjadi bangun datar maka akan tercipta bentuk jaring jaring seperti pada gambar di bawah:

Jaring Jaring Limas Segitiga, Segiempat, Segilima dan Segienam
Gambar Jaring Jaring Limas Segienam

Sekian penjelasan mengenai jaring jaring limas segitiga, jaring jaring limas segi empat, jaring jaring limas segi lima, dan jaring jaring limas segi enam. Bangun limas memiliki jaring jaring yang berasal dari irisan rusuk atau sisi sisi bangun tersebut kemudian direbahkannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Penjumlahan Akar-Akar Persamaan Kuadrat Beserta Perkalian Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.