Karakteristik Utama Manusia Pada Masa atau Zaman Perundagian Adalah Lahirnya

Diposting pada

Karakteristik Utama Manusia Pada Masa atau Zaman Perundagian Adalah Lahirnya – Kata perundagian asalnya dari kata “Undagi” yang maknanya seseorang yang mempunyai keterampilan usaha tertentu seperti perhiasan, batu, pembuatan gerabah, logam, maupun kayu. Pengertian zaman perundagian adalah periode akhir prasejarah atau dinamakan dengan zaman logam. Masa perundagian ini didukung oleh manusia berbangsa Deutro Melayu yang sekitar tahun 500 SM sudah masuk ke Indoneeia.

Lantas karakteristik utama manusia pada masa atau zaman perundagian adalah lahirnya apa? Pada zaman perundagian tersebut terdapat manusia yang memiliki karakteristik utama yaitu lahirnya tukang yang terampil. Di masa ini manusia melakukan berbagai usaha untuk menuju kesempurnaan kegiatan dalam bidang peternakan, pembuatan gerabah ataupun pertanian. Bahkan di masyarakatpun mulai ditemukan hal hal baru seperti pembuatan benda dari logam maupun peleburan bijih logam. Secara umum kita dapat menemukan jenis jenis manusia purba pada zaman sejarah.

Karakteristik Utama Manusia Pada Masa atau Zaman Perundagian Adalah Lahirnya
Zaman Perundagian

Kehidupan manusia semakin kompleks sejalan dengan kemajuan yang digapainya. Masyarakat pada masa perundagian memiliki kehidupan ekonomi yang dilakukan dengan mengolah sawah maupun bercocok tanam. Bahkan kehidupan ekonominya dapat diatur oleh mereka dan mereka tahu bagaimana cara berpikir untuk memenuhi kebutuhan di musim yang akan datang. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang karakteristik utama manusia pada masa atau zaman perundagian adalah lahirnya apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Karakteristik Utama Manusia Pada Masa atau Zaman Perundagian Adalah Lahirnya

Biasanya hasil panen pertanian pada masa perundagian diperdagangkan maupun disimpan untuk di masa kering. Perdagangan yang dilakukan oleh mereka memilki jangkauan yang luas seperti antar pulau sehingga periode ini menggunakan peran penting perahu bercadik. Cara melakukan perdagangan tersebut ialah dengan bertukar barang, khususnya benda dengan nilai magis di dalamnya seperti perhiasan maupun nekara.

Baca Juga  Biografi Memuat Informasi Berupa Fakta Serta Disajikan Dalam Bentuk

Sebelum memahami zaman perundagian ini, anda harus memahami bagaimana zaman praaksara terlebih dahulu. Pada masa perundagian, manusia tinggal di dataran rendah, tepi pantai, maupun dipegunungan. Manusia di zaman perundagian mencapai berbagai aspek kehidupan sehingga terbentuklah desa desa besar dari gabungan beberapa kampung kecil dan meningkatnya jumlah penduduk. Lalu karakteristik utama manusia pada masa atau zaman perundagian adalah lahirnya apa?

Pada zaman perundagian telah terjadi musyawarah untuk memilih pemimpin masyarakat dengan mempertimbangkan kemampuannya berinteraksi dengan roh nenek moyang. Bahkan terdapat pembagian kelompok masyarakat sesuai keahlian seperti kelompok undagi, petani, pedagang, dan lain lain. Setelah memahami apa itu zaman perundagian, coba kerjakan soal di bawah ini:

Karakteristik utama manusia pada masa atau zaman perundagian adalah lahirnya . . .
A. Sistem kepercayaan
B. Tukang yang terampil
C. Tenaga ahli
D. Perdagangan lintas pulau
E. Pemimpin kelompok

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Tukang yang terampil.

Seperti yang kita tahu bahwa karakteristik utama manusia pada masa atau zaman perundagian adalah lahirnya tukang yang terampil. Masa perundagian merupakan masa yang mempunyai keahlian cukup spesifik daripada masa sebelumnya. Ciri utama masa perundagian adalah banyaknya tukang pembuat alat alat tertentu sehingga dianggap sebagai teknologi baru di zaman tersebut. Alat alat yang dibuat ini dapat berupa nekara, kapak logam, arca, dan moko.