Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Proto Melayu ke Indonesia

Diposting pada

Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Proto Melayu ke Indonesia – Bangsa Indonesia menurut penelusuran sejarah memiliki nenek moyang yang asalnya dari Yunnan, China Selatan. Setelah itu mereka melakukan migrasi karena berbagai alasan menuju wilayah wilayah tertentu, termasuk wilayah Indonesia. Mereka pada awalnya bergerak menuju selatan yaitu masuk ke wilayah Vietnam, kemudian dilanjutkan sampai Kepulauan Indonesia. Bangsa Indonesia memiliki nenek moyang yang menurunkan generasinya pada bangsa Melayu dengan jumlah paling banyak.

Kedatangan mereka ke Indonesia dapat melalui dua gelombang yaitu Proto Melayu (gelombang pertama) dan Deutro Melayu (gelombang kedua). Penjelasan mengenai proses kedatangan Proto Melayu dan Deutro Melayu tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Lantas bagaimana proses kedatangan bangsa proto melayu ke indonesia? Bangsa Proto Melayu di kala itu mengalami desakan dan menuju ke arah timur setelah bangsa Deutro Melayu datang.

bagaimana proses kedatangan bangsa proto melayu ke indonesia
Bangsa Proto Melayu

Menurut perkiraan para ahli sekitar tahun 2000 SM, bangsa Proto Melayu tiba di Indonesia dengan membawa kebudayaan Neolitikum, khususnya kapak persegi dan kapak lonjong. Masuknya proto Melayu ke Indonesia ini melalui dua jalur yaitu jalur timur dan jalur barat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana proses kedatangan bangsa proto melayu ke indonesia. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Proto Melayu ke Indonesia

Seperti yang kita tahu bahwa masuknya proto melayu melalui jalur barat ke Indonesia tersebut melewati Semenanjung Melayu, setelah itu masuk ke Sumatera dan menyebar sampai seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan masuknya Proto Melayu dari jalur timur dapat melewati Kepulauan Filipina, setelah itu masuk ke Sulawesi dan menyebar sampai seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga  Pengertian, Syarat, Fungsi, dan Ciri Ciri Interaksi Sosial

Dari penjelasan ini tentunya kita dapat mengetahui bagaimana proses kedatangan bangsa proto melayu ke indonesia. Bangsa Proto Melayu mempunyai ciri ciri fisik berupa kulit kuning kecoklatan, bermata sipit, dan rambut lurus. Ras Proto Melayu menyebar di Indonesia hingga membuat keberadaan penduduk asli terdesak. Adapun contoh suku keturunan Proto Melayu di Indonesia adalah suku Nias, Toraja, Sasak, dan Dayak.

Proto Melayu merupakan sebutan untuk orang orang yang melakukan migrasi pada gelombang pertama menuju Nusantara. Penduduk Proto Melayu mempunyai keahlian bercocok tanam yang lebih baik dibandingkan ras Negrito. Setelah mengetahui apa itu bangsa Proto Melayu dan bagaimana prosesnya, maka coba kerjakan soal di bawah ini:

Bagaimana proses kedatangan bangsa Proto Melayu ke Indonesia?

Jawaban.
Datangnya bangsa Proto Melayu ke Indonesia yang berawal dari Yunan dapat melewati 2 jalur seperti:

  1. Jalur Selatan atau Barat dengan melalui Yunan yaitu berute Yunan – Malaka – Sumatera – Jawa – Kalimantan.
  2. Jalur Utara atau Timur dengan melalui Yunan yaitu berute Yunan – Jepang – Filipina – Sulawesi Utara – Papua.

Inilah penjelasan mengenai bagaimana proses kedatangan bangsa proto melayu ke indonesia. Proto Melayu datang ke Indonesia pada gelombang pertama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.