Berapa Banyak Diagonal Ruang yang Terdapat Pada Balok

Diposting pada

Berapa Banyak Diagonal Ruang yang Terdapat Pada Balok – Seperti yang kita tahu bahwa dalam Matematika terdapat dua jenis bangun yaitu bangun ruang dan bangun datar. Salah satu jenis bangun Matematika yang akan saya bahas adalah bangun ruang. Apa itu bangun ruang? Pengertian bangun ruang adalah bangun yang memiliki ruang dan dapat dihitung volume atau isinya. Bangun ruang ini tentunya memiliki beberapa bentuk.

Bentuk bentuk bangun ruang memang bervariasi, mulai dari bentuk kubus, balok, bola, kerucut, limas, tabung, hingga prisma. Untuk bentuk bangun ruang yang akan saya jelaskan berkaitan dengan bangun balok. Apa itu balok? Pengertian balok adalah salah satu jenis bangun ruang yang memiliki rusuk yang lebih panjang dibandingkan bangun kubus. Balok tersebut memiliki rumus di dalamnya, baik rumus luas dan volume balok. Selain itu adapula sifat sifat balok yang perlu anda ketahui. Lalu berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada balok?

Balok merupakan bangun ruang yang mempunyai tiga pasang sisi yang sama ukurannya, saling berhadapan, dan mempunyai bentuk persegi panjang. Bangun ruang balok apabila kita lihat sekilas akan memiliki bentuk yang hampir sama dengan bangun kubus. Tetapi balok tersebut memiliki sifat sifat yang berbeda dengan kubus. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada balok. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Berapa Banyak Diagonal Ruang yang Terdapat Pada Balok

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang cara menghitung diagonal ruang balok tersebut. Balok tentunya memiliki enam buah sisi seperti halnya bangun kubus. Tetapi bentuk dan ukuran keenam sisi kubus sama besar dengan bentuk persegi. Sedangkan balok mempunyai tiga pasang sisi yang besar ukurannya sama dan bentuknya persegi panjang.

Baca Juga  Cara Menghitung Volume Bangun Ruang Gabungan Beserta Contoh Soal

Lalu berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada balok? Balok pada dasarnya memiliki beberapa sifat seperti di bawah ini:

  1. Balok mempunyai enam sisi yang ukurannya berbeda, namun masing masing sisi yang berhadapan mempunyai ukuran dan bentuk yang sama.
  2. Balok memiliki tiga pasang sisi yang saling berhadapan, dimana sisi sisinya berbentuk persegi panjang.
  3. Balok mempunyai 12 rusuk yang panjangnya tidak sama. Terdapat tiga kelompok rusuk dengan setiap kelompok terdiri dari 4 rusuk yang panjangnya sama.
  4. Balok mempunyai 8 titik sudut.

Selain sifat sifat di atas, adapula diagonal ruang, diagonal bidang, dan bidang diagonal yang dimiliki balok. Setelah memahami apa itu balok tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada balok?
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. 4.

Seperti yang kita tahu bahwa diagonal ruang adalah ruas garis yang digunakan untuk menghubungkan dua titik sudut berhadapan pada sebuah ruang. Perhatikan gambar balok di bawah ini:

berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada balok
Gambar Balok ABCD.EFGH

Berdasarkan gambar bangun ruang balok tersebut dapat diperoleh diagonal ruang AG, BH, DF, dan CE. Maka dari itu jawaban dari pertanyaan berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada balok adalah 4 buah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.