Rumus Nilai Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya

Diposting pada

Rumus Nilai Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya – Dalam ilmu Matematika terdapat pembelajaran mengenai statistik. Dalam materi ini terdapat beberapa hal yang dibahas seperti mean (rata rata), modus (nilai yang sering muncul) dan median (nilai tengah). Materi Matematika yang sering dibahas atau digunakan ialah materi rata rata atau mean. Apa yang dimaksud nilai mean? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal rata rata (mean)? Pengertian rata rata (mean) ialah sebuah bilangan yang dijadikan sebagai wakil dari beberapa data yang dikumpulkan. Dalam sebuah penelitian terdapat pemerolehan hasil yang berupa sejumlah data.

Penyajian data secara umum dapat berbentuk data tunggal ataupun data kelompok. Penyajian data tersebut bertujuan untuk membuat data tersaji lebih mudah dan sederhana ketika dianalisis atau dibaca. Data yang disajikan ini dapat diketahui rata ratanya dengan menggunakan rumus tertentu. Rumus rata rata tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan data tunggal ataupun data kelompok.

Apakah anda tahu cara menganalisis data kelompok itu? Bagaimana rumus nilai rata rata itu? Rumus mean sendiri dapat berbentuk data tunggal maupun data kelompok. Data dapat dianalisis dengan berhasil jika secara bertahap dapat dilakukan seperti menentukan ukuran pada data terpusat berupa data rata rata (mean), data modus dan data median. Ketika di bangku sekolah, para siswa diajarkan mengenai cara menyelesaikan contoh soal mean. Cara mengerjakan contoh soal rata rata tersebut berbeda dengan cara mengerjakan contoh soal modus dan median. Materi rata rata memang kelihatannya mudah, akan tetapi jika kita meremehkannya dan kurang teliti maka anda dapat kesulitan atau terkecoh dengan pengerjaannya.

Rumus Nilai Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya

Data kelompok memiliki penyajian dan bentuk yang berbeda dengan data tunggal. Maka dari itu penggunaan rumus mean dalam contoh soal mean juga berbeda dalam data tunggal maupun kelompok. Penyajian data kelompok pada umumnya berbentuk diagram batang, tabel distribusi frekuensi dan sebagainya. Pada umumnya kedua penyajian ini hampir sama bentuknya dan cara menyelesaikannya juga hampir sama. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus rata rata (mean) beserta contoh soal mencari mean.

Rumus niai rata rata atau mean sendiri menurut saya tak terlalu sulit untuk dihafalkan. Tapi kita pun tak bisa menampik fakta memahami apa itu mean, cara menghitung nilai rata rata, dan berlatih mengerjakan soal sangatlah penting. Karena rumus mean biasanya berlaku untuk data tunggal maupun data kelompok. Pengertian rata rata (mean) ialah sebuah ukuran dalam data terpusat. Selain itu adapula pengertian mean yaitu pembagian antara jumlah datum seluruhnya dengan banyaknya datum. Lambang mean sendiri berupa huruf kecil yang dilengkapi dengan garis dibagian atas. Misalnya ẋ, ȳ, atau ṅ.

Baca juga : Arti Metode Substitusi Dalam Matematika Beserta Contoh

Pada rumus nilai rata rata kita akan menjumpai simbol eksbar. Setelah memahami tentang pengertian rata rata atau mean tentunya anda mengetahui rumus mean secara garis besar. Rumus ini biasanya digunakan untuk menyelesaikan contoh soal mean, baik data tunggal ataupun data kelompok. Di bawah ini terdapat rumus rata rata beserta cara menghitung nilai rata rata dalam contoh soal rata rata. Berikut penjelasan selengkapnya:

Rumus Nilai Rata Rata Mean Data Tunggal

Apabila diketahui x1, x2, . . . xn atau n datum, maka dari data tersebut dapat diketahui nilai rata ratanya menggunakan rumus tertentu. Rumus mean tersebut terdiri dari rumus pada data tunggal maupun rumus pada data kelompok. Berikut penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Untuk menyelesaikan nilai rata rata data tunggal biasanya menggunakan rumus tertentu. Adapun rumus rata rata data tunggal yang digunakan yaitu sebagai berikut:

Rumus Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya

Agar anda lebih paham mengenai rumus mencari mean tersebut, maka saya akan membagikan contoh soal rata rata terkait rumus itu. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Dina memperoleh nilai Matematika selama delapan kali ulangan yaitu 9, 8, 7, 8, 8, 9, 7, 7. Hitunglah nilai rata rata dari data tersebut?

Jawab.
x̅ = jumlah datum/banyak datum
   = (9 + 8 + 7 + 8 + 8 + 9 + 7 + 7)/8
   = 63/8
   = 7,875
Jadi data tersebut memiliki nilai mean sekitar 7,875.

2. Nilai ulangan 10 siswa pada ulangan Matematika memiliki rata rata sekitar 8,0. Rata rata nilai ulangan tersebut berubah menjadi 7,8 apabila nilai Reno dimasukkan. Hitunglah nilai rata rata ulangan Matematika Reno?

Baca juga : Materi Pemangkatan Bentuk Aljabar (Rumus dan Contoh Soal)

Jawab.
Contoh soal rata rata diatas dapat diselesaikan dengan rumus rata rata di bawah ini:

Rumus Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya

Cara mencari rata rata selanjutnya ialah memasukkan nilai Eeno (Rumus Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya). Sehingga hasilnya akan menjadi:

Rumus Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya

Jadi Reno memiliki nilai ulangan Matematika sekitar 5,8.

Rumus Nilai Rata Rata Mean Data Kelompok

Untuk menyelesaikan nilai rata rata data kelompok biasanya menggunakan rumus tertentu. Contohnya sebuah data memiliki anggota n datum seperti x1, x2, . . ., xi. Kemudian data tersebut juga mempunyai frekuensi f1, f2, . . ., fi. Data ini dapat dinyatakan dalam bentuk tabel seperti di bawah ini:

Rumus Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya

Dari tabel di atas, kita dapat menyatakan rumus rata rata (mean) seperti berikut ini:

Rumus Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya

Agar anda lebih paham mengenai rumus mencari mean tersebut, maka saya akan membagikan contoh soal rata rata terkait rumus itu. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Terdapat 10 siswa SMK yang diukur berat badannya. Hasil pengukuran ini dinyatakan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi seperti berikut ini:

Rumus Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya

Hitunglah rata rata dari data di atas?

Jawab.
Untuk menentukan rata rata data kelompok dapat menggunakan langkah langkah seperti di bawah ini:

Rumus Rata Rata (Mean) Beserta Contoh Soalnya

Jadi nilai rata rata data tersebut ialah 41,3 kg.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus rata rata (mean) beserta contoh soal rata rata (mean). Pengertian rata rata (mean) ialah sebuah bilangan yang dijadikan sebagai wakil dari beberapa data yang dikumpulkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi rata rata (mean) di atas.

Baca Juga  Kumpulan Rumus Matematika SMP Kelas 9 Beserta Penjelasan Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.