Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

August 01, 2016

Memperbaiki Komputer Yang Sering Restart Sendiri

Komputer atau laptop yang sering restart sendiri merupakan masalah yang sangat menjengkelkan bagi semua user. Terutama ketika sedang mengerjakan tugas dimana tugas tersebut bisa dibilang sangat penting, lalu tiba-tiba komputer restart tanpa disadari dan mau tidak mau harus mengulang dalam mengerjakan tugas tersebut. Yang pertama muncul adalah rasa kesal dan jengkel karena sudah susah payah mengerjakan tugas, ehh tugasnya malah tidak tersimpan.
Memperbaiki komputer restart sendiri

Banyak faktor-faktor penyebab komputer sering restart sendiri. Hal ini juga sering dialami oleh pengguna laptop. Jadi jika Anda sedang mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, oke langsung simak saja.

1. Processor Kepanasan
Kemungkinan pertama penyebab komputer sering restart sendiri adalah karena processor panas. Banyak penyebab kenapa processor bisa panas berlebihan. Mungkin hal ini terjadi pada Anda yang sering menggunakan komputer secara berlebihan/terlalu lama, ditambah dengan memainkan game dengan grafik yang bagus. Dengan game bergrafik bagus, akan otomatis memaksa processor untuk bekerja secara maksimal. Hal ini adalah salah satu penyebab kenapa processor bisa panas.
Adapun beberapa penyebab processor panas lainnya adalah:
  • Kipas sudah tidak bekerja dengan optimal atau bahkan sudah mati
  • Thermal pasta sudah kering, jika demikian segeralah ganti pasta.
  • Terdapat debu pada pendingin processor, silahkan cek jika memang kotor silahkan dibersihkan.
Dengan beberapa permasalahan processor panas diatas, bisa disimpulkan bahwa:
  1. Kipas yang sudah tidak optimal kerjanya memang bisa menyebabkan processor panas. Karena kipas pada komputer memang digunakan sebagai salah satu pendingin processor yang bisa dibilang utama. Jadi jika kipas memang sudah rusak, sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar processor tidak panas lagi. Namun jika setelah kipas sudah diperbaiki namun tetap saja masih panas, silahkan tambahkan kipas-kipas yang lain agar processor bisa lebih dingin lagi.
  2. Thermal pasta jika sudah kering juga menyebabkan processor panas. Jika thermal memang sudah kering, silahkan segerakan ganti dengan yang baru. Anda bisa melakukannya sendiri, namun jika tidak Anda bisa membawanya kepada teknisi komputer.
  3. Debu-debu yang bersarang di dalam komputer apalagi yang terdapat di dekat processor akan menghambat pendinginan processor. Jadi silahkan secara rutin mengecek kondisi kebersihan komputer Anda. Tidak harus setiap hari, sebulan sekali juga sudah cukup menurut saya.
2. RAM Rusak
RAM yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab komputer sering restart dengan sendirinya. Jadi jika komputer Anda sering restart sendiri, pastikan RAM yang digunakan juga masih bagus dan terbukti bisa digunakan. Silahkan bersihkan terlabih dahulu RAM pada komputer Anda, lalu pasangkan kembali. Jika masih restart, silahkan coba ganti RAM dengan yang sudah terbukti bisa digunakan.

3. Power Suply Kekurangan Daya
Daya yang kurang atau tidak optimal yang diberikan Power suply pada CPU juga menjadi penyebab komputer sering restart sendiri. Selalu cek power suply jika sudah terasa ada yang aneh dari kinerja CPU Anda. Biasanya yang sering terjadi pada power suply adalah kipas pada power suply mati atau kinerjanya kurang, power suply overheat. Jadi silahkan Anda coba ganti dengan power suply lain yang dayanya lebih besar dari power suply sebelumnya, dan pastikan pula power suply pengganti sudah diuji normal saat digunakan.

4. Hard Disk Rusak atau Bad Sector
Hard Disk merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah komputer. Semua file dan sistem operasi tersimpan dalam hard disk. Jadi jika hard disk sudah bermasalah sistem operasi dan komponen lain pasti akan terkena imbasnya. Salah satunya adalah komputer yang sering restart ini. Untuk mengantisipasi hard disk yang rusak, anda bisa melakukan perawatan dengan cara mendefrag hard disk. Dan ingat, jangan sekali mematikan komputer dengan tombol power, hal ini akan berakibat pada hard disk rusak karena putaran pada hard disk tiba-tiba berhenti. Jadi jika hendak mematikan komputer, selalu lah menggunakan perintah shut down.

Nah, itulah penyebab komputer yang sering restart senndiri. Permasalahan diatas adalah permasalahan yang memang saya ketahui. Mungkin masih terdapat penyebab-penyebab yang lain. Tapi yang sering menjadi biang kerox adalah ke-4 masalah diatas. Semoga artikel ini bisa membantu masalah Anda.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Memperbaiki Komputer Yang Sering Restart Sendiri"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top