Tempat Prakerin Jurusan TKJ di Jogja dan Magelang

Diposting pada

Tempat Prakerin Jurusan TKJ di Jogja dan MagelangBagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan melaksanakan praktek memang menjadi prioritas saat sekolah. Karena SMK memang mempersiapkan dan memberikan pembekalan yang matang guna menunjang kesuksesan setelah lulus sekolah nanti. Prakerin akan sangat berguna jika pada siswa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini, pemilihan tempat juga sangat berpengaruh terhadap hasil akhir prakerin. Sehingga sangat penting untuk Anda yang hendak melaksanakan prakerin dalam memilih tempat prakerin yang benar-benar sesuai dengan keinginan Anda.

Tempat Prakerin Jurusan TKJ di Jogja dan Magelang
Tempat Prakerin TKJ

Siswa SMK setelah lulus diberi kebebasan untuk memilih untuk bekerja atau melanjutkan kuliah. Kedua opsi tersebut harus dipilih minimal salah satu, kalau mau pilih semua ya tidak ada salahnya. Namun jangan sampai tidak memilih sama sekali, karena jika memang tidak memilih sama sekali bisa diartikan bahwa setelah lulus hanya akan menganggur. Pihak SMK sudah mengadakan praktek yang rutin di sekolah agar saat di dunia kerja nanti sudah bisa melakukan sesuatu dengan pengalaman yang didapatkan sewaktu sekolah. Selain itu, SMK juga mengadakan prakerind untuk memantapkan siswa di dunia kerja.

Tempat Prakerin Jurusan TKJ di Jogja dan Magelang

Jadi siswa akan seperti kerja yang sesungguhnya. Selama kurang lebih 3 bulan, siswa wajib menjalani prakerin ini. Karena prakerin menjadi salah satu penentu kelulusan nantinya. Selama 3 bulan itu pula, siswa tidak wajib datang ke sekolah karena memang sudah difokuskan untuk melaksanakan prakerin saja. Jadi memang sudah seperti kerja beneran.

Selama Prakerin (PKL) siswa diwajibkan mengikuti peraturan yang ada di tempat prakerin. Setiap tempat memiliki peraturan sendiri-sendiri. Karena biasanya visi dan misi setiap perusahaan berbeda-beda. Tapi yang pasti adalah bisa menaati peraturan yang telah ditentukannya. Tempat Prakerin siswa juga berbeda-beda tergantung mau memilih yang mana saja. Biasanya ada juga saran dari pihak sekolah. Namun kebanyakan lebih memilih mencari tempat prakerin sendiri-sendiri karena bisa memantau tempatnya terlebih dahulu.

Untuk mencari tempat prakerin siswa juga dikasih waktu. Walaupun begitu, siswa tetap tidak diperbolehkan mencari tempat pkl saat pembelajaran. Siswa hanya boleh mencari tempat pkl saat hari libur ataupun sepulang sekolah. Jadi walaupun ada persiapan prakerin segala, proses pembelajaran juga tidak terganggu. Sebelum ke topik utama, sebaiknya Anda baca terlebih dahulu tips-tips penting dalam memilih tempat prakerin yang paling baik dan benar.

Sesuai Keinginan
Semua hal akan nyaman dilaksanakan apabila semua itu adalah keinginan diri sendiri. Karena jika Anda sudah memiliki keinginan, biasanya akan lebih mudah dalam menjalankan apa yang harus ditempuh untuk mencapai keinginan tersebut. Jadi, silahkan pilihlah tempat prakerin yang memang benar-benar Anda inginkan tanpa ada paksaan dari orang lain.

Jangan Terpengaruh Teman
Jika Anda terpengaruh teman dalam memilih tempat prakerin, maka kemungkinan Anda akan meninggalkan point pertama yaitu memilih tempat prakerin sesuai keinginan. Maksudnya begini, ketika teman Anda ada yang mengajak untuk memilih tempat prakerin bersama. Sebaiknya Anda juga melakukan penelitian terhadap tempat tersebut, pastikan pula Anda memang benar-benar cocok dengan tempat tersebut.

Bagi teman-teman yang sedang mencari tempat prakerin, berikut saya rangkumkan beberapa tempat prakerin di daerah Yogyakarta dan Magelang. Bagi yang bertempat tinggal di daerah ini, bisa simak tempat-tempat pkl berikut ini.

Tempat Prakerin Jurusan Teknik Komputer Jaringan di Yogyakarta

Tempat prakerin jurusan TKJ sendiri pada dasarnya cukup banyak. Namun saya akan membagikan beberapa tempat prakerin TKJ untuk kota Yogyakarta. Berikut beberapa tempat PKL jurusan TKJ yaitu meliputi:

SIC (Source of Inspiration Club)
SIC merupakan bidang usaha yang bergerak di bidang komputer, desegraf, dan animasi flash. Banyak pelayanan yang disediakan oleh SIC, diantaranya:

  1. Game Development.
  2. Web Development.
  3. Media Pembelajaran.
  4. Multimedia dan RPL (Rekayasa perangkat Lunak)
  5. Komputer dan Jaringan.
Baca Juga  Pengalaman Prakerin/PKL SMK di Jogja

Jam kerja SIC adalah Senin sampai Sabtu dari jam 09.00 – 21.00, dan pada hari Minggu SIC tutup. SIC juga memberikan pelatihan gratis selama 1 Minggu sebelum siswa PKL diterjunkan di perusahaan. Berikut detail ringkasnya:

Teknik Komputer dan Jaringan:

  1. Pelatihan perakitan komputer.
  2. Pelatihan bongkar pasang komputer.
  3. Pelatihan setup BIOS.
  4. Pelatihan installasi Sistem Operasi.
  5. Pelatihan Basmi Virus.
  6. Pelatihan pengenalan membuat Virus sendiri.
  7. Pelatihan optimasi laptop dan PC.
  8. Pelatihan perawatan laptop dan PC.
  9. Pelatihan service laptop dan PC.
  10. Pelatihan pemasangan jaringan Warnet.
  11. Dan yang lainnya (masih banyak).

Multimedia:

  1. Pelatihan pembuatan Web Online.
  2. Pelatihan pembuatan Blog.
  3. Pelatihan editing video dan audio.
  4. Pelatihan pembuatan game.
  5. Pelatihan pembuatan animasi kartun.
  6. Pelatihan desain.
  7. Dan yang lainnya (masih banyak).

Gimana mantap banget kan. Mau prakerin di SIC?
Info lengkap :
Alamat : Kantor SIC Pusat, Jalan RingRoad Utara, Sanggrahan Rt 8/Rw 10 Depok, Sleman, Yogyakarta.
Untuk lebih jelasnya bisa dibaca lagi di website SIC www.sicpusat.com.

LSC (Laptop Service Center)
LSC merupakan tempat service laptop yang juga terkenal di Jogja. Anda bisa memilih tempat ini sebagai sarana Anda menerapkan ilmu yang sudah diajarkan disekolah. Untuk yang mau PKL di LSC, bisa simak alamat beberapa cabang yang bisa Anda datangi dan langsung bicara jika mau mendaftar sebagai peserta prakerin.

LSC Cabang 1
Alamat : Jl Palagan Tentara Pelajar No.57 Yogyakarta (Depan BRI/Utara Monumen Yogya Kembali/Selatan Hotel Hyatt.

LSC Cabang 2
Alamat : Jl Pintu Selatan UPN Ruko Gorongan No.1 Yogyakarta.

LSC Cabang 3
Alamat : Jl Timoho No.116 Yogyakarta (Selatan UIN Sunan Kalijaga)

LSC Cabang 4
Alamat : Jl Pawiro Kuwat, Condong Catur (Depan Kampus UII)

Nah jika mau prakerin di LSC bisa langsung datang ke tempat yang saya sebutkan diatas. Alamat diatas saya jamin valid karena saya melihat di website LSC tertera seperti itu.

Boss Notebook
Boss Notebook merupakan salah satu tempat service laptop dan komputer di Jogja. Di sana juga menerima siswa untuk prakerin. Dulu saya juga prakerin disana kok. Jika mau prakerin di Boss Notebook bisa langsung datang aja ke tempatnya.

Alamat: Jalan Monumen Yogya Kembali No.25. Perempatan Monjali ke selatan. Tempatnya sebelah kiri jalan kalau dari utara. Sebelah Warung Ketoprak Jakarta.

Tempat Prakerin Teknik Komputer Jaringan di Magelang

Selanjutnya saya akan membagikan beberapa referensi tempat prakerin TKJ di kota Magelang. Adapun beberapa referensi tempat PKLnya yaitu meliputi:

UMM (Universitas Muhammadiyah Magelang)
UMM merupakan universitas Muhammadiyah yang menerima siswa prakerin. Untuk UMM saya sendiri kurang tahu informasinya. Tapi yang jelas UMM menerima siswa prakerin. Karena tahun 2015 teman saya juga pkl di UMM. Alamat : Jl. Mayjend Banbang Soegeng, Mertoyudan, Jawa Tengah.

Di Magelang sendiri sangat banyak sebenarnya, namun saya kurang tahu tempat dan informasinya. Jadi yang saya tuliskan hanyalah UMM saja. Saya rekomendasikan jika prakerin di Yogyakarta silahkan pilih SIC sebagai tempat Anda mempraktekkan apa yang sudah dipelajari di sekolah. Karena menurut saya pribadi, fasilitasnya juga lengkap. Selain itu, pelatihannya juga banyak banget.

Tapi saya tidak memaksa lho ya. Karena prakerin ini sifatnya individual dan digunakan untuk diri sendiri. Jadi silahkan pilih tempat prakerin yang menurut Anda mantap. Mungkin hanya ini dulu tempat prakerin TKJ Jogja dan Magelang yang dapat saya sampaikan, kalau nanti ada yang lain akan saya tembahkan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

6 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.