Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

August 10, 2016

Cara Mudah Masuk BIOS Semua Merk Komputer

BIOS selalu ada di setiap komputer. BIOS menjadi software yang memiliki peranan sangat penting bagi suatu komputer. Jika hendak menginstall sistem operasi, yang penting dilakukan adalah menempatkan CD/DVD sistem operasi menjadi paling atas untuk booting. Mengubah susunan booting adalah dengan menggunakan BIOS ini. Itu hanya sebagai contoh fungsi dari BIOS saja, untuk lebih lanjutnya bisa simak artikel ini.
Cara masuk BIOS Basic Input Output System

Pengertian dan Fungsi BIOS

BIOS (Basic Input Output System) adalah software yang mengatur fungsi dasar dari perangkat kerras (hardware). BIOS terdapat pada motherboard yang berupa chip memory.

Fungsi dari BIOS adalah untuk memberikan instaruksi POST (Power On Self Test) yaitu menganalisa dan mengidentifikasi perangkat system (RAM, VGA, HDD, CD/DVD Drive, dan lainnya).

BIOS berfungsi untuk menyimpan berbagai macam settingan sebagai contoh tanggal dan waktu. Maka jika setiap kali menghidupkan komputer sudah tidak perlu lagi mengatur tanggal dan waktu. BIOS dapat menyimpan settingan ini karena adanya baterai CMOS. Pada intinya, CMOS digunakan BIOS untuk agar tetap aktif meskipun komputer dalam keadaan mati atau tidak sedang hidup.

Menu yang disediakan BIOS sangatlah banyak dan memiliki fungsi yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Dengan BIOS, kita bisa melakukan overcolock processor. Namun resiko yang ditimbulkan jika gagal bisa merusak hardware. Overclock processor berarti menjalankan dan meningkatkan kecepatan komponen diatas.lebih tinggi dari aslinya.

Cara Masuk BIOS

Untuk menggunakan menu-menu BIOS, otomatif kita terlebih dahulu masuk ke dalam BIOS. Lalu, bagaimana cara masuk ke BIOS? Cara masuk BIOS sangat mudah, namun tidak semua komputer memiliki cara yang sama. Misal Merk ASUS, Acer, Toshiba, Dell, HP, Lenovo dan yang lain pasti memiliki cara yang berbeda, meskipun biasanya ada juga yang sama.

Berikut adalah cara masuk BIOS.
  1. Matikan kemudian hidupkan komputer Anda.
  2. Lalu tekan/pilih salah satu tombol ini F1, F2, F3, F4, F5, F8, F10, Del, Insert. Setelah Anda menekan tombol power segera tekan tombol diatas, ingat pilih salah satu ya. Jika dengan F1 tidak bisa, maka coba tombol yang lain. Begitu seterusnya.
  3. Jika berhasil, maka akan BIOS akan tampil. Tampilan BIOS juga berbeda-beda tergantung dari jenis BIOS nya.
  4. Jika sudah silahkan lakukan apa yang ingin Anda lakukan dengan BIOS.
Setelah Anda berhasil masuk BIOS, silahkan lakukan apa yang menjadi tujuan sebelumnya. Jika akan menginstall sistem operasi maka ubahlah posisi boot, pada boot pertama ubahlah menjadi lokasi penyimpanan sistem operasi tersebut (Flashdisk, CD/DVD External/Internal).

BIOS dibedakan menjadi beberapa macam. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah macam-macam BIOS:
  1. AMI BIOS : adalah BIOS yang dikembangkan oleh Megatrends Amerika. Jenis AMI BIOS ini yang paling banyak digunakan.
  2. Award BIOS : adalah BIOS yang diproduksi oleh perusahaan AWARDS Software Inc.
  3. IBM BIOS : adalah BIOS yang dikembangkan oleh IBM (International Business Machine).
Dengan sedikit artikel mengenai BIOS ini semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua. Mungkin pula Anda yang sebelumnya belum tahu cara masuk BIOS dan sekarang sudah mengetahuinya.

Bagi yang merasa belum bisa masuk BIOS dengan cara diatas, saran saya adalah coba baca buku panduan laptop/komputer Anda. Biasanya sudah ada di dalam/satu paket dengan komputer saat pembelian. Sudah bisa dipastikan kalau menggunakan cara yang ada dalam buku tersebut, kemungkinan besar pasti bisa. Semoga bermanfaat.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Mudah Masuk BIOS Semua Merk Komputer"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top