Pengertian Sistem Operasi Multi User dan Single User

Tags
Sistem operasi adalah salah satu program yang paling penting karena bertanggung jawab untuk mengelola sebuah memori dan pengolahan untuk aplikasi lain serta program yang sedang dijalankan. Sistem operasi juga mengenali dan menggunakan perangkat keras yang terhubung ke sistem. Sistem operasi terbagi menjadi sistem operasi multi user dan sistem operasi single user. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai sistem operasi multi user dan aplikasi single user.

Dengan adanya artikel singkat ini, semoga wawasan serta pengetahuan kita mengenai pengertian sistem operasi multi user dan single user bisa bertambah. Silahkan simak penjelasan di bawah ini.
Pengertian Sistem Operasi Multi User dan Single User

Pengertian Sistem Operasi Multi User

Sistem operasi multi user merupakan sistem operasi yang memungkinkan beberapa pengguna pada komputer yang berbeda mengakses sistem tunggal dengan satu sistem operasi di atasnya. Sistem ini memungkinkan beberapa pengguna menggunakan satu atau lebih perangkat keras, perangkat lunak, pengguna dan prosedur melalui masing-masing komputer atau workstation. Program ini cukup rumit sehingga diperlukan orang yang bisa mengelola tugas yang diperlukan oleh pengguna yang berbeda.

Para pengguna biasanya akan berada di komputer atau terminal yang memberikan akses ke sistem melalui jaringan serta mesin lain pada sistem, seperti contoh printer. Sistem operasi ini berbeda dengan sistem operasi single user, dimana setiap pengguna dapat mengakses sistem operasi yang sama pada mesin yang berbeda.

Pengertian Sistem Operasi Single User

Sistem operasi single user merupakan sistem operasi yang dikembangkan dan ditujukan untuk pada komputer yang hanya memiliki satu pengguna saja pada waktu tertentu. Sistem operasi jenis ini biasanya digunakan untuk komputer rumah atau pada kantor serta lingkungan kerja semacamnya. Meskipun sistem operasi ini dapat terhubung ke jaringan, namun tetap saja hanya bisa digunakan oleh satu orang, berbeda dengan sistem operasi multi user yang dapat digunakan oleh beberapa orang.

Sistem operasi ini dikembangkan untuk digunakan dengan komputer yang hanya menjalankan satu aplikasi pada satu waktu. Jadi, tidak digunakan untuk komputer yang akan digunakan untuk menjalankan beberapa program aplikasi sekaligus.

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian sistem operasi multi user dan single user. Jadi pada intinya, sistem operasi multi user adalah sistem operasi yang dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu bersamaan, sedangkan sistem operasi single user adalah sistem operasi yang hanya dapat digunakan oleh satu user saja pada satu waktu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon