Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

October 10, 2016

Apa Saja yang Dilakukan Saat Prakerin atau PKL?

Kegiatan prakerin SMK akan segera dimulai untuk para siswa-siswi kelas XI (Dua) umumnya. Pada saat PKL (Praktek Kerja Lapangan), sangat banyak sekali kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan. Anda tidak akan tahu atau tidak bisa menebak sebelumnya apa saja sih yang dilakukan di tempat prakerin/pkl ini.

Berbagai persiapan harus Anda lakukan sebelum memulai prakerin. Terlebih untuk Anda yang ngekos, pastikan perlengkapan yang dibawa sudah mencakup semua keperluan selama sehari-hari. Jangan sampai ada yang tertinggal dirumah, pasti akan repot kalau ada yang tertinggal. Mau tidak mau kalau tidak pulang mengambilnya ya beli, kalau beli otomatis akan mengurangi uang kos Anda.

Sebelumnya, saya akan memberikan sedikit tips sebelum keberangkatan Anda ke tempat prakerin (Khusus Anak Kos) karena saat PKL saya juga ngekos.

1. Minta Doa Orang Tua
Yang pasti terlebih dahulu Anda meminta doa kepada kedua orang tua Anda, jangan lupa minta restu juga. Ketika Anda di tempat prakerin otomatis Anda sudah jauh dari orang tua. Jadi selama sudah meminta doa, akan sedikit mengurangi kecemasan Anda ketika tidak sedang bersama orang tua.

2. Pastikan Perlengkapan Sudah Lengkap
Cek semua perlengkapan Anda, pastikan sudah terbawa semua dan tidak ada satu pun yang tertinggal. Nanti akan sangat repot ketika ada barang yang tertinggal, apalagi jika tidak memnugkinkan untuk Anda kembali mengambilnya. Pasti akan langsung mengurangi uang Anda untuk membeli barang tersebut.

3. Hemat Uang
Menghemat uang juga sangat penting, mengingat Anda adalah anak kosan yang biasanya sudah mendapat uang jatah selama satu bulan. Hilangkan semua rasa ingin yang berlebihan, karena ini bisa menguras uang Anda dengan cepat.

Kegiatan yang Dilakukan Saat Prakerin/PKL

Lanjut ke pokok bahasan, saya akan memberikan gambaran mengenai apa saja kegiatan yang dilakukan saat prakerin/pkl.

1. Pengenalan Lingkungan Kerja
Yang pasti dan pertama kali Anda lakukan di tempat prakerin adalah pengenalan lingkungan kerja. Dengan mengenal terlebih dahulu kegiatan prakerin Anda akan semakin nyaman, karena ada peribahasa tak kenal maka tak sayang. Jadi Anda harus sesegera mungkin mengenal lingkungan kerja baru Anda.

2. Bersih-Bersih Tempat Kerja
Membersihkan tempat kerja untuk siswa yang prakerin merupakan kegiatan yang biasa, karena saat prakerin Anda merupakan seorang pegawai yang harus patuh kepada yang punya tempat prakerin.

3. Diajarkan Ilmu
Yang ini sudah pasti Anda alami. Ketika prakerin/pkl sama saja Anda sedang belajar untuk lebih mengenal bagaimana kerja yang sebenarnya. Jadi Anda dituntut untuk bisa menguasai apa yang telah diajarkan oleh guru disekolah dan mempraktekkannya di tempat prakerin Anda. Dan saat diajarkan sesuatu oleh pemilik prakerin. perhatikan benar-benar agar bisa cepat menyerap ilmu tersebut dan agar tidak kebanyakan tanya.

4. Melayani Pengunjung/Konsumen
Pada awal-awal masuk prakerin memang belum disuruh melayani pengunjung secara langsung melainkan memperhatikan terlebih dahulu. Namun ketika sudah menginjak satu bulan, biasanya Anda sudah dilepas oleh boss Anda untuk melayani konsumen yang datang namun masih tetap dalam pengawasan. Janganlah takut ketika Anda menangani konsumen yang datang, kalau kesulitan menjawabnya bisa langsung minta bantuan boss Anda.

5. Melakukan Service
Yang saya maksud disini adalah melakukan perbaikan pada alat yang rusak. Jadi service yang dilakukan sesuai jurusan masig-masih. Sebagai contoh saya kan dari jurusan TKJ, maka service yang saya lakukan biasanya berhubungan dengan komputer dan jaringan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semuanya saja yang sedang atau akan melaksanakan prakerin. Jalani prakerin dengan sungguh-sungguh, sukseskan masa depanmu,
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Apa Saja yang Dilakukan Saat Prakerin atau PKL?"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top