Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

October 16, 2016

Cara Mencegah Munculnya Varian Ransomware Cerber 3 dan 4 Terbaru

Banyak yang masih trauma dengan virus ransomware cerber yang memang merupakan momok menakutkan bagi pengguna komputer ataupun laptop, terutama sistem operasi Windows. Varian-varian baru dari ransomware semakin lama menjadi semakin banyak saja. Tidak tanggung-tanggung, virus ransomware terus saja melakukan pembaharuan varian yang semakin tinggi versinya akan semakin membahayakan.

Kalau pada saat ransomware cerber3 lalu file yang dienkripsi akan menjadi berekstensi .cerber3, sekarang muncul lagi versi cerber terbaru yaitu cerber4 yang menggunakan ekstensi cerber4 dan juga ekstensi secara acak. Bukan hanya itu saja, nama dari file yang dienkripsi juga akan diacak-acak tidak jelas, jadi korban akan sangat sulit mengetahui file apa saja yang terenkripsi momok ransomware ini.

Setiap file yang dienkripsi oleh ransomware sendiri yang pasti akan berubah ekstensi bahkan diubah dan diacak-acak nama filenya. Dan tidak ketinggalan juga akan diberi 3 pesan dari ransomware berupa file yaitu # HELP DECRYPT # (yang memiliki ekstensi html, txt, dan url) atau bisa juga @____README____@ (yang memiliki ekstensi html, txt, dan url) yang isinya tentang alamat website yang memberitahu bagaimana cara mengembalikan file yang telah dienkripsi.

Sampai sekarang, cara mengatasi ransomware cerber3 saja belum ditemukan. Eh sudah muncul lagi ransomware cerber4. Lalu bagaimana nasib para korban? Apakah harus merelakan file-file mereka hilang begitu saja? Atau harus rela membayar demi filenya kembali?

Kalau masalah membayar, itu kembali lagi kepada Anda. Namun yang perlu diingat adalah selalu berhati-hati, bisa saja setelah Anda membayar, pihak pembuat ransomware tidak memberikan deskripsinya. Nah, kan rugi kalau seperti itu.

cara mencegah virus ransomware cerber4 terbaru

Cara Mencegah Ransomware Cerber Terbaru

Karena sampai sekarang memang belum ditemukan deskripsi dari ransomware sendiri. Jadi alangkah baiknya jika melakukan pencegahan terlebih dahulu. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, lebih baik Anda bersusah payang mengamankan file Anda, daripada harus mengalami penderitaan akibat terkena virus ransomware cerber.

Berikut adalah tips pencegahan varian baru ransomware cerber.

1. Selalu Backup Data yang Penting
Membackup data memang merupakan hal yang sangat penting. Semua orang tidak ingin file penting mereka hilang begitu saja karena terkena ransomware. Makanya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, harus melakukan backup file yang penting saja.

Karena dengan backup, setidaknya Anda bisa menyelamatkan file-file yang Anda anggap penting. Selain itu, ketika Anda terkena virus ransomware setelah itu Anda bisa menginstall ulang sistem operasi Anda dengan memformat semua pastisi hard disk dengan tujuan membersihkan semua virus ransomware.

2. Hati-Hati Ketika Internetan
Masalah ransomware yang muncul sebagian besar karena salah klik saat internetan. Pasti Anda pernah mengalami ketika akan mendownload suatu file, ada banyak tulisan download disana dan Anda akan mengalami kebingungan dengan link download yang benar. Karena sebenarnya, link yang benar hanya ada satu saja, namun pada halaman tersebut ada banyak sekali link.gambar bertuliskan download. Nah, berhati-hatilah dengan hal semacam ini.

Terus lagi, jangan install software sembarangan. Ketika Anda mendownload aplikasi di internet, otomatis tidak tahu kan apakah aplikasi yang Anda download itu aman atau tidak. Karena biasanya, ada saja orang yang memberi judul sebuah aplikasi, berbeda dengan aplikasinya. Misalnya, Anda mencari aplikasi activator, lalu ketika Anda install eh ternyata yang keluar setelah installasi selesai malah virus.

3. Gunakan Smadav sebagai Proteksi Tambahan
Baru-baru ini smadav melakukan pembaharuan versi smadav dengan fitur-fitur terbaru. Adapun fitur-fitur yang ditawarkan salah satunya mengenai Peningkatan proteksi untuk mencegah Ransomware khususnya Cerber3 dan Cerber4. Jadi tidak ada salahnya Anda menggunakan antivirus ini. Smadav yang terbaru saat ini adalah Smadav 2016 Rev. 11.0.4.

Anda bisa mendownload (gratis) dan membeli (bayar) Smadav terbaru melalui website resminya yaitu www.smadav.net.

Sebenarnya virus ransomware cerber 3 dan cerber4 sama saja dengan varian ransomware yang lain yaitu menyandra file-file yang terdapat pada hard disk. Dan pada akhirnya, jika menginginkan filenya kembali harus membayar terlebih dahulu.

Semoga dengan sedikit informasi ini bisa mengatasi dan mencegah hilangnya file Anda karena dienkripsi oleh virus ransomware, baik varian cerber3, cerber4, ataupun yang lainnya.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Munculnya Varian Ransomware Cerber 3 dan 4 Terbaru"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top