October 08, 2016

Tips Menghadapi Pelaksanaan Prakerin/PKL SMK

Menghadapi pelaksanaan Prakerin (Praktek Kerja Industri) merupakan detik-detik yang menggembirakan menurut saya. Karena yang pasti, Anda sudah tidak berada di lingkungan sekolah lagi melainkan di suatu perusahaan tempat Anda prakerin. Namun jangan berpikir kalau prakerin lebih mudah dari sekolah, malahan sebaliknya. Jadi, Anda sangat perlu tips-tips sukses dalam menghadapi pkl.

Prakerin merupakan program yang harus dan wajib dilakukan oleh siswa SMK. Karena prakerin akan menambah pengalaman kerja Anda ketika sudah lulus nanti. Dan ilmu-ilmu yang belum pernah didapatkan mengenai dunia kerja akan Anda dapatkan saat prakerin. Prakerin juga merupakan penentu kenaikan/kelulusan sekolah SMK, jadi pastikan Anda juga mengikuti kegiatan prakerin agar bisa lulus nantinya.

Saya merupakan siswa dari SMK Muhammadiyah 1 Salam dan mengambil jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), dan pada saat prakerin saya memilih tempat di Boss Notebook yang berada di daerah Monumen Yogya Kembali. Jadi, tips-tips yang saya bagikan ini merupakan tips dari saya sendiri ketika prakerin kemarin.

tips sukses menghadapi melaksanakan prakerin pkl smk

Oke, untuk Anda yang akan melaksanakan kegiatan prakerin mungkin bisa membaca tips-tips yang akan saya bagikan dan pada saat prakerin bisa diterapkan.

1. Lakukan dengan Sungguh-Sungguh
Kegiatan prakerin/PKL sangat diharapkan bisa memupuk jiwa kerja pada siswa yang akan bermanfaat setelah lulus sekolah nanti. Selain itu, kedisiplinan akan dilatih betul ketika melakukan prakerin. Anda jangan sekali-kali terlambat tanpa alasan yang jelas, karena hal ini hanya akan membuat pemilik tempat usaha yang Anda gunakan prakerin semakin ragu dengan niat Anda. Jadi, sebelum melaksanakan prakerin alangkah baiknya meluruskan niat terlebih dahulu bahwa Anda memang benar-benar mau melaksanakan prakerin dengan sungguh-sungguh untuk kelangsungan hidup Anda agar lebih baik.

2. Keluarkan Kemampuan Anda dengan Maksimal
Memperlihatkan kemampuan ketika prakerin bukan merupakan suatu kesombongan. Karena hal ini juga sangat penting, bisa saja ketika pemilik tempat usaha melihat kemampuan yang Anda miliki sangat bagus, Anda akan disuruh kerja di tempat tersebut ketika sudah lulus nanti. Jadi jangan ragu mengeluarkan kemampuan Anda ketika prakerin/pkl. Tunjukkan kebisaan Anda dalam hal apapun yang berhubungan dengan tempat usaha.

3. Tanyakan yang Belum Anda Tahu
Tujuan prakerin adalah mengembangkan imlu Anda dalam dunia usaha/dunia kerja dalam artian, prakerin juga merupakan proses belajar yang masih ada kaitannya dengan sekolah. Jadi, jika Anda merasa ada yang masih dibingungkan segera tanyakan pada pemilik tempat usaha. Misalnya Anda dari jurusan TKJ dan kebetulan saat prakerin belum tahu cara menginstall sistem operasi, tanyakan saja langsung kepada pemilik perusahaan/bengkel, nanti pasti akan diajarkan. Namun perlu diingat, saat diajarkan ingat betul-betul caranya, karena biasanya pemilik perusahaan hanya akan memberikan contoh beberapa kali saja. Jadi, memang harus diingat betul-betul.

4. Patuhi Peraturan dan Perintah Boss Perusahaan
Ketika Anda prakerin, itu berarti Anda sedang menjadi seorang karyawan dan Anda mempunyai boss. Boss merupakan atasan yang harus dihormati, termasuk ketika memberikan perintah maka harus Anda lakukan segera, jangan pernah menolak perintah boss selama masih dalam kegiatan positif. Anda juga harus mematuhi peraturan yang ada. Jangan sampai Anda melanggar peraturan yang sudah ditentukan, karena bisa berakibat fatal yaitu dikeluarkan dari perusahaan.

5. Jaga Perilaku dan Sopan Santun
Ketika Anda sudah memulai prakerin, rubahlah dan hilangkanlah semua kebiasaan buruk yang dimiliki. Karena saat prakerin. Anda benar-benar akan merasakan bagaimana rasanya kerja yang sesungguhnya. Pastikan Anda sopan dan santun kepada siapa saja termasuk kepada teman prakerin selama masih dalam waktu pkl. Karena ketika saat prakerin/pkl saja perilaku Anda masih belum baik, maka akan tetap ada dan sulit dirubah ketika sudah kerja yang sesungguhnya.

6. Berdo'alah Selalu
Berdoa dan mintalah kemudahan prakerin kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar dilancarkan dalam menjalani kegiatan prakerin.

Mungkin hanya itu saja tips yang bisa saya berikan, semoga saja bisa memberikan motivasi buat Anda semua saat melaksanakan kegiatan prakerin. Dan semoga dalam menjalani prakerin, Anda semua bisa lancar dan sukses.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon