November 19, 2016

Tips Membeli Laptop dan Komputer Bekas Murah yang Berkualitas

Tags
Komputer dan Laptop menjadi salah satu barang elektronik yang sangat berguna alias penting. Kepentingan menggunakan laptop ataupun komputer dimiliki oleh banyak kalangan, mulai dari kalangan pelajar, pebisnis, sampai pekerja kantoran. Bahkan sekarang ini para pengangguran banyak yang beranjak menuju dunia Blogging. Mereka memanfaatkan komputer dan laptop mereka untuk mencari uang lewat tulisan, walaupun pengangguran tapi mereka dapat mendapatkan puluhan juta per bulan.

Nah, untuk itu komputer memang sudah seharusnya dimiliki oleh semua orang. Karena suatu saat pasti akan berguna. Untuk Anda yang sedang mencari dan membeli komputer ataupun laptop sebagiknya sebelum terlanjur membelinya silahkan pikirkan dengan matang-matang. Karena bisa saja Anda menyesal setelah membeli laptop atau komputer.

Yang saya maksud disini adalah khusus Anda yang hendak membeli laptop dan komputer dalam keadaan second. Karena jika membeli barang baru pasti ada jaminan garansi, jadi tidak usah khawatir. Nah, kalau barang bekas pasti memerlukan pertimbangan yang matang untuk membelinya. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin membeli laptop atau komputer bekas silahkan baca tips membeli laptop dan komputer bekas namun berkualitas ini.
 
tips membeli laptop dan komputer bekas yang berkualitas

Tips Membeli Laptop atau Komputer dalam Keadaan Second

Mungkin bagi Anda yang sangat ingin sekali memiliki laptop atau komputer namun hanya memiliki dana yang terbatas saja itu akan menjadi suatu kendala. Namun tenang saja, Anda tidak perlu membeli barang baru jika memang dana Anda terbatas. Anda bisa membelinya dalam keadaan bekas atau second.

Jangan beranggapan bahwa semua barang bekas itu tidak berkualitas. Hasil dari pembelian barang bekas akan berkualitas jika saat membelinya memang benar-benar mempertimbangkan dengan sangat matang.

Membeli komputer ataupun laptop dalam keadaan bekas memang memiliki kelebihan dalam hal harga, maksudnya memiliki harga yang lebih murah daripada yang baru. Disini merupakan point yang paling dicari oleh para penggemar laptop.

Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips khusus untuk Anda yang ingin membeli laptop dan komputer bekas murah dan berkualitas.

1. Pastikan Ada Garansi Personal
Walaupun hanya barang bekas, sebuah garansi akan sangat berguna sekali untuk keamanan dan kenyamanan pembeli. Ketika Anda hendak membeli laptop atau komputer di toko maupun pada seseorang, silahkan tanyakan apakah ada garansi personal pada barang yang dijual tersebut.

Ketika orang tersebut tidak memberikan garansi, kepercayaan Anda pasti akan berkurang dan niat Anda untuk membeli barang tersebut juga akan hilang. Namun Anda tetap boleh saja membeli laptop atau komputer tersebut dengan catatan Anda harus benar-benar memastikan barang tersebut masih normal dan tidak ada kecacatan.

2. Cek Kondisi Fisik
Kondisi fisik harus Anda lihat ketika hendak membeli komputer maupun laptop. Karena kondisi fisik merupakan cerminan dari kondisi dalamnya. Misal saja kondisi fisik barang tersebut kurang bagus atau ada kecacatan, itu harus segera Anda curigai karena bisa saja kondisi dalamnya juga sudah tidak bagus.

Ketika kondisi fisik sudah Anda pastikan normal secara keseluruhan, Anda boleh menyimak tips-tips lainnya dibawah ini. Namun jika kondisi barang tersebut kok sudah ada kerusakan, saya sarankan untuk mencari yang lain terlebih dahulu.

3. Coba Nyalakan
Setelah itu, Anda coba nyalakan komputer atau laptop tersebut untuk memastikan kalau barangnya masih hidup dan bisa digunakan. Anda perhatikan terlebih dahulu bagian-bagian monitor dan pastikan bahwa monitor tidak mengalami dead pixel atau kerusakan lainnya.

Karena kerusakan pada LCD monitor biasanya akan cepat menular ke bagian monitor lain. Walaupun awalnya hanya ada titik hitam kecil saja, lama kelamaan akan semakin membesar dan kemudian akan menyebar ke seluruh bagian.

4. Cek Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk pengetikan. Ketika Anda akan membeli laptop atau komputer bekas, pastikan juga keyboardnya masih normal. Setelah menyalakan, Anda coba untuk mengecek kondisi keyboard, silahkan dicoba gunakan untuk menulis. Tekan satu per satu tombol dan pastikan semuanya normal.

Jika ada satu tombol saja yang tidak bisa berfungsi, silahkan Anda pikirkan lagi apakah Anda benar-benar mau membeli barang tersebut. Atau kalau tidak silahkan Anda minta ganti terlebih dahulu keyboard tersebut.

5. Cek Komponen Lainnya
Komponen lain yang saya maksud adalah seperti DVD Writter, Port USB, RAM, Hard Disk, Motherboard, dan komponen yang lain dengan jeli. Pastikan semuanya benar-benar masih dalam keadaan normal. Karena semua bagian komputer jika sudah agak rusak menyebabkan kinerja sistem menurun dan biasanya juga akan cepat rusak.

6. Pastikan Batre Normal (Laptop)
Ketika Anda membeli laptop dengan batre dalam keadaan bocor atau drop, nantinya pasti akan mengalami kendala. Terlebih jika Anda adalah anak kuliahan. Dimana-mana pasti akan selalu membawa dan menggunakan laptop.

Bayangkan saja jika ketika Anda menyalakan laptop harus mencolokkan charger, itu pasti akan sangat mengganggu. Jadi pastikan batrenya masih normal ya.

Mungkin hanya itu saja tips membeli laptop dan komputer bekas, semoga bermanfaat.
Terima kasih,

1 komentar so far

Thanks infonya sob sekarang tidak takut di tipu lagi

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon