Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

February 19, 2017

4 Ciri-Ciri Harddisk yang Rusak atau Bad Sector

Harddisk merupakan hardware komputer dan laptop yang sangat penting. Tanpa harddisk, mungkin sebuah komputer tidak dapat booting menuju sistem operasi dan tidak dapat digunakan. Nah, maka sangat penting untuk menjaga kesehatan harddisk untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk mengetahui kesehatan harddisk, Anda bisa menggunakan tool-tool yang banyak tersedia. Banyak software yang tersedia, Anda bisa mencarinya di Google. Dengan itu, Anda bisa mengetahui apakah harddisk Anda masih sehat atau sudah minta ganti.

Mungkin di antara Anda ada yang masih belum tahu gejala-gelaja yang menandakan harddisk sudah akan rusak. Padahal Anda pernah mengalami, namun belum sadar saja. Tahu-tahu harddisknya sudah tidak bisa digunakan atau rusak.

Untuk menghindari semua hal itu, Anda wajib mengetahui ciri-ciri harddisk yang sudah akan rusak dan bad sector. Apa itu bad sector? Bad sector adalah keadaan dimana sector harddisk rusak dan sudah bisa digunakan untuk menyimpan data.

Setiap harddisk pasti ada masa usianya. Dan semuanya pasti akan mengalami yang namanya kerusakan. Namun kerusakan karena faktor usia beda dengan kerusakan karena faktor pengguna. Kan banyak juga pengguna yang melakukan aktivitas yang terkesan memaksakan harddisk untuk bekerja melebihi batas kemampuan. Kemampuan setiap harddisk berbeda-beda loh, jadi jangan samakan kemampuan harddisk satu dengan yang lain.

ciri-ciri harddisk yang rusak dan bad sector

Nah, untuk Anda yang belum mengetahui ciri-ciri harddisk bad sector dan sudah akan rusak, silahkan simak gejala-gejala berikut ini.

1. Komputer atau Laptop Menjadi Lambat
Pernahkan Anda mengalami komputer tiba-tiba lambat dibandingkan dengan keadaan sebelumnya? Mungkin ini menjadi salah satu pertanda kalau harddisk Anda sudah bermasalah. Namun hal itu belum tentu benar, karena komputer lemot bisa terjadi karena virus.

Untuk memastikan apakah penyebab komputer lemot itu virus atau bukan. Lakukan pengecekan dengan menggunakan antivirus Anda. Gunakan antivirus versi terbaru karena biasanya kalau versinya sudah lama kinerjanya juga tidak akan optimal. 

Nah, ketika Anda tidak mendapati virus bersarang, segera lakukan pengecekan harddisk dengan menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi untuk mengecek kesehatan harddisk adalah HD Sentinel. Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut, install terlebih dahulu lalu jalankan. Nah, coba Anda lihat berapa persen kesehatan harddisk Anda. Kalau masih 100% sih masih aman-aman saja, tapi kalau sudah 99% ke bawah maka berhati-hatilah dan segera backup data-data yang penting.

2. Komputer atau Laptop Hang
Hal ini memang sering terjadi ketika harddisk sudah akan rusak. Ini disebabkan karena sistem operasi dalam harddisk sudah tidak bisa dijalankan dengan optimal. Keadaan harddisk yang sudah bad sector bisa jadi membuat sebagian file-file sistem operasi tidak bisa dibuka, nah inilah yang membuat komputer sering hang.

Dalam hal komputer hang ini memang wajar ketika harddisk sudah tidak sehat. Karena harddisk mungkin sudah tidak bisa lagi menjalankan perintah yang Anda berikan. Maka dari itu, ketika Anda mendapati komputer Anda tiba-tiba hang, segera lakukan pengecekan kesehatan harddisk.

Dan ketika Anda sudah mengecek kondisi harddisk dan hasilnya masih sehat, saya sarankan lakukan instalasi ulang sistem operasi. Karena menurut saya, bisa saja hal tersebut dikarenakan kurang sempurnanya file sistem operasi.

3. Banyak File Corrupt
Ketika Anda mengalami file-file corrupt, pasti sangat kesal. Yang pertama Anda pikirkan mungkin sama dengan yang saya pikirkan, yaitu file tersebut terinfeksi oleh virus. Memang bisa sih file corrupt disebabkan oleh virus, tapi tidak selalu kok. Karena file corrupt bisa disebabkan oleh harddisk yang sudah bad sector.

Yang dimaksud corrupt begini, ketika Anda memiliki sebuah file arsip .zip misalnya, pada awalnya bisa Anda buka dan di extract, namun setelah beberapa saat file tersebut sudah tidak bisa dibuka dan di extract. Inilah yang dinamakan corrupt.

Nah, ketika Anda mengalami hal ini sebaiknya segera backup file-file penting selagi masih bisa diselamatkan. Karena kita tidak tahu apakah nantinya harddisk masih bisa bekerja atau tidak.

4. Terdengar Suara Aneh
Pernahkan Anda mendengarkan suara aneh dari CPU komputer Anda? Suaranya kira-kira seperti ini jika dituliskan "tek tek tek" begitu seterusnya. Pada kondisi harddisk normal pun tetap berbunyi. Tapi kalau pada harddisk yang bad sector suaranya lebih keras.

Jadi jika Anda mendengarkan suara aneh ini, Anda perlu curiga. Jangan-jangan memang harddisknya sudah minta diganti. Silahkan segera backup data-data yang penting sebelum penyesalan datang.

Tips
Semua harddisk pasti akan rusak karena sudah ada masa usianya. Namun, ada hal-hal yang dapat membuat usia harddisk lebih pendek.

Ketika Anda mengalami salah ciri-ciri harddisk rusak atau bad sector diatas, segera lakukan pengecekan dan jangan lupa lakukan backup data juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "4 Ciri-Ciri Harddisk yang Rusak atau Bad Sector"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top