Cara Membuat Garis Tepi di Photoshop dengan Stroke

Diposting pada

Cara Membuat Garis Tepi di Photoshop dengan StrokeEfek garis tepi ini juga biasa disebut dengan list, yaitu garis yang mengikuti bentuk yang berada diluar. Contohnya adalah tulisan, maka garis tepi akan mengikuti bentuk huruf, contohnya adalah seperti gambar diakhir postingan ini. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara membuat garis tepi pada photoshop menggunakan stroke. Tutorial ini merupakan tutorial yang bisa dibilang dasar karena caranya memang sangat mudah.

Cara Membuat Garis Tepi di Photoshop dengan Stroke
Membuat Garis Tepi di Photoshop

Orang yang baru menggunakan photoshop pertama kali pun saya yakin bisa mengikuti tutorial ini. Stroke merupakan salah satu tool photoshop yang dapat dengan mudah digunakan untuk membuat garis tepi atau tepi garis. Jadi dengan stroke ini, cara membuat garis tepi di tulisan atau objek lainnya menjadi lebih mudah.

Cara Membuat Garis Tepi di Photoshop dengan Stroke

Photoshop memiliki beberapa tool di dalamnya. Salah satunya ialah stroke yang berguna untuk membuat garis tepi atau tepi garis. Dengan tool photoshop tersebut, kita dapat membuat garis tepi pada sebuah objek atau tulisan menjadi lebih mudah. Oke, langsung simak tutorial cara memberi efek bayangan garis tepi pada tulisan menggunakan photoshop.

1. Silahkan buat layer baru dengan cara menekan tombol Ctrl+N, kemudian buat tulisan terlebih dahulu menggunakan horizontal type tool, terserah mau tulisan apa saja boleh. Saya contohkan, saya akan membuat tulisan Anto Tunggal Blog.

Cara Membuat Garis Tepi di Photoshop dengan Stroke
Buat Tulisan Pada Layer Baru

2. Jika sudah, klik kanan pada layer tulisan yang baru Anda buat lalu pilih Blending Options. Jika sudah, maka akan muncul seperti ini dan pilih dan aktifkan Stroke maka pada tulisan akan terlihat garis tepi. Lihat gambar.

 
Cara Membuat Garis Tepi di Photoshop dengan Stroke
Membuat Garis Tepi Pada Tulisan

3. Selesai. Hasil akhirnya kira-kira seperti ini.

Cara Membuat Garis Tepi di Photoshop dengan Stroke
Hasil Akhir Pembuatan Garis Tepi Tulisan
Baca Juga  Cara Membuat Tulisan Berkedip Dengan Photoshop

Setelah terlihat garis tepinya, mungkin Anda ingin mengubah warna dari garis tepi tersebut. Atau mungkin ingin mengubah ukuran dari garis tepi tersebut. Silahkan simak keterangan berikut:

Size = Untuk menentukan tebal tipisnya garis tepi. Semakin Anda menarik ke kanan maka garis tepi akan semakin tebal, sebaliknya jika Anda menarik ke kiri maka garis tepi akan semakin tipis. Atau Anda juga bisa mengatirnya dengan memasukkan angka pada kolom yang telah disediakan.

Position = Untuk mengatur posisi garis. Outside di tepi tulisan, Inside di dalam tulisan, dan Center di tengah-tengah.

Blend Mode = Untuk mencampur warna dengan background.

Opacity = Untuk mengatur transparasi garis tepi. Semakin kecil transparasinya, maka garis tepi akan semakin tidak terlihat.

Fill Type = Untuk mengatur jenis warna yang akan digunakan yaitu Color, Gradient, dan Pattern.

Color = Hanya berlaku jika pada Fill Type Anda memilih Color. Yaitu digunakan untuk mengubah warna outline.

Sekian penjelasan mengenai cara membuat garis tepi di photoshop dengan stroke. Kita dapat menambahkan efek garis tepi pada sebuah objek atau tulisan dengan menggunakan tool photoshop seperti stroke ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.