Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Diposting pada

 

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This MachineMasalah Windows Script Host access is disabled in this machine, Contact your administrator for details memang sering dialami oleh pengguna windows termasuk saya. Memang sering sih Windows terkena masalah Windows Script ini. Jadi wajar saja kalau Anda juga mengalaminnya. Tapi apakah Anda tahu bagaimana cara mengatasi masalah ini? Kalau belum pasti pusing ya.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara mengatasi windows script host access disabled on this machine. Mungkin dari teman-teman ada yang membutuhkan tutorial ini karena sedang mengalami masalah ini. Di sebagian website cara ini sudah banyak dibahas, namun tidak mengapa akan tetap saya bahas karena jika nanti saya lupa caranya bisa membuka artikel yang saya buat ini.

Sedikit cerita, awalnya saya sedang hendak mengecek aktivasi windows 10 saya karena pada tahun 2015 windows 10 masih gratis. Nah, pada saat saya mengecek aktivasi tersebut malah muncul notifikasi seperti dibawah ini yaitu masalah windows script host yang aksesnya dimatikan.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine
Permasalahan Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Saya akan berbagi tutorial disini mengenai masalah windows script host is disabled on this machine. Jadi jika Anda mempunyai masalah ini maka simak artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Cara yang pertama khusus Anda yang menginstall antivirus smadav. Seperti yang saya katakan diatas bahwa smadav memang belum memberikan akses pada windows script host. Jadi Anda harus mengaktifkannya secara manual untuk mengaktifkannya. Caranya seperti dibawah ini:

1. Klik pada pojok kanan bawah (yang saya kasih tanda kotak merah). Maka akan muncul berbagai icon-icon termasuk  icon smadav. Lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine
Mengatasi Windows Script Host

2. Kemudian, klik kanan pada icon Smadav. Maka akan muncul berbagai pilihan. Lalu pilih Allow Windows Script & Macro (Forever). Lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine
Pilih Allow Windows Script & Macro (Forever)

3. Maka akan muncul notifikasi seperti ini. Langsung saja klik OK.

Baca Juga  Cara Mengambil Gambar Screenshoot Layar Komputer dan Laptop
Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine
Muncul Notifikasi Baru

4. Selesai.

Sekarang pasti sudah tidak ada lagi pesan error windows script host. Jika masih muncul masalahnya, coba cek pada point nomor 2 diatas apakah Allow windows script & Macro (Forever) sudah tercentang atau belum. Jika sudah belum tercentang, maka sebaiknya Anda ulangi langkah-langkah diatas dengan cermat.

Namun, jika sudah tercentang akan tetapi masih saja muncul macalah ini. Maka Anda bisa lanjut ke tutorial berikutnya.

Cara Mengaktifkan Windows Script Host dengan Regedit

Cara yang berikutnya adalah cara untuk Anda yang tidak menginstall smadav namun muncul windows script host is disabled. Cara ini merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi masalah ini. Akan tetapi, pastikan Anda tidak menginstall smadav, apabila Anda menginstall smadav silahkan gunakan cara diatas. Namun apabila sudah mencoba cara diatas akan tetapi masalah tidak teratasi, silahkan bisa mencoba cara ini.

1. Buka Run dengan cara menekan (Logo Windows pada keyboard+R) secara bersamaan.
2. Lalu ketikkan Regedit. Jika windows meminta akses kepada Anda pilih saja yes.
3. Kemudian, ikuti perintah ini. Buka HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE  Microsoft  Windows Script Host Settings.
4. Pada Settings klik kanan lalu pilih New.
5. Lalu pilih DWORD (32) bit Value.
6. Kemudian akan disuruh menamai, lalu beri nama Enabled.
7. Klik kanan pada Enabled tersebut dan pilih Modify.
8. Pada Value data ganti angka 0 menjadi angka 1.
9. Restart Windows Anda.
10. Selesai, masalah Anda sudah teratasi.

Cara ini bisa digunakan untuk semua Windows, mulai dari Windows 7, Windows 8, sampai Windows 10. Dan cara ini juga sama saja untuk Windows 32bit maupun 64bit. Semoga bermanfaat, Terima kasih.

12 komentar

    1. Ya memang tidak ada, coba pahami lagi caranya gan. Sepertinya Anda salah paham, pada tutorial di atas Anda disuruh membuat DWORD (32) bit Value lalu menamainya dengan Enabled.
      Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.